--> Skip to main content

Jenis Data Yang Bisa Diproses Menggunakan Tools OCR

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - December 20, 2023

Optical Character Recognition (OCR) merupakan teknologi canggih yang dapat memungkinkan perangkat komputer mengenali teks dari sebuah foto atau teks yang telah tercetak secara fisik kemudian mengkonversinya menjadi sebuah data digital yang dapat diedit.

Jenis Data Yang Bisa Diproses Menggunakan Tools OCR

Selain itu, kecanggihan dari teknologi OCR juga mampu menerjemahkan tulisan berbahasa asing yang terdapat pada papan pengumuman dengan menggunakan kamera smartphone. Bahkan, tools OCR juga bisa memproses berbagai jenis data seperti data pada dokumen fisik, foto, kartu tanda pengenal hingga rekam medis.

Itulah mengapa teknologi OCR banyak dipakai dalam berbagai industri seperti industri keuangan, kesehatan, pendidikan, transportasi dan pariwisata. Namun, untuk dapat mengenali teks yang terdapat pada dokumen atau gambar fisik, ada beberapa proses tahapan dalam tools OCR. Apa sajakah itu? Simak cara kerja dari tools OCR berikut ini.

Cara Kerja Tools OCR

Sebelum lanjut ke pembahasan tentang jenis data yang bisa diproses menggunakan tools OCR, kita perlu tahu bagaimana cara kerja tools OCR. Cara kerjanya diawali dari proses pemindaian atau pengambilan gambar teks dari sumber dokumen fisik. Selanjutnya, algoritma OCR akan memproses gambar teks yang diambil dengan tahapan yang lebih rumit yaitu:

  1. Mengenali karakter
  2. OCR mengidentifikasi satu per satu dari semua karakter yang ada dalam gambar teks, termasuk angka, huruf, tanda baca dan simbol. OCR akan mengenali area terang yang terdapat pada gambar sebagai latar belakang, sedangkan bidang gelapnya sebagai teks.

  3. Proses awal
  4. Dalam proses ini, OCR melakukan pembersihan terhadap gambar dengan menghapus beberapa kesalahan seperti bintik-bntik, coretan, kotak pada gambar, dan lain sebagainya yang dirasa dapat mengganggu visibilitas dari teks yang ada.

  5. Mengenali teks
  6. Sesudah kesalahan terselesaikan semuanya, maka dilakukan proses mengenali teks yang dilakukan dengan mengidentifikasi berdasarkan pola algoritma machine learning. Dalam proses ini menghasilkan data teks komputer yang dapat di edit secara bebas sesuai dengan kebutuhan.

Jenis Data yang Bisa Diproses Menggunakan Tools OCR

Berbagai jenis data dapat dikenali dan dikonversi mengguunakan bantuan Tools OCR. Adapun beberapa jenis data yang bisa diproses menggunakan OCR adalah:

  • Dokumen teks
  • OCR dapat memproses berbagai dokumen teks fisik seperti dokumen laporan keuangan, kontrak kerja, surat dan lain-lain menjadi data digital yang dapat diedit.

  • Gambar beserta teks
  • OCR mampu mengenali teks yang terdapat pada gambar digital, sketsa tangan, foto hingga marka jalan. Sebagai contoh apabila kita jalan-jalan ke luar negeri, kemudian melihat sebuah iklan di dinding dimana dalam iklan tersebut terdapat foto artis beserta tulisan menggunakan bahasa asing. Dengan memanfaatkan tools OCR maka kita bisa menerjamahkan apa arti dari tulisan tersebut dengan cepat.

  • Faktur penjualan dan pembelian
  • Penggunaan OCR dalam industri keuangan tentu sudah menjadi hal yang lumrah, beberapa diantaranya adalah untuk mengekstrak berbagai informasi penting yang terdapat pada kwitansi atau faktur. Misalnya mengekstrak nomor kwitansi/ faktur, tanggal penjualan atau pembelian, dan jumlah transaksi.

  • Kartu identitas
  • Pada kartu identitas seperti KTP, SIM dan Paspor didalamnya terdapat berbagai informasi seperti nama, tanggal lahir, alamat dan lain sebagainya. Dalam hal ini tools OCR mampu membaca maupun merekam secara otomatis dengan cepat sehingga kamu tidak perlu repot-repot untuk menulis ulang.

  • Data informasi produk
  • OCR mampu memroses dan mengenali data informasi yang tercantum pada sebuah kemasan produk. Misalnya data kode produk, nomor seri, detail komposisi dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan tentang jenis data yang bisa diproses menggunakan tools OCR, semoga informasi di atas dapat bermanfaat.
Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar