--> Skip to main content

Aplikasi Tes Buta Warna Lengkap Yang Mudah Digunakan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - December 18, 2023

Aplikasi tes buta warna merupakan sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk memastikan apakah penglihatan anda mengalami masalah buta warna ataukah tidak. Jadi, jika anda merasa mengelami butawarna, anda dapat menggunakan aplikasi tes buta warna untuk memastikan kebenarannya. Sekarang ini, aplikasi tes buta warna sudah tersedia di Google Play Store. Jadi, anda bisa mendownload dan menggunakan aplikasi Tes Buta Warna Lengkap dengan mudah.

Aplikasi Tes Buta Warna Lengkap Yang Mudah Digunakan

Buta warna adalah sebuah kondisi dimana mata tidak bisa melihat warna secara normal. Gangguan buta warna sendiri terbagi menjadi 2 macam yaitu ganguan buta warna parsial dan gangguan buta total. Jika seseorang mengalami ganguan buta warna parsial maka seseorang tersebut tidak dapat membedakan beberapa warna saja. Akan tetapi jika seseorang mengalami gangguan buta warna total, maka seseorang tersebut tidak bisa melihat warna sama sekali.

Tentunya seseorang yang mengalami gangguan butawarna akan dapat mempengaruhi kehidupan sehari-harinya. Gangguan buta warna dapat terjadi karena beberapa faktor diantaranya yaitu faktor keturunan, kondisi tertentu dan penuaan. Orang tua yang menderita ganguan buta warna, maka kondisi tersebut dapat turun kepada anaknya. Sehingga gangguan buta warna turunan ini merupakan bawaan sejak lahir.

Kemudian, seseorang dengan kondisi medis tertentu juga dapat mengalami gangguan buta warna. Misalnya menderita penyakit tertentu, mengalami cedera mata, terkena paparan zat kimia dan efek samping obat. Penyebab gangguan buta warana yang terakhir yaitu penuaan. Karena mengalami penuaan, maka kemampuan mata dalam menangkap cahaya akan mengalami penurunan.

Seseorang yang mengalami gangguan buta warna tertentu dapat mengalami beberapa hal. Misalnya, mengalami kesulitan dalam membedakan warna obat dan warna lampu lalu lintas. Kemudian bisa juga sulit untuk membedakan warna buah yang sudah matang dan yang belum matang dan masih banyak yang lainnya. Apabila anda mengalami gejala tersebut maka anda bisa memeriksakan mata anda ke dokter mata.

Namun, anda mungkin bisa saja ragu apakah anda benar-benar mengalami gangguan buta warna ataukah tidak. Untuk itu anda bisa memastikannya dengan menggunakan aplikasi tes buta warna yang saat ini sudah tersedia di Google Play Store.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar