--> Skip to main content

Apa itu Hosting? Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Cara Kerjanya

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - October 01, 2023

Dalam era digital yang serba canggih ini, istilah "hosting" sering kita dengar. Terutama bagi yang bergerak di bidang IT, periklanan online, atau yang ingin memiliki website pribadi atau perusahaan. Namun, apa sebenarnya hosting itu? Dan bagaimana cara kerjanya? Dalam pembahasan kali ini, kita akan mencoba menjelaskan apa sebenarnya hosting, pengertiannya, jenis-jenisnya, fungsi serta cara kerja hosting. Informasi ini tentunya akan sangat berguna khususnya bagi Anda yang sedang mencari Web Hosting Indonesia Terbaik untuk website Anda.

Apa itu Hosting

Pengertian Hosting

Hosting adalah sebuah jasa penyedia ruang di internet yang digunakan untuk menyimpan data-data dari sebuah website. Data tersebut bisa berupa teks, gambar, video, atau aplikasi lain yang menjadi bagian dari website tersebut. Dengan bantuan hosting, pengguna internet, baik itu Anda, saya, atau siapa saja di seluruh dunia, dapat mengakses website yang data-datanya distorage tersebut.

Perusahaan yang menyediakan layanan hosting ini biasa disebut sebagai penyedia layanan hosting atau hosting provider. Anda memberi mereka bayaran, dan mereka akan menyediakan ruang di server mereka sebagai tempat data website Anda ditempatkan. Selain itu, mereka juga bertanggung jawab untuk memastikan server tersebut selalu up dan berfungsi dengan baik, sehingga website Anda dapat diakses kapan saja.

Jenis-Jenis Hosting

Terdapat beberapa jenis layanan hosting, antara lain Shared Hosting, Virtual Private Server (VPS), Dedicated Server, dan Cloud Hosting.

Shared Hosting: Mungkin jenis ini menjadi Web Hosting Terbaik bagi Anda yang baru mulai. Pada shared hosting, satu server digunakan bersama oleh beberapa user. Seluruh sumber daya yang ada di dalam server tersebut, mulai dari CPU, RAM, disk space, dan lain sebagainya dibagi rata untuk digunakan oleh semua user.

Virtual Private Server (VPS): Pada VPS, satu server fisik dibagi menjadi beberapa server virtual menggunakan teknologi virtualisasi. Setiap user akan mendapatkan server virtual dengan sumber daya yang telah ditentukan sebelumnya.

Dedicated Server: Pada dediacted server, Anda mendapatkan satu server fisik secara menyeluruh yang tidak dibagi dengan user lain.

Cloud Hosting: Pada cloud hosting, bukan hanya satu server fisik yang Anda gunakan, melainkan sekelompok server (cloud) yang saling terkoneksi.

Fungsi Hosting

Fungsi utama hosting adalah sebagai tempat penyimpanan data website agar dapat diakses secara online 24/7. Selain itu hosting juga berfungsi sebagai manajemen database, email hosting, dan tempat instalasi aneka ragam aplikasi dan script yang mendukung performa dari sebuah website.

Bayangkan bila Anda membangun gedung fisik, hosting ini adalah tanah tempat gedungnya didirikan. Tanpa adanya hosting, sebuah website tidak akan bisa berdiri dan diakses oleh pengguna internet.

Cara Kerja Hosting

Bagaimana caranya sebuah website yang datanya disimpan di dalam sebuah server bisa diakses oleh siapa saja dari seluruh dunia?

Pertama, Anda harus memiliki domain, yaitu alamat website yang biasanya berformat www.namaanda.com. Domain ini berfungsi seperti alamat rumah yang memungkinkan orang mengetahui di mana rumah Anda berada. Namun alamat ini bukanlah rumah itu sendiri. Di sinilah hosting berperan sebagai 'rumah'.

Ketika seorang memasukkan nama domain Anda ke dalam browser, server hosting yang Anda gunakan akan mencari dan menampilkan data website Anda tersebut. Data-data tersebut lalu ditampilkan ke pengguna dalam bentuk halaman website.

Server ini harus selalu aktif 24/7, agar siapa pun dari seluruh dunia bisa mengakses website Anda kapan saja. Oleh karena itu, memilih penyedia Web Hosting Terbaik sangat penting, karena kualitas server dan kestabilan uptime mereka sangat menentukan ketersediaan website Anda di dunia maya.

Demikianlah penjelasan tentang apa itu hosting, pengertiannya, jenis-jenis, fungsi, serta cara kerjanya. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam menjalankan kegiatan berinternet, terutama dalam pembuatan dan pengelolaan website. Untuk mendapatkan layanan optimal, pastikan untuk memilih web hosting yang berkualitas dan terpercaya.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar