--> Skip to main content

Pengertian Alfanumerik Dan Contohnya

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - May 19, 2023

Di era yang serba digital seperti saat ini anda mungkin akan menjumpai istilah “alfanumerik”. Anda dapat menjumpainya ketika membuat kata sandi untuk akun tertentu atau ketika mempelajari bahasa pemrograman komputer. Namun tentu anda tidak menyadarinya bahwa hal itu termasuk alfanumerik. Lantas seperti apa sebenarnya alfanumerik itu? Nah, bagi kamu yang belum tahu apa itu alfanumerik berikut ini adalah penjelasan yang kami rangkum dari situs ilmudes.

Pengertian Alfanumerik Dan Contohnya

Pengertian Alfanumerik

Alfanumerik adalah deskripsi dari data yang dapat berupa angka dan huruf. Alfanumerik dapat juga disebut alfamerik yaitu istilah yang mencakup seluruh angka dan huruf dalam serangkaian bahasa tertentu.

Dalam tata letak yang disusun untuk pengguna, karakter alfanumerik terdiri atas gabungan dari 10 angka (0 sampai 9) dan 26 huruf alphabet (A sampai Z). Untuk suatu tujuan komputerisasi, misalnya penamaan file, karakter alfanumerik dibatasi dengan ketat sampai 26 karakter abjad dan 10 angka.

Apabila kamu pernah memakai campuran antara huruf dengan angka ketika mengirim suatu pesan teks yang berupa singkatan maupun ungkapan-ungkapan tertentu, hal itu dapat juga dikatakan sebagai alfanumerik.

Contoh Karakter Alfanumerik dan Non-Alfanumerik

Seperti yang sudah diterangkan di atas, karakter alfanumerik itu berupa angka huruf A-Z (huruf besar maupun kecil) dan angka 0-9. Sebagai contoh karakter alfanumerik misalnya A, u, z, 5, r dan K. Sementara untuk contoh karakter non-alfanumerik yaitu dapat berupa *, &, @, $, -, %, tanda koma, tanda kurung, titik koma, tanda titik, garis miring, spasi kosong dan apostrof (‘).

Contoh Penggunaan Karakter Alfanumerik

Kamu mungkin sering tidak menyadari kalau kamu mengunakan karakter alfanumerik. Adapun beberapa contoh penggunaan karakter alfanumerik dalam kehidupan sehari-hari yaitu sebagai berikut:

1. Membuat Username

Beberapa website ada yang meminta kamu membuat username yang unik sebagai pengenal ketika kamu mendaftar akun di website tersebut. Kamu mungkin saja dapat menggunakan nama kamu, namun apakah kamu yakin hanya kamu yang punya nama tersebut?

Tentunya tidak. Contohnya namamu adalah joni, pasti di dunia ini banyak yang mempunyai nama yang sama dengan namamu. Lalu, bagaimanakah untuk memastikan kalau kamu itu membuat username yang unik? Caranya bisa memakai karakter alfanumerik.

Contohnya, namamu joni yen, mungkin nama tersebut telah diguankan sebagai username orang lain yang namanya sama dengan namamu. Nah, supaya kamu bisa membuat username unik, ubah saja beberapa karakternya, contohnya menjadi seperti ini: Joniyen58 atau J0n1y3n.

2. Membuat Password yang Kuat

Password yang dbuat dengan karakter alfanumerik tentu akan menjadi lebih kuat. Sebagai contoh yang paling umum digunakan yaitu kombinasi antara tanggal anniversary dan nama pasangan, tanggal ulang tahun dan nama orang tua dan lain-lain.

Sebagai contoh password “Unix” tentu akan lebih lemah dan mudah diretas jika dibanding dengan “@Unix1995!”. Dengan ditambahnya beberapa angka dan juga simbol, maka akan membuat password tersebut menjadi lebih kuat.

3. Plat Nomor Kendaraan

Kombinasi antara angka dan huruf juga sering kita jumpai pada plat nomor kendaraan. Misalnya plat kendaraan mempunyai nomor H 1611 ILE. H : Kode Wilayah, 1611: nomor urut registrasi, dan ILE: Seri huruf.

4. Kode Untuk Kursi Penumpang

Bus, pesawat terbang, kapal laut maupun kendaraan lainnya yang dipakai untuk transportasi penumpang biasanya disertai dengan nomor kursi yang ditulis dengan alfanumerik. Sebagai contoh kursi nomor 29B, yang berarti kursi nomor 29 pada baris B. Memetakan kursi seperti ini akan memudahkan penumpang dalam menemukan kursinya dengan cepat.

Itulah penjelasan tentang pengertian alfanumerik dan contohnya yang saya rangkum dari penjelasan yang ada di situs anak desa yang membahas pendidikan. Semoga apa yang telah saya bagikan di atas dapat bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar