--> Skip to main content

Cara Membangun Program Loyalitas yang Menguntungkan untuk UMKM Anda

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - May 01, 2023

Membangun program loyalitas kini menjadi salah satu kunci utama agar UMKM Anda bisa berkembang dengan baik. Hanya saja, membangun kesetiaan pelanggan bukanlah perkara yang mudah. Untuk menambah wawasan Anda tentang cara membangun loyalitas pelanggan, pastikan terus menyimak dan menerapkan beberapa langkah berikut ini!

Cara Membangun Program Loyalitas yang Menguntungkan untuk UMKM Anda

Baca Juga: Indikator Loyalitas Pelanggan yang Wajib Kamu Ketahui

  1. Melakukan riset berkala untuk mengetahui kebutuhan konsumenb
  2. Hal pertama tentu melakukan riset untuk mengetahui kebutuhan pelanggan di bidang yang digeluti. Seorang konsumen tidak akan ragu melakukan transaksi secara berulang apabila Anda mampu menyediakan produk atau jasa yang sesuai kebutuhan mereka.

    Anda bisa melakukannya dengan menerapkan program testimoni bagi konsumen untuk mendapatkan opini, saran, kritik, kesan dan pesan untuk bisnis Anda.

  3. Menjaga kualitas pelayanan
  4. Elemen yang tidak kalah penting dalam membangun loyalitas pelanggan adalah perihal kualitas pelayanan yang diberikan. Untuk itu, pastikan Anda memberikan pelayanan terbaik, ramah, tepat, cepat, menyediakan produk yang baik, menjaga kualitas kebersihan dan kenyamanan serta memberikan metode transaksi yang mudah.

  5. Memberikan solusi terhadap permasalahan konsumen
  6. Salah satu permasalahan dalam dunia bisnis ialah terkait komplain konsumen yang kerap terjadi. Saat berada di kondisi ini, pastikan Anda bisa mencegahnya dengan menyediakan solusi terbaik terkait permasalahan tersebut.

    Hindari untuk melepas tangan, sebaliknya tanggapi suara konsumen dengan bijak untuk meningkatkan kredibilitas usaha Anda.

  7. Membangun komunikasi yang baik dengan konsumen
  8. Cara membangun program loyalitas berikutnya untuk pelaku UMKM adalah dengan membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan. Misal, jika bisnis Anda berbentuk online maka bangun komunikasi melalui chat atau menyewa seorang staf admin untuk berinteraksi dan menyikapi semua kebutuhan pelanggan dengan ramah.

  9. Transparan
  10. Langkah terakhir untuk membangun program loyalitas pelanggan adalah dengan bersikap transparan dan jujur. Dewasa ini, konsumen lebih kritis dalam membeli suatu produk. Untuk itu, Anda harus mengupayakan sebaik mungkin untuk meningkatkan kredibilitas usaha dengan cara bersikap terbuka, jujur terkait kualitas produk atau jasa, detail dan transparan mengenai ketersediaan produk.

Itulah beberapa cara membangun program loyalitas pelanggan, semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar