--> Skip to main content

Cara Memilih Sekolah Internasional Terbaik Untuk Anak Anda

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - April 17, 2023

Pendidikan menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi anak untuk masa depannya agar menjadi lebih baik. Namun, menemukan sekolah yang tepat untuk anak bukanlah perkara yang mudah, terutama bagi yang tinggal di Jakarta. Sebagai ibukota Indonesia, Jakarta telah menyediakan beragam fasilitas untuk warganya secara lengkap, salah satunya yaitu sekolah. Banyaknya sekolah yang ada di Jakarta ini, dari mulai sekolah negeri, sekolah swasta, hingga internasional, tentu membuat anda bingung bagaimana memilih sekolah terbaik untuk anak anda.

Cara Memilih Sekolah Internasional

Mungkin anda tertarik untuk menyekolahkan anak anda ke sekolah internasional? Jika ya, bagi anda yang ingin memasukkan anak anda ke sekolah internasional, namun bingung memilih international school Jakarta yang tepat, ada beberapa cara memilih sekolah internasional yang mungkin bisa anda terapkan. Dengan menerapkan cara ini diharapkan anda bisa memilih sekolah internasional terbaik untuk anak anda dengan cepat.

Cara Memilih Sekolah Internasional Terbaik

Adapun cara yang bisa anda lakukan untuk memilih sekolah internasional terbaik untuk anak anda yaitu sebagai berikut:

1. Memilih Kurikulum yang Tepat

Kurikulum dan sistem pendidkan yang ada di sekolah internasional tentu berbeda dari sekolah nasional. Hal tersebut dikarenakan jenis kurikulum yang diterapkan di sekolah internasional didasarkan pada standar internasional. Dalam kurikulum internasional menariknya yaitu tidak hanya ada satu jenis saja, sehingga kurikulum yang diterapkan pada setiap sekolah bisa saja berbeda.

Kurikulum internasional yang ada contohnya kurikulum International Baccalaureate, International Cambridge, dan masih banyak yang lainnya. Maka dari itu, ketika anda memilih jenis kurikulum internasional pastikan anda memilih yang paling sesuai dengan kemampuan dan keinginan anak anda.

2. Mempunyai Pengajar yang Handal

Hal lain yang dapat anda terapkan dalam memilih sekolah internasional di Jakarta yaitu mempertimbangkan pengajarnya. Tenaga pengajar yang berkompeten dan handal dapat menjadikan sistem pendidikan yang baik dapat berjalan secara optimal.

Selain itu, pengajar yang berkualitas juga dapat mendukung potensi anak agar bisa berkembang menjadi lebih baik. Contohnya, pengajar yang menerapkan metode pembelajaran interaktif untuk mendidik siswanya, tentu ini akan membuat siswa menjadi lebih mudah memahami apa yang disampaikan.

3. Dukungan Fasilitas Sekolah

Dalam memilih sekolah internasional di Jakarta, hal lain yang perlu untuk diperhatikan yaitu fasilitas yang ditawarkan di sekolah. Fasilitas merupakan hal yang sangat penting untuk menunjang kegiatan pembelajaran maupun kegiatan lain di sekolah. Apalagi dengan kondisi seperti saat ini dimana perkembangan teknologi telah berkembang pesat menjadikan peralatan digital sangat penting untuk digunakan dalam pembelajaran.

Rata-rata sekolah internasional terkenal lebih kondusif dan mempunyai berbagai fasilitas belajar mengajar yang memadai. Selain itu ruang kelas yang ada pun sangat nyaman. Fasilitas-fasilitas seperti laboratorium, olahraga, dan seni juga tersedia secara lengkap. Tentunya berbagai fasilitas tersebut dapat membantu anak anda agar bisa berkembang menjadi lebih baik.

4. Biaya Sesuai Fasilitas

Selanjutnya cara memilih sekolah internasional yang tepat yaitu dengan mempertimbangkan biaya. Biaya pendaftaran sekolah internasional tidaklah murah. Akan tetapi, hal tersebut sebanding dengan fasilitas yang ada. Maka dari itu, anda perlu membandingkan biaya sekolah dengan fasilitas yang ada, kemudian sesuaikan dengan budget yang anda miliki.

5. Pelayanan Sekolah yang baik

Hal yang tidak kalah penting dalam memilih sekolah internasional yaitu pelayanan yang tersedia di sekolah. Meskipun kelihatannya tidak begitu signifikan, namun layanan juga mempunyai peran yang sangat penting. Layanan yang dimaksudkan di sini meliputi komunikasi antar sekolah dengan orang tua, sistem manajemen informasi dan masih banyak lainnya.

Jadi, dalam memilih sekolah internasional, ada pastikan lebih memprioritaskan sekolah yang memberikan layanan paling nyaman untuk anda sebagai orang tua dan untuk anak anda yang akan belajar di sana. Kenapa demikian? Karena anak anda nantinya akan menghabiskan waktunya di sekolah. Sehingga anda perlu fasilitas layanan komunikasi yang baik agar aktivitas anak anda bisa terpantau selama sekolah.

Nah, bagi anda yang mungkin masih bingung, mungkin anda bisa menyekolahkan anak anda di Jakarta Multicultural School. Jakarta Multicultural School merupakan international school in Jakarta yang menerapkan program pembelajaran dan kegiatan-kegiatan yang dapat menunjang potensi maupun bakat anak anda. Sehingga, anak anda akan dapat menjadi versi terbaik untuk dirinya sendiri maupun untuk masyarakat.

Itulah penjelasan tentang cara memilih sekolah internasional terbaik untuk anak anda, semoga dapat bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar