--> Skip to main content

Tips Memilih Hosting Indonesia Murah Namun Berkualitas

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - February 25, 2023

Banyaknya orang yang membuat situs web, tentu membuat kebutuhan hosting sebagai server atau tempat penyimpanan data situs web menjadi semakin meningkat. Faktor inilah yang mempengaruhi banyaknya penyedia hosting yang dapat dipilih baik itu penyedia hosting luar negeri maupun Indonesia. Banyaknya penyedia Hosting Indonesia tidak semata-mata semua jenis hosting itu bagus. Jadi, bagi yang akan membeli hosting perlu memastikan dulu layanan hosting seperti apa yang ditawarkannya. Maka dari itulah sebelum membeli hosting ada baiknya memahami dulu tips memilih Hosting Indonesia murah yang berkualitas.

Hosting Indonesia Murah

Tips Memilih Hosting Indonesia Murah Namun Berkualitas

Memilih hosting untuk website dapat dikatakan tepat apabila memenuhi beberapa hal. Adapun beberapa hal yang merupakan tips memilih hosting Indonesia yang murah namun berkualitas diantaranya bisa kamu simak dalam pembahasan artikel ini sampai selesai.

1. Pilih Hosting Sesuai Kebutuhan

Tentukan terlebih dahulu kebutuhan situsnya seperti apa, sebelum memutuskan untuk membeli hosting. Apabila situs yang dibangun berupa halaman profil tanpa disertai dengan fitur yang aneh-aneh tentu menggunakan paket hosting basic atau standar sudah mencukupi. Lain halnya jika membangun website untuk kebutuhan toko, halaman profil disertai banyak page, situs jasa dengan berbagai fitur atau situs portal berita, maka hosting yang dipilih sebaiknya yang berkapasitas besar.

2. Pilih yang memiliki bandwidth besar

Sebaiknya pilih hosting yang menawarkan bandwidth besar karena apabila suatu hari website mendapatkan banyak visitor, maka tidak akan kewalahan. Apabila bandwith dibatasi, maka akan berakibat website menjadi down. Coba bayangkan jika hosting hanya membatasi bandwith 4 GB saja sementara pengunjung website membludak maka akan kewalahan. Ibaratnya sebuah gerbang tol yang hanya ada 2 gerbang saja sementara banyak mobil yang masuk ke tol. Maka dari itulah kamu sebaiknya memilih hosting yang memiliki bandwith besar atau bandwith unlimited.

3. Pilih tipe penyimpanan yang baik dan sesuai kebutuhan

Sebaiknya kamu perhatikan juga penyimpanan hosting yang digunakan. Hal ini sangat penting karena berhubungan erat dengan penyimpanan data-data website kamu. Lihatlah detail hostingnya, cek tipe penyimpanan yang digunakan. Sebaiknya memilih hosting yang mempunyai penyimpanan SSD, karena SSD merupakan tipe penyimpanan yang baik dan juga cepat. Selain itu, perhatikan pula kapasitas yang disediakan. Apabila kebutuhan website kamu memuat gambar dengan jumlah yang banyak, maka kapasitas penyimpanan yang besar sangat diperlukan.

4. Pilih Lokasi Server yang sesuai target pengunjung

Hosting itu lokasi servernya ada yang di Amerika, Singapura, bahkan di Indonesia. Nah, dalam memilih hosting untuk kebutuhan website kamu, sebaiknya perhatikan lokasi servernya karena berpengaruh pada kecepatan ketika memuat halaman website. Mialnya, jika target pengunjung website kamu adalah orang Indonesia maka memilih Cloud hosting Indonesia bisa menjadi pilihan yang tepat. Lain halnya jika website kamu berbahasa inggris dengan target pengunjung orang Amerika, maka pilih hosting yang servernya sesuai Negara tersebut.

5. Pilih Fitur dan fasilitas yang sesuai

Memilih hosting yang tepat yaitu bisa dengan memilih hosting yang memiliki fitur dan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan. Apabila websitemu untuk keperluan pribadi, maka tidak membutuhkan fitur dan fasilitas yang banyak. Sedangkan jika website yang kamu buat adalah website perusahaan, maka akan memerlukan banyak fitur maupun fasilitas yang lebih kompleks.

6. Pilih hosting yang harganya sesuai budget

Faktor yang sangat penting yaitu pastikan membeli hosting yang tepat dengan harga yang sesuai dengan budget yang kamu miliki. Apalagi sat ini telah banyak hosting murah atau bisa juga kamu mengecek promo hosting yang sedang ditawarkan, dengan begitu kamu bisa mendaptkan hosting dengan harga yang murah.

7. Lihat ulasan dari orang yang menggunakan hosting tersebut

Jangan membeli hosting dulu dari jasa penyedia hosting yang belum ada ulasan dari para penggunanya. Jadi kamu harus mencari tahu dulu orang yang pernah menggunakan hosting tersebut. Lihat ulasan atau reviewnya selama menggunakan hosting tersebut. Jika memang banyak yang puas menggunakan hosting tersebut, maka tidak ada salahnya untuk membeli hosting tersebut.

Demikian penjelasan tentang Tips memilih hosting indonesia murah namun berkualitas. Semoga informasi yang kami bagikan di sini dapat bermanfaat bagi kamu yang hendak membeli hosting.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar