--> Skip to main content

Membangun Hubungan Pelanggan dengan Loyalty Program

Teknik loyalty program dalam bisnis sangat efektif untuk membantu membangun hubungan dengan pelanggan. Dengan program ini, Anda tidak hanya akan mendapatkan konsumen tetapi juga pelanggan yang setia membeli produk Anda. Lalu, bagaimana cara membangun hubungan pelanggan dengan menggunakan loyalty program?

Loyalty Program

Memberikan Hadiah atau Reward Kepada Pelanggan Setia

Jangan menganggap kalau memberikan hadiah atau reward, seperti voucher reward kepada pelanggan setia itu adalah sebuah kerugian. Justru dengan memberikan hadiah, mereka akan semakin setia kepada Anda.

Bukan tidak mungkin jika mereka akan menjadi media promosi gratis produk Anda. Cara ini efektif untuk membangun hubungan dengan pelanggan karena mereka merasa diperhatikan dan dihargai.

Undang Pelanggan Setia dalam Acara Spesial

Teknik loyalty program dalam bisnis yang juga efektif adalah melibatkan para pelanggan setia dalam bisnis Anda. Misalnya, buatlah sebuah acara spesial yang mengundang pelanggan setia Anda.

Teknik ini bisa Anda gabungkan dengan teknik memberikan hadiah. Alih-alih memberikan hadiah secara personal, mereka akan lebih senang saat orang lain mengetahui kalau Anda memberi mereka hadiah.

Beberapa perusahaan besar sering melakukan acara semacam ini bahkan sampai disiarkan di televisi. Hal ini menjadi semacam bentuk apresiasi Anda terhadap pelanggan yang sudah setia membeli produk Anda.

Kenali Pelanggan Setia Anda

Coba fokus ke beberapa pelanggan yang paling setia saja. Cari tahu nama mereka, produk favorit mereka, atau produk yang selalu mereka beli setiap kali menemukan produk Anda.

Setelah itu, sapa mereka dengan langsung menyebutkan nama. Lalu, coba berikan produk-produk favorit mereka seperti biasanya.

Tentu saja, mereka akan merasa sangat dihargai dengan perilaku seperti ini. Teknik ini akan membuat pelanggan tersebut semakin setia dan merekomendasikan produk dan layanan Anda kepada teman atau keluarga mereka.

Jadi, inti dari teknik loyalty program dalam bisnis adalah memberikan perhatian lebih kepada pelanggan yang setia. Kemudian, libatkan atau beri perlakuan khusus kepada mereka.

Dengan cara membangun hubungan seperti ini bisa jadi Anda akan mendapatkan media promosi gratis yang akan membawa lebih banyak pelanggan lagi.

Terbaru
Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar