--> Skip to main content

Perbedaan Cloud Hosting dan Unlimited Hosting

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - November 11, 2022

Di halaman website penyedia hosting biasanya menampilkan berbagai macam hosting yang ditawarkannya. Selain itu, terkadang juga terdapat berbagai promo seperti cloud hosting atau Unlimited Hosting Murah. Ketika anda melihat promo tersebut, tentunya ada kemungkinan anda akan tertarik untuk membeli hosting tersebut. Namun, sebelum anda membelinya pastikan dulu anda sudah tahu perbedaan antara cloud hosting dan unlimited hosting. Oleh karena itu, pada kesempatan inilah akan saya sampaikan penjelasan tentang perbedaan diantara dua jenis hosting tersebut.

Perbedaan Cloud Hosting dan Unlimited Hosting

Perbedaan Cloud Hosting dan Unlimited Hosting

Terdapat beberapa hal yang dapat membedakan antara cloud hosting dengan unlimited hosting yang perlu untuk anda ketahui. Sehingga, dengan mengetahui perbedaannya, maka anda akan bisa memilih pilihan yang tepat sesuai dengan kebutuhan hosting anda.

Adapun, beberapa perbedaan antara cloud hosting dengan unlimited hosting diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Dilihat dari pengertian kedua hosting

Antara cloud hosting dan unlimited hosting keduanya mempunyai pengertian yang berbeda. Cloud hosting merupakan layanan hosting yang memiliki lebih dari satu server untuk satu website. Sementara, untuk unlimited hosting merupakan salah satu layanan shared hosting, dimana dalam shared hosting ini pemilik website akan berbagi server dengan pemilik website lain.

2. Dilihat dari performa hosting

Selanjutnya perbedaan antara cloud hosting dengan unlimited hosting bisa dilihat dari segi performanya. Sebetulnya, performa sebuah server bergantung pada penyedia hostingnya dan spesifikasi komputer yang dipakai untuk menjalankan server.

Dilihat dari segi performanya, cloud hosting lebih stabil karena menggunakan beberapa server. Sehingga, membuat website yang menggunakan cloud hosting mampu untuk menampung trafik yang tinggi. Dengan demikian, pemilik website tidak perlu cemas jika ada pengunjung banyak yang mengakses websitenya. Sementara, untuk unlimited hosting performanya dapat menurun apabila website lain dalam satu server menarik semua kinerja servernya. Sehingga, hal ini dapat berdampak pada kestabilan website yang menggunakan unlimited hosting karena bergantung dengan yang lain. Dari penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa jika dilihat dari segi performa cloud hosting jauh lebih unggul.

3. Dilihat dari segi keamanan

Dilihat dari segi keamanan, keduanya mempunyai perbedaan yang tidak terlalu signifikan. Umumnya pihak penyedia hosting telah memberikan tingkat keamanan serupa baik untuk cloud hosting maupun unlimited hosting. Akan tetapi, hal tersebut tidak sepenuhnya menjamin 100% bebas dari tindak peretasan.

Meskipun pihak penyedia hosting telah menjamin keamanannya, namun bagi pengguna unlimited hosting karena bersifat shared, maka sebagai pemilik website harus lebih berhati-hati dan perlu menambah proteksi keamanan yang lebih agar aman. Sedangkan, untuk cloud hosting pemilik website memiliki kendali lebih untuk menambahkan proteksi server supaya keamanannya bisa lebih terjaga.

4. Dilihat dari segi skalabilitas

Pada dasarnya, server dapat diupgrade berdasarkan permintaan pelanggan. Dalam hal upgrade, antara cloud hosting dengan unlimited hosting dapat dilihat dari hasil upgradenya. Walaupun, kini telah banyak penyedia hosting yang secara signifikan telah memberikan upgrade terhadap servernya, tetapi hasil upgrade yang diberikan untuk unlimited hosting tidak terlalu besar karena pada akhirnya harus berbagi server. Lain halnya dengan cloud hosting, yang hasil upgradenya bisa dirasakan oleh saatu pemilik website secara penuh.

5. Dilihat dari segi harga yang ditawarkan

Selain berbeda dalam hal sistem dan spesifikasi, dalam hal harga juga menjadi perbedaan yang signifikan antara cloud hosting dengan unlimited hosting. Umumnya, unlimited hosting memiliki harga yang lebih rendah dari pada cloud hosting, ibaratnya unlimited hosting itu patungan membayar server karena berbagi server. Sedangkan, cloud hosting harganya cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan unlimited hosting karena dijalankan oleh satu website yang mengandalkan banyak server secara sekaligus, sehingga yang harus membayarnya pemilik website itu sendiri.

Demikianlah penjelasan tentang perbedaan cloud hosting dan unlimited hosting yang perlu diketahui sebelum membeli salah satu hosting tersebut. Cloud hosting idealnya dipakai untuk website yang besar. Contohnya untuk website portal berita di Indonesia dapat menggunakan Cloud hosting Indonesia. Sedangkan, untuk unlimited hosting lebih tepatnya jika digunakan untuk website yang kecil seperti blog pribadi yang masih memiliki sedikit pengunjung.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar