--> Skip to main content

Pengertian Reduce Reuse Recycle Sesuai Konsepnya

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - October 21, 2022

Ketika belanja di supermarket atau minimarket, ada kebijakan konsumen tidak mendapatkan plastik untuk belanjaannya atau bisa mendapatkannya dengan membayar. Selain itu juga ada saran untuk membeli tas belanja yang bisa dipakai berulang sehingga bagus untuk lingkungan. Langkah tersebut menjadi salah satu cara untuk mengurangi penggunaan plastik. Di mana hal tersebut dilakukan bukan hanya oleh perusahaan tetapi juga konsumen yang bisa untuk membawa tas belanja sendiri dari rumah.

Pengertian Reduce Reuse Recycle

Untuk turut menjaga lingkungan sekarang ini dikenal dengan gerakan reduce reuse recycle. Untuk pengertian reduce reuse recycle merupakan tiga langkah yang merupakan konsep untuk mengelola sampah dengan lebih baik. Konsep ini juga bisa digunakan untuk menghasilkan nilai ekonomis yang tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan tetapi juga keuntungan ekonomi kedepannya.

Adapun untuk mengenal lebih jauh mengenai reduce reuse recycle adalah sebagai berikut ini:

  • Reduce mempunyai arti sebagai “mengurangi”. Sehingga pada tahap ini adalah digunakan untuk mengurangi penggunaan sampah. Seperti contoh di atas dengan membawa tas belanja sendiri tidak perlu untuk membeli dan menggunakan kantong plastik. Sehingga hal ini juga merupakan contoh mudah untuk mengurangi penggunaan kantong plastik.
  • Reuse merupakan langkah selanjutnya yang mempunyai artian dengan menggunakan kembali. Pada tahap ini adalah bisa menggunakan barang-barang yang sudah dipunyai agar tidak menambah sampah. Contoh yang bisa dilakukan adalah dengan membeli tumbler atau botol minuman yang bisa dipakai berulang-ulang. Selain itu juga bisa menggunakan botol plastik untuk pot tanaman, kaleng yang dipunyai bisa untuk menyimpan kerupuk, dan masih banyak contoh lainnya.
  • Recycle merupakan tahap ketiga yaitu daur yang bisa memberikan nilai ekonomis. Contohnya dengan mengubah produk yang sudah tidak digunakan untuk menjadi aksesoris yang lebih bermanfaat.

Dalam upaya reduce reuse recycle tersebut juga membutuhkan peran dari bisnis yang turut terlibat. Oleh karena itulah untuk menyemangati bisnis agar peduli pada lingkungan, penghargaan dari Indonesia Sustainability diberikan. B20 Sustainability 4.0 Awards memberikan beberapa penghargaan pada perusahaan maupun UMKM yang ramah dan peduli lingkungan. Termasuk salah satu nominasinya adalah reduction or reuse of plastic untuk reduce reuse recycle sampah plastik.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar