--> Skip to main content

Mengenal Apa Itu Kuota Internet dan Jenis-jenisnya

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - October 22, 2022

Selain wifi, kuota internet merupakan aspek yang sangat penting pada saat ingin mengakses internet. Jika tidak mempunyai kuota internet maka sebuah perangkat tidak akan dapat terkoneksi dengan internet. Maka dari itulah, kuota internet ini keberadaannya sangat penting. Untuk mendapatkan kuota internet bisa dengan cara membelinya melalui provider internet seluler. Harga dan ukuran yang ditawarkannya pun bervariasi, yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Berbicara tentang kuota internet, apa itu kuota internet? Berikut adalah penjelasannya.

Apa Itu Kuota Internet

Apa Itu Kuota Internet

Kuota adalah jatah atau jumlah atau batasan yang ditentukan. Sehingga kuota internet adalah batasan atau jatah, atau jumlah penggunaan internet dalam jangka waktu tertentu yang telah ditentukan. Sebagai contoh, anda membeli kuota internet sebesar 10 GB untuk satu bulan. Itu artinya anda dapat menggunakan kuota tersebut untuk mengakses internet dalam waktu satu bulan sebanyak 10 GB.

Pada saat penggunaan internet telah melebihi batas waktu satu bulan, maka tidak bisa digunakan untuk mengakses internet karena telah melebihi batas waktu yang telah ditentukan. Hal serupa juga terjadi jika batas penggunaan internet telah melebihi 10 GB, maka koneksi internet akan terputus meskipun penggunaannya belum mencapai satu bulan.

Lantas bagaimanakah dengan kuota internet unlimited? Penggunaan kuota internet unlimited biasanya menggunakan sistem FUP sesuai yang telah ditentukan oleh provider. Sebagai contoh, kuota internet unlimited yang anda beli mempunyai FUP sebesar 5 GB. Maka, apabila telah melebihi FUP akan terjadi penurunan kecepatan atau kecepatan internet menjadi lambat, namun anda tetap dapat mengakses internet tersebut selama satu bulan. Jika penggunaan kuota internet anda belum mencapai FUP, namun telah melebihi waktu satu bulan, maka secara otomatis kuota internet akan hangus dan tidak dapat digunakan. Sebagai informasi tambahan, FUP adalah singkatan dari Fair Usage Policy. FUP adalah kebijakan yang telah ditentukan oleh tiap-tiap provider tentang batas pemakaian internet.

Jenis-Jenis Kuota Internet

Para provider layanan kuota internet biasanya menyediakan berbagai pilihan jenis kuota internet. Beberapa dari jenis kuota internet yang umumnya disediakan yaitu kuota utama, kuota regular, kuota malam, kuota streaming, kuota bonus dan lain-lain. Untuk penjelasan tentang jenis-jenis kuota tersebut adalah sebagai berikut ini:

  • Kuota utama, yaitu kuota internet yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas keperluan apa saja dan kapan saja.
  • Kuota regular, yaitu kuota internet seperti halnya kuota utama yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas atau keperluan apa saja dan kapan saja.
  • Kuota malam, yaitu kuota internet yang hanya dapat digunakan di waktu malam sesuai dengan syarat dan ketentuan tertentu dari provider internet, misalnya dapat digunakan pada saat jam 00:00 sampai 06:00.
  • Kuota streaming, yaitu kuota internet yang hanya dapat digunakan untuk menonton acara streaming atau melihat video sreaming yang telah disediakan oleh pihak provider atau dari aplikasi tertentu yang memang telah bekerja sama dengan provider.
  • Kuota download, yaitu kuota internet yang hanya dapat digunakan untuk mengunduh suatu file di internet.
  • Kuota unlimited, yaitu kuota internet yang bisa digunakan tanpa batas , namun dalam penggunaan yang wajar. Meskipun tanpa batas, namun kuota unlimited dapat mengalami penurunan kecepatan apabila telah mencapai limit penggunaan (FUP) sesuai yang telah ditentukan oleh provider.
  • Kuota bonus, yaitu kuota tambahan yang diberikan oleh pihak provider, dimana kuota bonus ini bisa didapatkan dan digunakan sesuai syarat dan ketentuan tertentu. Misalnya, saat melakukan pembelian kuota interneet pertama kali atau membeli kuota internet pada pilihan tertentu.
  • Kuota lokal, yaitu kuota internet yang hanya dapat digunakan sesuai dengan daerah dimana kuota internet tersebut dibeli.
  • Kuota 4G, yaitu kuota internet yang hanya dapat digunakan ketika berada di tempat yang mendukung sinyal 4G. Jika tidak berada di tempat yang mendukung koneksi 4G maka akan dikenakan tarif normal.
  • Kuota 2G/3G/4G, yaitu kuota internet yang dapat digunakan pada jaringan 2G, 3G maupun 4G. Dengan kuota ini maka ketika berada ditempat yang tidak mendukung sinyal 4G maka tetap dapat mengakses internet dengan sinyal lain yang didukung seperti 2G maupun 3G.

Itulah penjelasan tentang apa itu kuota internet dan jenis-jenisnya, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar