--> Skip to main content

Kayu Yang Cocok Untuk Outdoor Furniture

Umumnya perabotan rumah atau furniture terbagi menjadi 2 macam yaitu indoor furniture dan outdoor furniture. Indoor furniture merupakan furniture yang digunakan di dalam ruangan sedangkan outdoor furniture merupakan furniture yang diguankan di luar ruangan. Indoor furniture dari segi material yang digunakan untuk pembuatannya berbeda dengan outdoor furniture. Untuk indoor furniture dapat dibuat dari material apa saja, sedangkan untuk outdoor furniture perlu lebih cermat dalam memilih material yang digunakan. Hal tersebut karena outdoor furniture harus mampu menahan gangguan dari luar seperti gangguan perubahan suhu dan cuaca.

Kayu Yang Cocok Untuk Outdoor Furniture

Untuk pembuatan outdoor furniture dapat dibuat dengan menggunakan material kayu. Akan tetapi kayu yang digunakan tidak boleh sembarangan agar perbotan rumah atau furniture dapat bertahan lebih lama.

Kayu Yang Cocok Untuk Outdoor Furniture

Ada beberapa jenis kayu memang cocok dijadikan sebagai outdoor furniture. Adapun beberapa material kayu yang memang cocok digunakan untuk pembuatan outdoor furniture yaitu sebagai berikut:

Kayu jati

Ketika berbicara tentang kayu yang memiliki kualitas bagus, tentunya kayu jati tidak pernah ketinggalan untuk disebut. Hal tersebut karena kayu jati memang jenis kayu yang kuat, awet, mampu bertahan lama dan tahan terhadap paparan cuaca. Kelebihan yang dimiliki oleh kayu jati tersebut tentunya sangat cocok jika kayu jati digunakan sebagai material untuk pembuatan outdoor furniture. Selain itu hal yang menarik lainnya dari kayu jati adalah kayu jati mudah untuk dipotong dan dibentuk mesipun kayunya keras dan kuat. Tidak hanya itu saja, untuk perawatannya kayu jati juga sangat mudah karena tidak memerlukan perawatan khusus.

Kayu ulin

Selain kayu jati, kayu yang sering dijadikan sebagai bahan material outdoor furniture atau bahan bangunan rumah adalah kayu ulin. Kayu ulin sering kali dikenal atau disebut sebagai kayu besi. Tentunya, penamaan kayu besi untuk kayu ulin ini bukan tanpa alasan. Alasan dinamai kayu besi karena kayu ulin mempunyai tekstur yang keras dan kasar sehingga membuat kayu tersebut sulit untuk digergaji maupun dipaku. Selain itu, kayu ini mempunyai daya tahan yang tinggi dan tidak mudah mengalami kerusakan meskipun digunakan pada kondisi apapun.

Kayu merbau

Kayu merbau merupakan kayu yang seringkali digunakan sebagai alternatif kayu jati. Hal tersebut karena kayu merbau memiliki kualitas yang hampir sama seperti kayu jati jika dilihat dari segi ketahanaan dan kekerasannya. Kayu merbau secara umum tahan terhadap berbagai gangguan suhu, cuaca, dan hama atau serangga. Ciri khas yang dimiliki kayu merbau yaitu berwarna coklat kemerahan, sehingga terlihat sangat cantik apabila diolah menjadi bahan bangunan rumah atau furniture.

Kayu meranti

Kayu meranti atau yang dikenal sebagai kayu bangkirai merupakan kayu yang cukup popular digunakan sebagai bahan kontruksi bangunan maupun furniture. Kayu ini cocok digunakan sebagai bahan outdoor furniture karena mempunyai struktur yang keras dan awet serta mudah untuk dibentuk. Selain itu, dengan menggunakan kayu meranti juga dapat memberikan tampilan furniture yang nyaris sempurna. Hal itu karena serat batang pada kayu meranti yang lurus dan berdiameter besar.

Kayu gaharu

Kayu gaharu merupakan kayu yang disebut-sebut sebagai kayu yang termahal di dunia. Tentunya sebutan ini bukan tanpa alasan, sebab memang kayu gaharu ini mempunyai kualitas yang tinggi dan memiliki ketahanan terahadap paparan cuaca. Sering kali kayu gaharu digunakan sebagai bahan outdoor furniture dan kontruksi rumah seperti kusen jendela dan pintu. Tetapi, furniture kayu gaharu tidak banyak diproduksi karena sumber dayanya yang memang terbatas.

Itulah beberapa jenis kayu yang cocok untuk outdoor furniturer. Semoga artikel yang telah saya tulis ini dapat bermanfaat untuk kamu.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar