--> Skip to main content

Tips Memilih Kost Di Jakarta Pusat

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - September 22, 2022

Sebagai ibukota Indonesia, tentunya orang-orang banyak yang mengadu nasib dengan merantau dan mencari pekerjaan di Jakarta. Tidak hanya para pencari kerja saja, banyak juga lulusan SMA yang merantau ke Jakarta untuk kuliah karena di sana banyak perguruan tinggi yang berkualitas. Sebagai seorang pendatang tentunya akan lebih mementingkan untuk mencari tempat tinggal terlebih dahulu. Misalnya kamu akan kuliah atau kerja di Jakarta Pusat tentunya akan mencari kost di Jakarta Pusat yang lokasinya tidak terlalu jauh dari kampus atau tempat kerjamu. Sebelum mencari kost, kamu harus tahu beberapa tips memilih kost di Jakarta Pusat agar bisa mendapatkan kost yang sesuai dengan harga yang terjangkau.

Tips Memilih Kost Di Jakarta

Cara Memilih Kost Di Jakarta Pusat

Biaya hidup yang tidak sedikit dengan lingkungan yang beragam membuat kita harus pintar dalam memilih kost. Oleh karena itulah, kamu pelu tahu tentang tips memilih kost di Jakarta Pusat.

Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu kamu ketahui.

1. Sesuaikan Budget

Usahakan memilih kost yang sesuai dengan budget. Apalagi bagi kamu yang jauh-jauh merantau dan berencana akan kost dalam jangka waktu yang lama. Buatlah rencana budget yang tidak hanya untuk membayar sewa kost bulanan saja, tetapi juga untuk kebutuhan sehari-hari.

2. Tentukan lokasi

Lokasi kost sangat mempengaruhi harga kost. Biasanya jika lokasi kost berada di dekat kampus atau perkantoran harga sewanya akan lebih mahal. Meskipun begitu, sebaiknya usahakan memilih kost yang jaraknya paling tidak antara 3-5 km dari kampus atau tempat kerja. Sesuaikan juga dengan budget yang kamu miliki dan akses bepergianmu.

Dalam hal ini sebenarnya terdapat 2 pilihan yang dapat kamu pertimbangkan. Memilih kost yang dekat kampus atau tempat kerja yang harga sewanya lebih mahal tetapi lebih hemat di ongkos, atau memilih kost yang harganya terjangkau tetapi butuh ongkos transport lebih ketika hendak ke kampus atau tempat kerja.

3. Perhatikan Fasilitas kost

Perhatikan fasilitas kost yang tersedia pada tempat kost yang akan kamu pilih, meskipun biaya sewa kostnya murah belum tentu fasilitasnya lengkap. Hal itu karena beberapa kost ada yang tidak menyediakan kamar mandi di dalam kamar sehingga kamu tidak bebas dan harus bergantian menggunakan kamar mandi dengan sesama teman kost. Perhatikan pula fasilitas yang ada di kamar, misalnya lemari, TV, meja, kursi hingga ukuran kasur yang disediakan. Pastikan kamu nyaman jika tinggal di kost yang akan kamu pilih.

4. Perhatikan kebersihan kost

Hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah masalah kebersihan. Perhatikan apakah gedung dan fasilitas kost bersih dan terawat dengan baik. Amati juga kebersihan mulai dari kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang bersama, sirkulasi udara hingga kualitas airnya. Perlu diingat, bahwa tempat kost yang bersih tidak hanya membuat nyaman ditempati, tetapi juga dapat mendukung kesehatan penghuninya.

5. Perhatikan lingkungan sekitar kost

Seperti yang telah diketahui bahwa Jakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang rawat terkena banjir. Tidak hanya itu saja, kota Jakarta juga tidak luput dari berbagai tindak kejahatan yang bisa bikin was-was. Maka dari itulah sangat penting untuk mengamati lingkungan sekitar kost sebelum menentukan pilihan kost. Apakah lokasi kost yang akan kamu pilih rawan terkena banjir? Bagaimana tingkat keamanan dan kebersihan lingkungan yang ada sekitar kost? Hal-hal tersebut anda perlu perhatikan dengan baik.

Nah, bagi anda yang masih bingung dalam memilih tempat kost, kamu bisa memilih rekomendasi kost dari Cove di Jakarta Pusat. Tentunya beberapa pilihan kost dari cove ini sesuai dengan tips-tips yang telah disebutkan di atas yaitu lokasinya strategis, fasilitasnya cukup lengkap, bersih, aman dan nyaman dan harganya terjangkau. Jadi sangat cocok untuk dijadikan sebagai pilihan untuk kost selama kamu berada di Jakarta Pusat.

Adapun beberapa pilihan kost dari Cove diantaranya adalah:

Cove Kosku

Jl. Kb. Jahe II No. 24, RT 6/ RW 2, Petojo Sel, Kec. Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta (10160).

Berada di lokasi yang strategis dan menawarkan berbagai fasilitas dengan akses yang mudah menjadikan hunian Cove Monas ini menjadi pilihan yang tepat di Jakarta Pusat. Kamu bisa merasakan pengalaman yang seru tinggal di hunian yang baru jadi ini. Adapun fasilitas yang tersedia diantaranya adalah: dapur, ruang makan, lobi, laundry, dispensers, wifi, dan security.

Cove Proklamasi

Jl. Proklamasi No. 68, RT 2/ RW 5, Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta (10320).

Cove Proklamasi merupakan kost yang berkelas dengan lokasi yang strategis ditunjang dengan berbagai infrastruktur yang lengkap dengan akses yang mudah ke kawasan bisnis. Tersedia halaman parkir, lobby, dapur bersama, ruang makan, kolam renang, laundry, dispensers, wifi, dan security yang menjadikan tempat ini cocok untuk dijadikan pilihan untuk kost.

Cove Central

Jl. Salemba Tengah II No.7a, RT 5/ RW 8, Paseban, Kecamatan Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta (10440).

Kost ini tempatnya modern dan minimalis. Desain bangunannya yang trendy dengan dilengkapi tanaman hijau yang indah menghadirkan suasana ketenangan dan kenyamanan. Kost eksklusif ini mempunyai fasilitas yang lengkap, mulai dari dapur, ruang makan, lobi, lift, ruang bersama, area umum, dispensers, wifi, dan security hingga rooftop area.

Cove Laguna

Jl. Bendungan Hilir Gg. Koplo Banjir 134, RT 12/RW 6, Bendungan Hilir, Kec. Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta (10210).

Tempat kost ini hadir dengan nuansa minimalis dan fasilitas bersama yang lengkap, kost ini cocok untuk ditempati siapapun yang ingin tinggal di tengah kota dengan rasa nyaman dan aman. Adapun fasilitas yang tersedia diantaranya adalah: dapur, ruang makan, lobi, ruang bersama, laundry, dispensers, wifi dan security.

Demikian penjelasan yang dapat saya tulis tentang beberapa tips memilih kost di Jakarta Pusat. Semoga penjelasan yang telah saya tulis di atas dapat memberikan manfaat bagi kamu, khususnya bagi kamu yang saat ini sedang mencari kost di Jakarta Pusat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar