--> Skip to main content

Manfaat Company Profile dan Cara Pembuatannya

Company profile merupakan informasi umum yang secara menyeluruh menjelaskan tentang sebuah perusahaan. Company profile erat kaitannya dengan kerangka dasar sebuah perusahaan dalam menjalankan suatu proses bisnis. Karena itulah, company profile harus mencakup identitas diri perusahaan seperti sejarah perusahaan, visi dan misi perusahaan, tagline perusahaan, produk dan jasa yang ditawarkan perusahaan dan lain-lain. Company profile memiliki beberapa jenis diantaranya yaitu dapat berupa desain visual dalam bentuk pdf atau ppt, video, hingga website.

Manfaat Company Profile dan Cara Pembuatannya

Company profile ini sangat penting untuk dimiliki oleh sebuah perusahaan. Akan tetapi, sayangnya masih banyak perusahaan yang sudah berdiri lama tetapi masih belum mempunyai company profile. Dengan dibuatnya company profile pada sebuah perusahaan, maka bisa memudahkan dalam menjelaskan gambaran umum tentang perusahaan.

Manfaat Company Profile

Terdapat beberapa manfaat yang akan di dapatkan jika sebuah perusahaan mempunyai company profile. Adapun beberapa manfaat tersebut diantaranya yaitu:

  • Bisa merepresentasikan identitas tentang sebuah perusahaan dengan jelas.
  • Bisa meningkatkan kredibilitas dan profesionalisme sebuah perusahaan.
  • Bisa dijadikan sebagai media komunikasi yang baik untuk sebuah perusahaan kepada semua pihak yang memang membutuhkannya.
  • Bisa menjadi media untuk branding, publikasi dan tool marketing.

Dikarenakan company profile ini keberadaaanya sangat penting, maka untuk membuatnya harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Bahkan, jika memang perlu pembuatannya bisa dipercayakan pada Jasa desain company profile supaya hasil pembuatannya bisa lebih maksimal.

Cara Membuat Company Profile

Untuk membuat sebuah company profile, sebenarnya tidak ada ketetapan standar yang baku. Hal itu karena pembuatan company profile tergantung dari tujuan dan kebutuhan masing-masing dari perusahaan yang hendak membuatnya. Tetapi, supaya profil perusahaan yang dibuat bisa mewakili dan mengenalkan identitasnya dengan baik, maka membuat company profil yang bagus bisa lebih menarik perhatian orang. Misalnya orang akan tertarik untuk mengetahui apa isi dari company profile tersebut. Untuk itu di sini saya tuliskan tentang cara membuat company profile yang baik dan profesional yang dapat kamu jadikan sebagai acuan dalam membuat company profile.

1. Buat company profile yang singkat, jelas dan padat

Pada saat akan membuat company profile, posisikan diri kamu sebagai pembaca company profile tersebut. Seorang biasanya akan merasa jenuh apabila melihat sebuah company profile perusahaan dengan tulisan yang banyak. Oleh karena itu, solusi dalam membuat company profile adalah materinya dipersingkat dan diperjelas. Jadi, buatlah company profile dengan isi yang singkat, namun jelas dan padat. Pilih saja poin-poin yang memang dianggap penting untuk disajikan dalam company profile.

2. Data yang dimasukkan harus akurat dan terupdate

Dengan berjalannya waktu, setiap perusaahaan tentu akan mengalami berbagai perubahan. Sebagai contoh perubahan tentang portofolio perusahaan, struktur organisasi, kegiatan operasional, laporan keuangan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, supaya company profile bisa menarik perhatian pembaca, maka sebaiknya selalu update sesuai dengan kondisi dan perkembangan yang terjadi pada perusahaan.

3. Buat company profile seexclusive dan sekreatif mungkin

Hal yang perlu diingat pada company profile adalah tampilannya secara visual. Oleh karena itu, dalam membuat company profile sebaiknya didesain seexclusive dan sekreatif mungkin. Dengan demikian, pembaca bisa lebih tertarik dan takjub ketika baru saja melihat desain company profile, hingga akhirnya penasaran untuk membaca isinya.

Selain desain, pemilihan penggunaan bahasa juga perlu diperhatikan dengan baik. Sebaiknya gunakanlah bahasa yang verbal dan visual. Dengan begitu pembaca akan lebih mudah memahami isinya sehingga bisa membangkitkan perhatian, minat dan tentunya kesan yang positif.

Apabila kamu tidak ingin repot-repot memikirkan pembuatan company profile yang baik dan profesional, maka dalam pembuatan company profile kamu bisa menyerahkannya pada ahlinya yaitu berdikari media. Berdikari media dapat melayani pembuatan company profile sesuai dengan kebutuhan dan tujuanmu. Dengan company profile yang dibuat oleh ahlinya yaitu berdikari media, maka hasil yang didapatkan bisa lebih maksimal.

Terbaru
Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar