--> Skip to main content

Tips Mudah Mengajukan Kredit Mobil yang Minim Risiko Keuangan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - August 03, 2022

Memiliki mobil baru tidak hanya dianggap sebagai sebuah investasi, namun sudah menjadi impian banyak orang dalam daftar resolusi akhir tahunnya. Apalagi pada tahun 2022 saat ini, sudah tersedia sederet daftar mobil baru dengan tampilan yang lebih trendy dan nyaman untuk berkendara.

Tips Mudah Mengajukan Kredit Mobil yang Minim Risiko Keuangan

Bagi Anda yang ingin sekali memiliki mobil baru namun budget terbatas, tidak ada salahnya untuk mengajukan kredit sesuai dengan kondisi finansial. Sekarang ini sudah banyak sekali platform penjual mobil baru berkualitas yang menyediakan layanan kredit mobil minim risiko. Tertarik untuk kredit mobil?

Tips Mengajukan Kredit Mobil Minim Risiko Keuangan

Agar resolusi akhir tahun memiliki mobil baru bisa berjalan lancar, maka ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kredit mobil yang minim risiko keuangan. Dengan kredit mobil yang sifatnya aman, maka pembeli bisa mengatur keuangan dengan baik tiap bulannya.

• Memahami Secara Dalam Tentang Besaran DP atau Uang Muka

Untuk mendapatkan kredit mobil baru yang minim risiko, maka Anda perlu memahami besaran uang muka, total cicilan, tenor, dan masalah lainnya tentang kredit mobil. Pahami terkait besaran bunga serta DP yang nantinya bisa mempengaruhi tenor pinjaman serta nilai cicilan mobil.

Tidak hanya memperhatikan masalah DP atau bunga cicilan, calon pembeli mobil juga perlu mempertimbangkan dan mempersiapkan biaya lain. Biaya yang biasanya dibutuhkan dalam kredit mobil seperti administrasi, provisi, dan pendanaan lainnya.

• Memahami Kemampuan Membayar Data Kredit Mobil

Langkah kedua mendapatkan kredit mobil yang minim risiko keuangan yaitu mengecek kemampuan untuk membayar data kredit historis. Oleh sebab itu, sebelum pengajuan kredit sebaiknya Anda memastikan tentang kemampuan finansial saat kredit berjalan kedepannya.

Jangan lupa untuk melakukan pengecekan mengenai data kredit sudah terupdate atau belum terhadap kondisi saat ini misalnya terkait status kredit, pekerjaan, dan domisili. Perlu Anda ketahui, ketidakakuratan data akan menyebabkan proses pengajuan kredit menjadi terhambat.

• Memahami Prinsip 5C

Selain harus memperhatikan kredit score aman, Anda juga perlu memahami prinsip 5C yang terdiri atas Character, Capasity, Capital, Condition, dan Collateral. Prinsip 5C biasanya digunakan untuk melakukan analisa kredit oleh para lembaga jasa keuangan.

  1. Character artinya debitur memiliki kepribadian baik dalam menyelesaikan pembayaran.
  2. Capacity artinya kemampuan dalam melakukan pengelolaan keuangan.
  3. Capital artinya nilai aset calon debitur.
  4. Collateral berkaitan dengan nilai agunan sebagai pengukur pengajuan kredit mobil baru.
  5. Condition artinya faktor eksternal yang mempengaruhi seperti kondisi ekonomi, usia, dan faktor lainnya.

• Merancang Skema Keuangan Dengan Baik

Ketika Anda memutuskan untuk mengajukan kredit mobil, maka secara otomatis pengelolaan keuangan tiap bulannya akan berubah. Oleh sebab itu, calon debitur perlu merancang skema keuangan untuk menyesuaikan kondisi pengeluaran yang akan berjalan kedepannya.

Buatlah semacam rencana keuangan yang sesuai dengan kondisi finansial saat ini. Tujuannya agar Anda bisa melalui proses pembayaran kredit mobil lebih terencana dan lunas pada tenor yang sudah disepakati sebelumnya. Sudahkah menyiapkan rencana keuangan tiap bulannya?

Pengelolaan keuangan yang teratur akan membuat Anda tidak mudah merasa kebingungan saat ada kebutuhan yang sifatnya mendadak. Jadi pertimbangkan dengan baik biaya untuk pembayaran kredit dan untuk biaya kebutuhan mendesak lainnya.

Dalam kredit mobil baru, Anda tentunya membutuhkan platform beli mobil yang memberikan banyak kemudahan. SEVA merupakan platform beli mobil online yang dibekali dengan fitur instant approval sehingga akan memudahkan konsumen dalam membeli mobil berdasarkan kekuatan finansialnya.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar