--> Skip to main content

Tips Memilih Hosting Untuk Website

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - July 25, 2022

Website merupakan sekumpulan halaman yang berisi informasi tertentu dan bisa diakses dengan mudah melalui jaringan internet. Dalam membuat sebuah website selain memerlukan domain sebagai alamat website, juga memerlukan yang sebuah hosting. Hosting merupakan tempat yang digunakan untuk menyimpan semua file dan data website. Tanpa adanya hosting maka sebuah website tidak akan bisa dibuat. Itulah alasan mengapa hosting ini sangat penting dalam pembuatan website. Sehingga untuk membuat sebuah website kamu perlu untuk berlangganan hosting bulanan di penyedia hosting, misalnya di Cloudhebat.

Tips Memilih Hosting Untuk Website

Hosting jika diibaratkan itu ibarat sebuah lahan yang akan kamu bangun sebuah rumah. Apabila kamu akan membangun rumah yang besar, maka kamu juga perlu sebuah lahan yang besar. Begitu juga dengan membangun sebuah website, jika kamu ingin membangun sebuah website yang memiliki performa dan kapasitas yang tinggi, tentunya kamu perlu sebuah hosting yang memiliki sumber daya yang besar.

Sebelum memilih layanan hosting yang akan kamu gunakan untuk membuat website, sebaiknya perhatikan dulu kebutuhan kamu. Setelah kamu memahami kebutuhanmu, mulailah untuk mencari informasi seputar web hosting. Kamu bisa memulai pencariannya di search engine. Langkah ini memang sangat mudah, tetapi karena banyaknya layanan hosting tertentu maka dapat membuat kamu menjadi sedikit bingung. Oleh karena itu, silahkan simak beberapa tips memilih hosting untuk website kamu agar bisa lebih optimal.

Tips Memilih Hosting Untuk Website

Berikut ini adalah beberapa tips memilih layanan hosting untuk membuat website yang perlu kamu perhatikan:

1. Cek Kualitas Performa Server

Sebelum memilih layanan hosting, hal pertama yang harus diperhatikan yaitu cek kualitas server. Ada beberapa parameter yang bisa dijadikan sebagai tolak ukur salah satunya yaitu lokasi server. Pilihlah lokasi server sesuai dengan negara target visitor website yang akan kamu buat. Misalnya jika target visitor websitemu adalah orang Indonesia, maka pilihlah server yang berada di Indonesia. Selain itu kamu juga perlu memperhatikan spesifikasinya seperti teknologi server, kecepatan prosesor dan network, kapasitas RAM dan hardisknya. Untuk mengecek spesifikasi layanan, kamu bisa mengeceknya di website milik penyedia layanan hosting atau bisa juga menanyakan langsung pada customer supportnya.

2. Pastikan Memiliki Customer Support 24 Jam

Layanan hosting yang berkualitas juga dapat dilihat dari layanan customer supportnya yang siap untuk melayani pelanggannya dalam 24 jam. Namun, hanya siap saja itu tidak cukup, customer support yang baik itu harus bisa membantu dalam menyelesaikan masalah yang di hadapi pelanggannya dengan baik dan tepat. Selain itu tingkat keramahan, sopan santun juga sangat penting dalam sebuah layanan. Layanan hosting yang baik juga harus bisa memperhatikan pelanggannya dengan menyediakan sarana komunikasi seperti lewat live chat, email, tiket bantuan hingga telepon.

3. Cek Harga Paketnya

Pastikan kamu mengecek terlebih dahulu harga paket layanan hosting yang akan kamu pilih. Harga yang kamu bayar haruslah sesuai dengan paket hosting yang kamu gunakan. Kamu bisa membandingkan harga jenis paket hosting secara spesifik dari setiap layanan hosting. Pastikan kamu memilih hosting murah namun memiliki layanan yang bagus. Jangan sampai kamu memilih hosting dengan harga yang murah namun kualitasnya kurang baik. Selain itu dalam memilih hosting sesuaikan juga dengan budget yang kamu miliki.

4. Perhatikan Penawaran Fitur Tambahan

Biasanya terdapat fitur utama dan fitur tambahan yang ditawarkan pihak penyedia layanan hosting. Pastikan hosting yang kamu pilih memiliki fitur tambahan seperti fitur proteksi dan keamanan. Sebagai contoh fitur SpamExpert dan fitur SpamAssassin Protection yang bermanfaat untuk mengatasi masalah spam website. Selain itu jika pihak layanan hosting memiliki banyak fitur, pastikan kamu memilih fitur tambahan yang sesuai dengan yang kamu butuhkan.

5. Cek kebijakan Garansi

Pastikan perusahaan penyedia layanan hosting yang kamu pilih menyediakan fasilitas garansi uang kembali. Biasanya fasilitas garansi yang diberikan terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. Pastikan kamu mengetahui besarnya nominal yang didapatkan. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan bagaimana sistem pengembaliannya dan berapa lama waktunya. Apabila keterangan tersebut kurang jelas, kamu bisa menanyakan kepada customer supportnya.

6. Cek Review Pelanggan

Cek review dari para pelanggan layanan hosting yang berlangganan hosting di tempat penyedia layanan hosting yang akan kamu pilih. Untuk mengecek reviewnya, kamu bisa menelusuri blog, forum atau bertanya kepada teman yang juga berlangganan. Pastikan kamu mengecek pada ulasan forum atau blog yang terpercaya.

Itulah beberapa tips memilih hosting untuk website, semoga penjelasan yang sudah saya tulis di atas dapat bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar