--> Skip to main content

Macam-macam Buah Penurun Kolesterol

Kolesterol tinggi merupakan suatu kondisi yang tidak boleh dianggap sepele. Kondisi ini dapat terjadi karena adanya peningkatan kadar kolesterol di dalam darah yang dapat menjadi tanda bahaya dan bisa berisiko memicu berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga kadar kolesterol agar bisa tetap selalu stabil.

Macam-macam Buah Penurun Kolesterol

Seseorang dapat dinyatakan memiliki kolesterol tinggi apabila hasil pemeriksaan darahnya menunjukan angka lebih dari 240 mg/dL. Untuk orang dewasa, normalnya kadar kolesterol adalah kurang dari 200 mg/dL. Ketika seseorang memiliki kadar kolesterol yang terlalu tinggi, maka risiko berbagai risiko penyakit kardiovaskular dapat meningkat. Jika kondisi ini terjadi maka dapat memicu penyakit, seperti akumulasi kolesterol, aterosklerosis, dan juga plak yang berbahaya di bagian dinding arteri.

Macam Macam Buah Penurun Kolesterol

Untuk menurunkan kadar kolesterol ada banyak cara yang dapat dilakukan, salah satunya yaitu dengan mengatur pola makan. Seseorang yang mengalami kolesterol tinggi disarankan mengonsumsi jenis-jenis makanan tertentu, termasuk mengkonsumsi buah-buahan. Buah-buahan kaya akan kandungan serat yang dapat larut dalam air. Serat yang terdapat di dalam buah inilah yang dapat mengikat asam empedu sehingga dapat menurunkan penyerapan lemak dan juga kolesterol di dalam darah.

Tubuh manusia sebenarnya memerlukan kolesterol untuk membantu pembentukan sel-sel sehat. Akan tetapi, kadar kolesterol yang terlalu tinggi justru dapat memicu terbentuknya plak, sehingga menyebabkan terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah. Kondisi seperti inilah yang berbahaya karena dapat meningkatkan risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan stroke. Sebenarnya jika mengalami kolesterol tinggi bisa dikendalikan dengan cara mengkonsumsi buah-buahan tertentu.

Macam-macam buah penurun kolesterol yang perlu anda ketahui diantaranya adalah pisang, jambu biji, jeruk, tomat, apel, alpukat dan kiwi. Untuk penjelasan tentang kandungan mengapa buah tersebut dapat menurunkan kolesterol, penjelasannya adalah sebagai berikut ini:

1. Buah pisang

Mengkonsumsi buah pisang dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal tersebut dapat terjadi karena pada buah pisang terdapat kandungan zat inulin (jenis serat larut) yang dapat membantu menurunkan kolesterol yang berasal dari mengkonsumsi makanan tertentu. Dengan cara sering mengkonsumsi buah pisang, maka kadar kolesterol yang ada dalam darah dapat dikendalikan.

2. Buah jambu biji

Selain memiliki kandungan vitamin C, buah jambu juga memiliki kandungan antioksidan, kalium dan serat larut airnya yang tinggi. Kandungan serat larut air inilah yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

3. Buah jeruk

Vitamin C bukanlah satu-satunya kandungan yang terdapat dalam buah jeruk. Selain memiliki vitamin dan mineral, jeruk juga kaya akan serat larut air yang dapat membantu mengikat kolesterol. Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah jeruk juga baik untuk mencegah penumpukan kolesterol jahat. Selain itu risiko penyakit kardiovaskular juga dapat ditekan jika sering mengkonsumsi jeruk.

4. Buah tomat

Dapat dikatakan bahwa buah tomat merupakan salah satu sumber likopen terbaik. Likopen merupakan senyawa yang sangat efektif menurunkan kolesterol jahat yang ada dalam tubuh. Selain itu, buah tomat juga dapat meningkatkan kemampuan tubuh supaya bisa lebih kebal dari proses oksidasi.

5. Buah apel

Untuk membantu menurunkan kadar kolesterol, anda juga bisa mengkonssumsi buah apel. Buah apel memiliki kandungan pektin yang cukup tinggi, yakni kandungan nutrisi yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Pektin dapat menyerap lemak dan kolesterol jahat yang terdapat di dalam usus halus, lalu membawanya keluar dari tubuh bersama feses.

6. Buah alpukat

Buah alpukat kaya akan kandungan lemak tak jenuh tunggal yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung. Buah alpukat juga kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan senyawa yang dapat menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Jadi jika anda rutin mengkonsumsi buah alpukat maka kolesterol jahat dalam tubuh dapat menurun.

7. Buah Kiwi

Buah kiwi merupakan buah yang mengandung serat larut air yang baik untuk tubuh. Kandungan tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Anda dapat mengkonsumsi buah kiwi setiap hari. Dengan mengkonsumsi buah kiwi secara rutin, maka kadar kolesterol bisa lebih terkontrol.

Demikian penjelasan yang dapat saya sampaikan tentang macam-macam buah penurun kolesterol. Semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar