--> Skip to main content

Cara Untuk Menghilangkan Kutu Kucing Di Rumah

Sudah sejak dari dahulu kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang sangat menggemaskan. Namun, apa jadinya jika kucing kesayanganmu terkena kutu, tentunya ini akan menjadi hal cukup membahayakan bahkan dapat berdampak buruk bagi manusia. Kutu pada kucing tersebut dapat menyebar keseluruh rumah sehingga dapat membuat rumah menjadi tidak higienis dan dapat mengganggu kesehatan penghuninya.

Cara Untuk Menghilangkan Kutu Kucing Di Rumah

Cara untuk menghilangkan kutu kucing di rumah sebenarnya bukanlah hal yang mustahil, yang terpenting adalah anda harus telaten dalam menangani kutu tersebut agar tidak kembali. Nah, pada kesempatan ini saya akan berbagi beberapa cara yang dapat kamu lakukan di rumah untuk menghilangkan kutu kucing.

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Dalam Rumah

Untuk menghilangkan kutu kucing di rumah, kamu perlu melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Obati kucing terlebih dahulu

Cara membasmi kutu kucing di rumah bisa diawali dengan mengobati kucing yang bersangkutan. Kamu dapat mencoba menggunakan sabun khusus atau sampo pembasmi kutu yang dijual di toko-toko obat atau toko hewan peliharaan. Sebelum menggunakannya pastikan kamu telah membaca petunjuk penggunaan yang tercantum dalam kemasan dengan teliti. Apabila cara ini masih tidak mempan dalam membasmi kutu kucing, cobalah kamu berkonsultasi ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

2. Basmi kutu kucing di rumah dan kebun

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mengusir kutu kucing adalah dengan menyemprot menggunakan obat kutu kucing. Biasanya di rumah, kutu kucing suka bersembunyi di lipatan-lipatan sofa, di karpet yang berdebu, di kolong perabotan, di tempat tidur jika kucingmu tidur bersamamu dan di tempat-tempat lainnya. Semprotlah tempat-tempat tersebut.

Jika kamu mempunyai kebun dan balkon dengan tumbuhan, maka sebaiknya semprot bagian tersebut menggunakan obat semprot khusus tanaman.

Selain itu, kamu bisa juga menggunakan jasa pembasmi hama profesional untuk melakukan penyemprotan di rumah dan kebun kamu secara aman.

Pada saat dilakukan penyemprotan rumah dan kebun, pastikan kamu telah melindungi bahan makanan dan sumber air bersih. Sebaiknya anak-anak dan hewan peliharaan diungsikan terlebih dahulu hingga udara di rumah normal kembali.

3. Bersihkan rumah untuk menghilangkan kutu kucing

Membersihkan rumah bisa menjadi sebuah cara untuk memotong siklus hidup kutu, bukan hanya kutu yang kelihatan saja tetapi juga pada fase telur dan larva.

  • Cucilah tempat tidur kucing menggunakan air panas. Apabila kain yang digunakan sebagai tempat tidurnya bisa dicuci menggunakan mesin cuci, sebaiknya cuci secara terpisah dari pakaian kamu dan gunakanlah suhu terpanas sesuai dengan anjuran pada label perawatannya.
  • Cuci juga mainan-mainan hewan peliharaan menggunakan air panas.
  • Sedotlah debu yang terdapat pada karpet, sofa dan gorden. Apabila perlu, kamu juga bisa membawa karpet dan gorden ke tukang cuci karpet dan gorden yang profesional.
  • Sebaiknya buanglah kantung mesin pengisap debu setelah selesai, karena kutu sangat suka bersembunyi dan bertelur di dalamnya.
  • Sapulah dan pel rumah menggunakan cairan pembersih lantai untuk menghilangkan telur-telur kutu. Apabila lantai rumahmu berbahan kayu, sebaiknya gunakan alat penghisap debu agar lebih efektif dalam menghilangkan kutu-kutu maupun telur kutu yang sembunyi di sela-sela kecil.
  • Seluruh permukaan yang ada di dalam rumah sebaiknya kamu lap menggunakan semprotan pembersih.

4. Pastikan kutu tidak akan datang kembali

Setelah melakukan cara membasmi kutu kucing di ruangan rumah dan sekitarnya, selanjutnya kamu harus memastikan bahwa kutu kucing tersebut tidak datang kembali. Caranya bisa dengan menjaga kesehatan dan kebersihan kucing dengan baik.

Kutu itu merupakan parasit yang dapat menyerang kucing yang mempunyai kekebalan tubuh yang rendah, untuk itu kamu perlu menjaga kesehatan kucing. Selain itu mandikanlah kucing peliharaanmu seminggu sekali atau saat terlihat kotor agar bulunya bersih dan tidak bau.

Hal penting lainnya yang harus kamu lakukan yaitu selalu menjaga kebersihan rumah untuk membasmi telur-telur dan larva kutu yang mungkin saja tertinggal sebelum sempat menghinggapi kucing peliharaanmu.

  • Sering-seringlah membersihkan tempat tidur dan mainan-mainan kucing karena kutu biasanya suka bersembunyi pada benda-benda yang sering disentuh oleh kucing peliharaan.
  • Sering mengepel lantai dan mengelap permukaan-permukaan di rumah untuk membasmi telur maupun larva kutu.
  • Jagalah kesehatan dan kebersihan kucing peliharaanmu agar tidak mudah terinfeksi oleh kuman penyakit maupun parasit.

Demikian penjelasan yang dapat saya sampaikan tentang cara untuk menghilangkan kutu kucing di rumah, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar