--> Skip to main content

Apa itu Programmatic Ads dan Bagaimana Cara Kerjanya

Semakin berkembangnya teknologi tentunya akan memicu berbagai inovasi yang bisa mendukung pertumbuhan sebuah bisnis, termasuk dalam sektor digital advertising. Dimana saat ini digital advertising telah hadir dengan berbagai tren salah satunya yaitu programmatic ads. Nah, apa itu programmatic ads? Dan bagaimana cara kerjanya? Berikut ini adalah penjelasannya.

Cara Kerja Programmatic Ads

Apa itu Programmatic Ads?

Programmatic Ads adalah digital advertising (iklan digital) yang secara terprogram memanfaatkan kecanggihan artificial intelligence (AI) untuk dapat menyasar ke target pasar yang lebih spesifik. Programmatic ads merupakan sebuah proses otomatis untuk membeli maupun menjual inventaris iklan melalui bursa (ad exchange) yang dapat menghubungkan antara pengiklan dengan penerbit. Pada dasarnya proses ini dalam melakukan proses jual-beli iklan dengan real-time bidding itu menggunakan sebuah mesin dan algoritma.

Jadi, melalui platform Programmatic ads ini, maka dapat memudahkan bagi para pengiklan untuk menjangkau konsumen yang lebih luas dengan cara membeli ruang iklan di berbagai publisher secara otomatis. Bagi para pengiklan dan publisher Programmatic ads ini dapat memberikan tingkat efisiensi yang tinggi tanpa menggunakan cara konvensional.

Dengan berbagai kemudahan dan manfaat yang ditawarkan, maka wajar jika programmatic ads kini dapat menjadi salah satu senjata yang atraktif bagi para pengiklan di era digital. Saat ini, tren pertumbuhan programmatic ads pun masih meningkat secara konstan.

Cara Kerja Programmatic Ads

Cara Kerja Programmatic Ads ini pun terbilang mudah dan tidak terlalu memakan banyak waktu. Sebagai pengiklan anda bisa menentukan format iklan yang sesuai dengan produk atau layanan yang akan anda pasarkan. Adapun format programmatic ads itu ada beragam diantaranya yaitu banner boat, form ads, hingga influencer ads. Format tersebut dapat anda kreasikan sesuai keinginan anda supaya lebih menarik minat para audiens.

Dengan kata lain, programmatic ads ini dapat membantu Anda dalam mengembangkan strategi digital advertising yang menarik menurut kebutuhan. Menariknya lagi, untuk melakukan negosiasi harga anda tidak perlu menelepon publisher. Karena, kebutuhan iklan anda dapat anda sesuaikan dengan anggaran yang tersedia.

Itulah yang membuat programmatic ads ini dapat memberikan hasil yang lebih maksimal dengan pengeluaran yang lebih efisien. Selain itu, programmatic ads juga memberi kesempatan kepada anda untuk mendapatkan transparansi, kendali, laporan secara terperinci dan real time. Melalui data-data tersebut, anda dapat menyesuaikan kampanye iklan berdasarkan dari situasi yang sedang dihadapi.

Dilihat dari cara kerjanya, semua transaksi yang dilakukan antara pengiklan dengan publisher dilakukan menggunakan program atau aplikasi tertentu. Adanya program atau aplikasi tersebut akan memberikan kemudahan dalam pemasangan iklan dan transaksi iklan secara otomatis. Jadi, semua rangkaian transaksi akan dilakukan secara otomatis sehingga akan menghilangkan kontak secara langsung antara buyer dengan publisher yang sebelumnya diterapkan pada proses transaksi iklan yang dilakukan secara konvensional

Pada saat anda menggunakan programmatic ads, Anda akan diberikan pilihan untuk penayangan iklan di berbagai space yang tersedia. Iklan tersebut dapat berupa format iklan banner, GIF, video dan lain sebagainya. Nantinya, format iklan yang dipilih akan ditampilkan pada target pasar yang terdapat di dalam database anda. Dengan seperti itu, maka iklan anda akan mampu menyasar kepada audiens yang tepat sehingga iklan akan meningkatkan awareness, trafik, hingga penjualan.

Itulah penjelasan tentang apa itu programmatic ads dan bagaimana cara kerjanya, semoga penjelasan yang telah saya tulis dalam postingan ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar