--> Skip to main content

Perbandingan Popok Celana dan Popok Perekat

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - August 17, 2021

Teknologi popok sekali pakai saat ini telah banyak ditemukan, salah satunya adalah tipe popok perekat dan popok celana. Merk popok bayi terbaik biasanya sudah memiliki kedua tipe ini. Lalu bagaimana kita harus memilih tipe popok untuk anak? Apakah popok perekat atau popok celana? Manakah tipe popok bayi paling bagus digunakan untuk anak Anda. Berikut ini perbedaan, kelebihan, dan kekurangan kedua tipe popok tersebut.

Perbandingan Popok Celana dan Popok Perekat

Popok Perekat

Popok perekat menggunakan tape yang ditempel pada tubuh bayi. Biasanya Popok perekat diperuntukkan untuk new born baby, yaitu bayi antara umur 0-4 bulan saat mereka belum terlalu aktif atau lincah bergerak.

Kelebihan:

  • Popok perekat dapat menyesuaikan bentuk tubuh bayi, sehingga cocok untuk bayi yang baru lahir sebab tubuhnya masih relative kecil.
  • Bila ingin mengecek apakah popok sudah kotor atau belum, perekat tinggal dibuka. Jika popok masih bersih, dapat direkat kembali.
  • Dilihat dari segi harga relatif lebih hemat dari pada tipe celana.

Kekurangan:

  • Sulit untuk dipakaikan ke anak yang sudah mulai aktif dan lincah.
  • Apabila Anda membuka tape untuk melakukan pengecekan popok, maka perekat akan menjadi kurang lengket sehingga akan sulit ditempelkan kembali. Biasanya ini terjadi pada popok perekat yang kelas non-premium (ekonomis).

Popok Celana

Popok celana adalah inovasi popok bayi terbaru. Modelnya seperti celana dalam, dan biasanya dipakaikan pada bayi yang mulai aktif > 6 bulan atau batita. Terkadang menjadi pilihan orang tua apabila ukuran popok perekat mulai kekecilan, namun naik ukuran masih kebesaran. Akhirnya dipilihlah popok celana dengan ukuran yang sama.

Kelebihan:

  • Lebih praktis digunakan pada bayi yang mulai lincah dan suka kabur saat dipakaikan popok.
  • Ukuran fit ke pinggang bayi sehingga tidak mudah copot apabila bayi mulai berlari dan berloncatan.

Kekurangan:

  • Membuat bayi tampak gemuk. Apalagi jika menggunakan rok atau celana pendek, tubuh bayi jadi tampak chubby dan bagian samping popok dapat terlihat.
  • Dilihat dari segi harga relatif lebih mahal dibandingkan tipe perekat.
  • Jika Anda sudah merobek pada bagian pinggiran untuk melakukan pengecekan popok, maka popok sudah tidak bisa digunakan kembali.

Pilihlah tipe popok yang memang sesuai dengan perkembangan anak. Anda dapat memilih popok Merries yang menyediakan baik popok perekat maupun popok celana. Popok Merries ini memiliki 3 lapisan bersirkulasi sehingga akan nyaman untuk anak. Daya serap yang tinggi dan permukaan yang lembut akan membuatnya selalu nyaman beraktifitas sepanjang hari.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar