--> Skip to main content

Cara Memanjangkan Rambut Dengan Cepat

Memanjangkan rambut memang tidak secepat menumbuhkan kuku, meskipun pada kenyataannya rambut kita selalu tumbuh. Kecepatan pertumbuhan rambut setiap orang itu berbeda-beda, hal ini karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan rambut. Beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan rambut diantaranya adalah faktor genetik, ras, perawatan rambut, dan kemampuan rambut dalam mempertahankan pertumbuhannya. Nah, agar anda tahu cara memanjangkan rambut sesuai dengan kondisi yang sedang anda alami, maka anda juga perlu tahu fase pertumbuhan rambut.

Memanjangkan rambut

Fase Pertumbuhan Rambut

Setidaknya terdapat 3 fase pertumbuhan rambut dengan siklus berulang, diantaranya yaitu:

1. Fase Anagen

Fase anagen adalah fase pertumbuhan rambut ketika rambut tumbuh secara aktif, cepat panjang dan sehat. Rambut lama didorong oleh folikel aktif dan memproduksi materi yang menjadi pembentuk rambut baru sehingga rambut menjadi lebih cepat tumbuh. Setiap helai rambut dapat mencapai umur antara 2 sampai 5 tahun sebelum pada akhirnya akan mengalami rontok secara alamiah.

2. Fase Katagen

Fase katagen adalah fase pertumbuhan transisi. Pada fase ini, rambut akan berhenti tumbuh dan sel-sel rambut akan berhenti membelah. Pada proses ini biasanya ditandai dengan penyusutan bagian akar rambut. Fase ini akan berlangsung selama 4 sampai 6 minggu.

3. Fase Telogen

Fase telogen adalah fase dimana rambut akan beristirahat selama 2 sampai 3 bulah. Pada fase ini, rambut akan berhenti tumbuh yang kemudian akan didorong rambut-rambut baru. Itulah yang dinamakan kerontokan alami.

Fase anagen berikutnya akan dimulai ketika rambut baru tumbuh pada folikel yang sama. Jadi selama fase anagen, maksimalkan perawatan rambut dengan baik dan lakukanlah kebiasaan baik yang bisa mengaktifkan folikel untuk semakin tumbuh cepat.

Cara Memanjangkan Rambut Dengan Cepat Dan Mudah

Untuk dapat tumbuh sepanjang 6 inci, rambut membutuhkan waktu sekitar 2 tahun. Selama dalam proses menunggu anda harus berusaha keras menjaga rambut dengan cara melakukan perawatan rambut sebaik mungkin.

Kabar bagusnya, anda masih bisa mempercepat proses memanjangkan rambut dengan melakukan beberapa tips yang akan saya bagikan di sini. Anda akan mendapatkan rambut yang panjang dan indah dalam waktu yang relatif cepat asalkan menjalaninya dengan senang hati tanpa stres. Seperti apakah tipsnya? Silahkan simak tips cara memanjangkan rambut dengan cepat berikut ini.

1. Membersihkan Rambut dan Kulit Kepala

Hal pertama yang anda lakukan adalah menggunakan sampo dan kondisioner yang dapat memanjangkan rambut sekaligus membersihkan rambut. Sesudah itu, anda juga jangan sampai lupa untuk melakukan perawatan kulit kepala. Karena, melakukan perawatan kulit kepala merupakan salah satu komponen utama dalam mempercepat pertumbuhan rambut. Produk khusus untuk menyehatkan kulit kepala dapat memberikan efek yang signifikan pada kekuatan rambut dari akarnya.

Dengan melakukan perawatan kulit kepala, maka rambut akan menjadi lebih sehat, tebal dan tidak mudah patah karena didukung dengan metabolisme kulit kepala yang lancar. Selain itu, pori-pori yang bersih juga dapat membantu folikel untuk menumbuhkan rambut yang baru.

2. Melembapkan Rambut

Setelah anda berkeramas, jangan lupa gunakan kondisioner untuk memberikan nutrisi pada rambut dan mengunci kelembapan pada setiap helaian. Hal ini penting untuk dilakukan supaya rambut tidak mudah patah dan rontok. Jika rambut mengalami rapuh dan patah dalam jumlah yang banyak, maka dapat menyebabkan penipisan rambut, dan tujuan anda untuk mendapatkan rambut panjang akan sangat sulit.

3. Mengeringkan Rambut

Sebaiknya anda mengeringkan rambut secara alami dengan mengangin-anginkan di suhu ruangan. Hindari penggunaan hair dryer kecuali pada saat anda sedang buru-buru karena hendak pergi keluar rumah sehingga anda harus mengeringkan rambut secara cepat.

Yang terpenting saat menggunakan hair dryer pastikan anda mengatur suhu pada level yang kurang panas. Selain itu, jangan memposisikan hair dryer ke arah bagian tertentu secara terus menerus agar rambut tidak terlalu kering pada bagian tersebut.

4. Menyisir Rambut

Gunakanlah sisir yang mempunyai gigi jarang atau sikat rambut dengan pad empuk dan lembut, sehingga terasa lebih nyaman saat digunakan. Sebaiknya hidari menyisir rambut ketika rambut dalam keadaan basah supaya rambut tidak rontok. Selain menggunakan sisir yang bergigi jarang, anda juga dapat menggunakan jari tangan untuk menguraikan rambut yang tampak kusut sebelum melakukan penyisiran. Cara tersebut lebih efektif untuk mencegah kerontokan.

5. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi dari Dalam

Penuhi asupan makanan setiap hari dengan makanan yang kaya akan nutrisi. Mulailah melakukan diet sehat dengan mengkonsumsi makanan yang kaya protein, vitamin A, Vitamin C, asam amino, biotin, niacin hingga zat besi dan zinc.

Selain itu, anda juga perlu mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup agar tidak mengalami dehidrasi. Terpenuhinya kebutuhan air putih sangat berpengaruh terhadap keseimbangan organ tubuh dan rambut.

Jadi, penting untuk diperhatikan agar rambut cepat panjang, anda perlu memenuhi asupan gizi dari makanan dan minuman.

  • Protein: telur, tahu, kacang, ayam, ikan, dan susu.
  • Vitamin A: wortel untuk kesehatan kulit kepala.
  • Vitamin B: alpukat, daging, dan gandum utuh.
  • Kalsium: susu, keju dan yogurt.
  • Zat besi: brokoli, bayam, dan asparagus.
  • Zinc: keju, kacang-kacangan, dan daging.
  • Air putih minimal 2 liter setiap hari.

6. Mengurangi Stres

Keterkaitan antara kesehatan rambut dengan stres sepertinya jarang disadari oleh sebagian orang. Padahal, stres dapat menghambat pertumbuhan rambut, bahkan stres yang berlebihan juga dapat menyebabkan kerontokkan pada rambut dan menyebabkan rambut berhenti untuk tumbuh. Oleh karena itu, sebaiknya anda kurangi stress dengan cara melakukan hal-hal yang dapat menghindarkan diri dari stres seperti rekreasi, berolahraga, yoga, meditasi dan istirahat yang cukup.

7. Suplemen dan Vitamin Rambut

Apabila asupan gizi dari makanan masih kurang mencukupi, anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan perawatan rambut dengan suplemen dan vitamin rambut.

Itulah beberapa cara memanjangkan rambut dengan cepat, semoga tips yang telah saya bagikan di atas dapat bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar