--> Skip to main content

Apa Itu Venture Capital dan Peran Venture Capital Indonesia

Peran venture capital Indonesia di fase-fase awal berdirinya sebuah startup sangatlah besar. Masa-masa awal berdirinya sebuah startup atau yang disebut sebagai early-stage adalah masa-masa yang paling rentan. Biasanya pada masa ini early-stage startup memiliki gagasan yang masih segar dan semangat yang besar. Masalahnya, seringkali modal yang kecil membuat sebuah startup sulit untuk berkembang dan menemukan bentuk terbaiknya. Pada masa-masa seperti inilah para founder banyak yang mencari venture capital untuk mendanai starup miliknya. Nah, apa itu venture capital dan apa saja perannya? Simak penjelasannya berikut ini.

Peran Venture Capital Indonesia

Apa Itu Venture Capital?

Venture capital adalah bentuk pembiayaan yang disediakan para investor untuk suatu perusahaan startup kecil hingga menengah. Dengan kata lain venture capital merupakan lembaga keuangan yang mendanai/ memodali perusahaan startup. Seringkali venture capital menjadi salah satu sumber pendanaan awal bagi sebuah startup. Setelah bootstrapping, pendanaan dari lembaga venture capital inilah yang akan membantu sebuah startup untuk tetap bisa beroperasi. Karena itulah, modal yang diberikan oleh venture capital kepada perusahaan startup menjadi bagian penting dalam perkembangan perusahaan tersebut.

Selain mempunyai modal, venture capital juga mempunyai banyak relasi dan kapasitas dalam membimbing startup-startup potensial agar bisa berkembang menjadi lebih besar. Jadi bantuan dari venture capital tidak hanya terletak pada dana yang diberikan saja, tetapi mentoring dan koneksi dari venture capital inilah yang juga banyak membantu startup untuk berkembang.

Tidak semua startup yang melakukan pengajuan berkas permohonan akan diterima dan mendapatkan pinjaman modal dari venture capital. Karena umumnya pihak venture capital akan melihat potensi usaha yang tertulis di dalam resume pengajuan. Apabila dalam rapat persetujuan diputuskan kalau bisnis startup tersebut bisa menjadi perusahaan yang besar di masa mendatang, maka startup tersebut kemungkinan besar akan mendapatkan pendanaan, bimbingan bahkan modal lanjutan.

Peran Venture Capital

Apa saja peran penting venture capital terhadap perusahaan startup? Berikut ini adalah beberapa peran peinting venture capital.

Memastikan startup mendapatkan untung besar

Jika sebuah startup berhasil mendapatkan pinjaman modal dari venture capital. Pihak venture capital biasanya akan membantu perusahaan startup tersebut untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Jasa permodalan dari venture capital yang besar tentunya akan memudahkan perusahaan startup untuk meningkatkan jumlah perputaran uang. Hal tersebut tentunya bukan tanpa sebab, mengingat jasa penyedia modal juga akan meraup keuntugnan yang besar jika bisnis yang dimodalinya bisa mempunyai nilai saham yang tinggi.

Memangkas waktu penggalangan dana bisnis baru

Sebuah bisnis yang baru dimulai tentunya akan memikirkan besaran modal yang akan dibutuhkan. Seringkali faktor keterbatasan modal membuat perusahaan startup menjadi sulit berkembang karena kurang fokus. Mecoba mengajukan permodalan ke salah satu venture capital dapat menghindarkan startup dari waktu yang terbuang sia-sia untuk penggalangan dana. Dengan begitu perusahaan startup bisa kembali ke fokus utamanya yaitu memajukan startupnya.

Mencadangkan tambahan modal

Adanya venture capital memang tidak dapat dipisahkan dari lingkup bisnis startup karena peranannya yang sangat penting, salah satunya yaitu tentang cadangan modal yang disediakan. Dengan adanya hal tersebut maka pemilik perusahaan berkembang tidak akan bingung mencari pinjaman dana tambahan. Venture capital akan menyimpan tambahan modal sebagai pendanaan lanjutan yang biasanya akan digunakan untuk pengembangan bisnis dengan jangka waktu yang lebih lama.

Akses mudah jaringan venture capital

Setelah adanya kesepakatan kerja sama dengan venture capital, maka keuntungan besar lainnya yang akan diperoleh adalah akses jaringan. Akses jaringan tersebut meliputi jaringan klien dan karyawan untuk menggunakan produk maupun jasa dari perusahaan startup.

Itulah penjelasan tentang peran venture capital Indonesia, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar