--> Skip to main content

Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - July 10, 2021

Mengatasi rambut rontok parah secara alami bisa menjadi pilihan jika anda memiliki masalah rambut rontok. Cara-cara alami ini dapat dilakukan dengan cara menggunakan bahan alami atau bisa dengan mencukupi asupan nutrisi tertentu untuk menguatkan akar rambut dan merangsang tumbuhnya rambut. Meskipun kesannya sederhana, tetapi beberapa cara alami ini cukup efektif dalam mengatasi rambut rontok.

mengatasi rambut rontok parah

Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Dengan Bahan Alami

Rambut rontok memang dapat ditangani secara medis, misalnya dengan menggunakan obat penumbuh rambut, prosedur transplantasi rambut dan terapi laser. Tetapi, kamu juga dapat mencoba berbagai cara alami untuk mengatasi rambut rontok yang dapat dilakukan di rumah dengan mudah.

Tidak terlalu sering keramas

Banyak yang mengira kalau melakukan keramas setiap hari dapat menjaga kondisi rambut agar tetap sehat. Padahal, terlalu sering menggunakan shampo justru dapat menyebabkan rambut rusak, kering, terlihat tipis dan mudah patah.

Selain itu, mengeringkan rambut sesudah keras dengan cara menggosok menggunakan handuk secara kencang juga bisa menyebabkan rambut mengalami kerontokan. Oleh sebab itu, supaya rambut tidak mudah rontok, sebaiknya lakukan keramas sebanyak 3 kali dalam seminggu dan mengeringkan rambut menggunakan handuk secara lembut.

Menata rambut dengan lembut

Berbagai macam metode menata rambut seperti mencatok, mewarnai, dan mengeriting rambut, bisa membuat rambut menjadi kering dan rusak serta kulit kepala menjadi iritasi. Sementara itu, kebiasaan mengepang atau mengikat rambut yang terlalu kencang, juga bisa menyebabkan akar rambut menjadi tertarik, sehingga rambut akan menjadi lebih mudah rontok.

Agar kerontokan rambut bisa berkurang dan kulit kepala tetap sehat, maka sebaiknya hindari metode menata rambut yang telah disebutkan tersebut. Jika kamu hendak mengeringkan rambut menggunakan pengering rambut, maka sebaiknya hindari penggunaan suhu panas karena bisa membuat rambut menjadi cepat rusak.

Menerapkan pola hidup sehat

Beberapa dari jenis penyakit, seperti kekurangan gizi, kurang darah atau anemia, bisa menyebabkan masalah rambut rontok. Tidak hanya itu saja, stres yang berlebihan juga dapat memicu masalah rambut rontok.

Karena itulah, untuk mencegah dan mengatasi rontoknya rambut, cobalah untuk menjalani pola hidup sehat dengan rajin berolahraga, meredakan stres, melakukan meditasi dan tidur dengan waktu yang cukup.

Menggunakan bahan-bahan alami

Sudah sejak lama, lidah buaya dan minyak kelapa dipercaya mempunyai khasiat untuk mengatasi rambut rontok dan menjaga kulit kepala agar tetap sehat. Bahkan, lidah buaya juga dipercaya mampu mengurangi ketombe dan mengurangi produksi minyak yang berlebih di kulit kepala. Di sisi lain, minyak kelapa memapunyai kandungan asam lemak yang bisa menyerap ke dalam rambut untuk menggantikan protein rambut yang telah hilang.

Selain menggunakan lidah buaya dan minyak kelapa, kamu juga bisa menggunakan beberapa bahan alami lainnya untuk mengatasi rambut rontok, diantaranya adalah sebagai berikut

  • Lemon
  • Lemon mempunyai kandungan vitamin C yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan merangsang tumbuhnya rambut. Cara penggunaannya yaitu bisa dengan mengoleskan jus atau minyak lemon ke area kulit kepala sesudah keramas.

  • Kuning telur
  • Kuning telur memiliki kandungan vitamin A, asam amino, asam folat dan biotin yang baik untuk menjaga kelembapan rambut yang kering dan membuat rambut menjadi lebih cepat tumbuh dan kuat. Inilah yang menjadikan kuning telur baik dijadikan sebagai salah satu bahan alami untuk mengatasi masalah rambut rontok.

  • Minyak Geranium dan Minyak Rosemary
  • Minyak geranium dan rosemary bisa digunakan untuk merangsang pertumbuhan rambut dan memperkuat rambut. Cara penggunaannya yaitu dengan mengoleskan minyak tersebut ke kulit kepala sebelum maupun setelah keramas.

Selain itu, kamu juga dapat mengkonsumsi suplemen gingseng yang diyakini mampu meningkatkan pertumbuhan rambut dan memperlancar aliran darah pada kulit kepala sehingga dapat mengatasi masalah rambut rontok.

Penuhi asupan nutrisi

Asupan nutrisi tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh saja, tetapi juga baik untuk menjaga kesehatan rambut. Mencukupi asupan nutrisi yang sehat dan seimbang merupakan salah satu cara alami yang baik untuk mengatasi masalah rambut rontok dari dalam. Adapun beberapa jenis nutrisi yang baik untuk mengatasi masalah rambut rontok diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Protein dan omega 3
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan asam lemak omega 3 yang cukup sperti ikan salmon dan telur dapat membuat kulit kepala menjadi lebih sehat dan rambut bisa tumbuh kuat berkilau.

  • Vitamin
  • Terdapat banyak vitamin yang baik untuk kesehatan rambut, beberapa diantaranya yaitu vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D dan vitamin E. Asupan vitamin tersebut dipercaya bisa mencegah dan mengatasi masalah rambut rontok, menjaga agar kulit kepala tetap sehat dan membuat rambut menjadi lebih subur.

  • Zinc
  • Zinc mempunyai peranan yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan rambut serta dapat menjaga kelembapan alami rambut. Jika rambut kekurangan asupan zinc maka rambut bisa menjadi lebih mudah rontok.

  • Zat besi
  • Kekurangan zat besi selain dapat menyebabkan anemia juga dapat menyebabkan masalah rambut rontok, terutama pada seorang wanita.

Umumnya, permasalahan rambut rontok tidak akan bisa diatasi hanya dalam waktu yang singkat. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, kamu perlu mencoba beberapa cara untuk mengatasi rambut rontok parah secara alami tersebut secara rutin.

Apabila rambut masih tetap rotok, meskipun kamu sudah mencoba cara-cara alami mengatasi kerontokan rambut tersebut, maka kamu perlu berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar