Skip to main content

Seperti Apa Pendidikan Anak Usia Dini di Era Digital?

Gadget dan internet kini sudah menjadi bagian yang tidak terlepaskan dari gaya hidup kita sehari-hari, termasuk juga pada anak-anak yang masih usia dini. Sehingga sekarang ini dikenal sebagai era digital yaitu era di mana manusia sudah melek teknologi. Di era digital ini dalam mendidik anak usia dini membutuhkan usaha yang lebih ekstra dibanding puluhan tahun yang lalu. Sehingga di era digital ini pendidikan anak usia dini menjadi kian penting. Hal itu karena berkembangnya dunia digital yang terkadang membuat hubungan orang tua dengan anak menjadi kurang dekat. Untuk itulah anak-anak harus dibekali dengan pendidikan ilmu pengetahuan dan karakter yang baik sejak dini. Lalu seperti apakah bentuk pendidikan anak usia dini di era digital ini?

Pendidikan Anak Usia Dini di Era Digital

Pendidikan Anak Usia Dini di Era Digital

1. Mengajarkan tentang resiko menggunakan internet

Media internet memang menjadi sebuah media yang benar-benar memberikan banyak manfaat bagi penggunanya, akan tetapi ada beberapa hal yang berdampak negatif atau dapat membahayakan bagi anak. Misalnya internet bisa bisa berdampak kecanduan sehingga malas untuk belajar, bisa mengakses konten yang tidak pantas dan lain-lain. Untuk itulah kita harus mengajarkan kepada anak tentang resiko dalam menggunakan internet.

2. Menerapkan aturan dalam menggunakan gadget dan internet

Tujuan dari menerapkan aturan yaitu agar anak tetap aman seperti halnya ketika anak bermain di dunia nyata yang tentunya butuh pengawasan. Bentuk aturan dalam menggunakan gadget untuk anak misalnya dengan cara membatasi durasi penggunaan gadget dan internet. Mengajarkan kepada anak untuk menghormati pengguna internet lain. Selain itu kita harus memberitahukan kepada anak untuk tidak membuka identitas diri kepada siapa saja supaya anak tidak diganggu oleh penjahat di internet.

3. Mengawasi anak dalam menggunakan Gadget dan intenet

Melakukan pemeriksaan dengan metode razia mungkin bisa dibilang hal yang ketinggalan zaman, namun cara ini perlu kita dilakukan. Hal ini tentunya berguna agar kita sebagai orang tua bisa mengetahui apa yang disembunyikan anak kita. Sebagai orang tua, kita harus mengatakan kalau tujuan melakukan kegiatan razia ini karena tidak adanya privasi dalam menggunakan internet untuk anak. Tetapi jangan sampai kegiatan razia ini menjadi sebuah ancaman. Untuk itu kita sebagai orang tua juga harus mengerti cara menjelajah gadget atau komputer karena bisa saja anak kita menyembunyikan sesuatu dengan baik. Sebaiknya lakukan kegiatan tersebut secara berkala.

4. Mengajarkan tentang ilmu Agama

Selain mengajarkan pengajaran dan aturan dalam penggunaan gadget dan internet, memberikan pendidikan anak usia dini juga harus dibekali dengan ilmu keagamaan. Mengajarkan anak tentang agama merupakan sebuah kewajiban bagi kita sebagai orang tua. Jadi anak harus diberikan pendidikan agama mulai sejak dini. Dalam memberikan pelajaran agama bisa dimulai dari mengajarkan perilaku yang sesuai dengan tatanan agama, melakukan kegiatan-kegiatan ibadah dalam agama dan lain-lain. Dengan melakukan hal tersebut tentunya perilaku anak akan sesuai dengan ajaran agama dan anak akan senantiasa menjadi orang yang berperilaku baik.

5. Menyekolahkan anak di sekolah PAUD

Sekolah PAUD juga sangat penting untuk perkembangan karakter anak. Selain itu sekolah PAUD juga sudah menyikapi hadirnya era digital tersebut. Seperti halnya sekolah Apple Tree Pre-School BSD yang memberikan kurikulum pembelajaran yang modern dan terintegrasi, dengan tujuan menciptakan generasi-generasi emas bangsa yang tidak hanya cerdas, namun juga berkarakter.

Itulah hal-hal yang perlu dilakukan dalam pendidikan anak usia dini di era digital. Semoga artikel yang telah saya tulis tersebut dapat bermanfaat.

#appletreebsd

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar