--> Skip to main content

Menara Kudus Pernah Dijadikan Gambar Uang

Tahukah kamu? Menara kudus dulu pernah dijadikan sebagai gambar uang kertas Indonesia. Seperti apakah uang kertas tersebut? Oke langsung saja inilah uang bergambar menara kudus.

Uang ini dikeluarkan tahun 1986. Dengan gambar bangunan bersejarah di Kota Kudus yaitu Menara Kudus. Bangunan Menara Kudus sendiri tidak terlepas dari peran Sunan Kudus sebagai penggagas dan pendiri.

Seperti halnya Walisongo yang lain, dalam berdakwah sunan kudus melakukan pendekatan secara kultural atau budaya. Sunan kudus mengadaptasi dan mempribumisasi ajaran agama Islam di tengah-tengah masyarakat pada saat itu sudah mempunyai budaya yang mapan dalam pengaruh agama Hindu dan Budha. Dalam dakwah Islam yang dilakukan Sunan Kudus, akulturasi budaya Hindu-Budha masih terlihat sangat jelas dalam konsep arsitektur bangunan Menara Kudus.

Kemudian di sisi baliknya uang 5000 rupiah tahun 1986 ini bergambar Pahlawan Nasional yaitu Teuku Umar. Apabila uang tersebut ditrawang, maka akan tampak gambar Pahlawan Nasional bernama Martha Christina Tiahahu.

Uang 5000 rupiah ini ditanda tangani oleh Drs. Arifin M. Siregar sebagai Gubernur kemudian ditandatangani oleh Drs. Sujitno Siswowidagdo sebagai Direktur. Uang ini dicetak oleh Perum Percetakan Uang RI. Dan selain itu di sini terdapat nomor seri yang terdiri dari 3 huruf 6 angka.

Nah itulah uang kuno tahun 1986 pecahan 5000 rupiah yang bergambar menara kudus baliknya bergambar teuku umar. Semoga informasi yang telah saya tulis dalam blog ini dapat menambah pengetahuan kita.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar