--> Skip to main content

6 Jenis Pipa PVC Rucika dan Kegunaannya

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - June 27, 2024

Di antara berbagai merk pipa PVC di pasaran, seperti Supralon dan Maspion, Rucika masih menjadi merk pipa terbaik yang menjadi favorit banyak orang. Tidak heran jika merk ini pasti mudah ditemukan di setiap distributor yang jual pipa pvc rucika.

6 Jenis Pipa PVC Rucika dan Kegunaannya

Rucika adalah brand pipa PVC sejak 1973 yang beroperasi di bawah naungan PT. Wahana Duta Jaya Rucika. Rucika telah dikenal luas sebagai merk pipa terbaik di Indonesia yang menghadirkan macam-macam pipa PVC dan HDPE berkualitas tinggi untuk kebutuhan berbagai industri.

Rucika memproduksi pipa uPVC (unplasticized polyvinyl chloride) pertama di Indonesia dengan standar industri Jepang. Pipa ini kemudian lebih mudah disebut sebagai pipa PVC.

Sebenarnya, Rucika memiliki banyak jenis pipa, termasuk pipa PVC, pipa HDPE, dan pipa air panas dan dingin bertekanan. Terkhusus pipa PVC, berikut 6 jenisnya.

1. Rucika Standard

Pipa Rucika Standar merupakan pipa air bersih bertekanan dan buangan yang bebas timbal. Pipa ini dirancang dengan desain ringan, sehingga memudahkan dalam pemasangannya.

Pipa ini juga tahan terhadap korosi dibanding pipa berbahan logam. Kamu bisa menghemat biaya pemeliharaan dan penggantiannya. Pipa ini dijamin kuat karena produksinya mengacu pada standar JIS dan ISO 9001:2000.

Pipa PVC Rucika Standar hadir dengan dua tipe, yaitu tipe D untuk saluran pembuangan dan limbah, dan tipe AW untuk air bertekanan.

2. Rucika JIS

Sementara itu, pipa PVC Rucika JIS merupakan pipa khusus air minum yang banyak digunakan di rumah dan gedung bertingkat. Jika kamu mencari pipa untuk saluran air konsumsi bersih, maka pipa ini adalah pilihan yang tepat.

Meski begitu, pipa Rucika JIS (Japanese Industrial Standard) juga mengeluarkan pipa untuk aplikasi air limbah, yaitu pipa JIS kelas VU/D. Sementara untuk kebutuhan air bersih bertekanan, kamu bisa memilih pipa JIS kelas VP/AW.

3. Rucika Safe

Berbeda dengan dua jenis pipa Rucika sebelumnya, pipa Rucika Safe merupakan pipa yang dirancang khusus untuk pipa saluran distribusi air minum masyarakat secara luas. Inilah pipa yang sering digunakan untuk mengalirkan air bersih antar wilayah, seperti pada PDAM, DAK, dan PAMSIMAS.

Dalam instalasinya, pipa Rucika Safe dipasang menggunakan penyambung (fitting) khusus yaitu spigot dan socket berbentuk T yang menggunakan sistem penyambungan solvent cement. Baik pipa Rucika Safe dan fitting T-nya sama-sama sudah mengantongi sertifikat SNI.

4. Rucika Lok

Sebenarnya, Rucika Lok dan Rucika Safe memiliki kegunaan yang sama, yaitu untuk distribusi air bersih konsumsi masyarakat luas.

Hanya saja, yang membedakan keduanya yaitu pada penyambungannya. Pada Rucika Lok, sistem penyambungannya menggunakan ring karet Z-Joint atau Rubber Ring Z-Joint.

5. Rucika Lite

Rucika Lite merupakan pipa uPVC yang dirancang hanya untuk kebutuhan khusus saluran pembuangan dan limbah saja. Pipa berwarna cokelat ini menjadi pilihan utama para kontraktor bangunan untuk kelancaran jaringan limbah terpadu.

Untuk kelengkapan aksesoris dan fitting injection, kamu bisa mendapatkan produk khususnya langsung di distributor yang kompatibel dengan pipa Rucika Life.

6. Rucika Exoplas

Terakhir, pipa Rucika Exoplas yang merupakan pipa air bersih bertekanan yang memiliki design stress hingga 28 MPa atau dua kali lebih besar dari pipa uPVC biasa. Pipa berstandar SNI ini dirancang dengan berorientasi Bi-axial, sehingga performa pipa termoplastiknya lebih unggul.

Supaya kamu tidak salah pilih, pastikan mengenali jenis-jenis pipa PVC Rucika di atas dan kegunaannya, ya.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar