--> Skip to main content

Tips Membeli Perhiasan Emas

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - May 22, 2024

Emas merupakan logam berharga yang sering dijadikan sebagai instrument investasi, entah itu dalam bentuk perhiasan maupun batangan. Selain itu perhiasan emas juga kerap menjadi pilihan aksesoris bagi wanita untuk mempercantik dirinya. Tentu saja, sangat disayangkan apabila emas yang dibeli ternyata berkualitas rendah atau palsu. Untuk itulah pada kesempatan kali ini saya akan berbagai tentang beberapa tips membeli perhiasan emas.

Tips Membeli Perhiasan Emas

Tips Membeli Perhiasan Emas Di Toko

Ketika hendak membeli perhiasan emas, sangat penting untuk mempertimbangkan dengan matang agar bisa mendapatkan emas yang sesuai, baik itu dari sisi nilai uang maupun keindahannya. Terdapat beberapa tips yang dapat kamu terapkan dalam memilih perhiasan emas dengan tepat, antara lain yaitu:

Perhatikan harga emas hari ini

Setiap hari, harga emas selalu mengalami fluktuasi. Disarankan untuk membeli emas pada saat harganya sedang turun. Anda dapat memeriksa harga emas hari ini melalui berbagai situs web seperti pegadaian.co.id, galeri24.co.id, harga-emas.com atau logammulia.com. Harga perhiasan emas terdiri atas harga emas per gram ditambah biaya pembuatannya. Untuk biaya pembuatannya umumnya dapat dinegosiasikan.

Pilihlah toko emas yang reputasinya baik

Meskipun harga emas dari PT. Antam dapat dijadikan sebagai patokan harga emas nasional, namun setiap toko emas masih mempunyai kebebasan untuk menentukan harga jualnya. Hal tersebut dikarenakan belum adanya standardisasi harga emas yang berlaku secara umum di Indonesia. Maka dari itulah, sangat penting untuk memilih toko emas yang mempunyai reputasi baik dan bisa dipercaya.

Perhatikan Kondisi Perhiasan Emas

Perhatikanlah dengan baik kondisi perhiasan emas yang hendak kamu beli. Pastikan tidak terdapat cacat atau kerusakan, seperti goresan, retakan maupun cuilan. Untuk kalung atau gelang, disarankan untuk memilih kunci dengan bentuk S, karena kunci tersebut memiliki daya tahan yang lebih baik daripada model kunci dengan ditekan.

Perhatikan juga apakah perhiasan emas yang hendak kamu beli itu masih meninggalkan noda hijau ataukah tidak. Adanya noda hijau itu terjadi karena adanya bahan kimia yang belum tercuci dengan sempurna. Noda tersebut pada beberapa orang bisa menyebabkan reaksi alergi.

Disarankan untuk melakukan pemeriksaan kondisi emas secara menyeluruh ini karena kondisi emas dapat mempengaruhi harga jualnya. Apabila kamu mempunyai kerabat yang terampil dalam menilai kondisi emas, sebaiknya kamu mengajaknya untuk meminta masukan darinya.

Selain memperhatikan kondisinya, penting juga untuk memilih model perhiasan emas yang akan dibeli. Disarankan untuk memilih model yang tetap trendi dalam beberapa tahun ke depan agar lebih mudah ketika ingin menjualnya.

Membeli perhiasan emas bersertifikat dan simpanlah bukti pembeliannya

Disarankan untuk membeli perhiasan emas yang dilengkapi dengan sertifikat. Dengan adanya sertifikat, maka harga jual emas akan tetap tinggi. Jangan lupa untuk menyimpan bukti pembelian agar memudahkan proses penjualan kembali.

Itulah beberapa tips membeli perhiasan emas untuk investasi, semogga artikel yang telah saya tulis di atas dapat bermanfaat.
Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar