--> Skip to main content

Keuntungan Pasang Camera CCTV untuk Usaha Budidaya Lele

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - May 02, 2024
camera cctv
pixabay

Budidaya ikan lele merupakan salah satu jenis bisnis yang prospeknya cerah di Indonesia. Alasannya jenis ikan ini banyak dikonsumsi masyarakat setiap hari sehingga potensi mendapatkan penghasilan sangat menjanjikan.

Tentunya untuk menghasilkan keuntungan yang optimal dari budidaya ikan lele banyak hal yang perlu menjadi perhatian. Salah satunya adalah faktor keamanan. Bukan rahasia lagi jika di area kolam ikan yang menghasilkan pendapatan kerap terjadi pencurian. Oleh sebab itu camera cctv sangat dibutuhkan dalam hal ini.

Keuntungan Memasang Camera CCTV di Area Budidaya Lele

Mungkin usaha budidaya lele yang Anda miliki masih berskala rumahan, namun masalah keamanan jangan diabaikan. Sekecil apapun kerusakan atau pencurian, tetap saja akan merugikan bisnis Anda.

Kegunaan CCTV penting untuk mengawasi area dan mencegah insiden di area kolam dan sekitarnya. Kehadiran kamera pengawas juga membantu mengoptimalkan produksi lele yang berkualitas. Berikut ini adalah beberapa keuntungan memasang CCTV di lokasi budidaya ikan lele:

1. Meningkatkan Sistem Keamanan di Area Kolam

Lokasi kolam untuk budidaya lele umumnya berada di tempat yang luas dan terbuka. Lingkungan outdoor semacam ini rawan terjadi kejahatan. Oleh karena itu, kehadiran Kamera CCTV sangat dibutuhkan untuk meningkatkan sistem keamanan yang efektif. Anda sebagai pemilik usaha budidaya lele juga pastinya merasa lebih tenang berkat bantuan CCTV dengan teknologi AI camera yang efektif digunakan di area terbuka.

2. Mempermudah Melakukan Pengawasan

Kegunaan CCTV selanjutnya adalah membantu pengelola atau pemilik bisnis budidaya ikan lele untuk mengawasi kolam dan sekitarnya. Dengan fitur wireless Anda dapat menghubungkan kamera pengawas dengan perangkat mobile. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot berkeliling atau stand by di lokasi pembudidayaan seharian. Cukup mengecek hasil rekaman dari CCTV yang sudah terkoneksi dengan ponsel kapan saja dan dimana pun.

3. Mencegah Pencurian Ikan

Kolam budidaya ikan yang berada di area terbuka rawan terjadi pencurian. Apalagi jika melihat kondisi ikan-ikan lele yang segar dan terawat akan menjadi sasaran empuk orang-orang berniat tidak baik untuk mencuri dan menjualnya ke pasar atau pelelangan ikan dengan harga tinggi. Untuk mencegahnya, Anda sebaiknya memasang kamera CCTV outdoor yang sesuai dengan lokasi budidaya ikan lele.

Keberadaan kamera pengawas juga membantu mendeteksi gerak-gerik mencurigakan dari orang yang akan menyusup ke area budidaya. Jika terjadi pencurian, Anda bisa melakukan antisipasi yang cepat dan tepat. Bukti rekaman CCTV dapat Anda serahkan ke pihak yang berwajib untuk penyelidikan lebih lanjut.

4. Memantau Kesehatan Ikan

Ikan bisa terserang penyakit jika Anda tidak merawatnya dengan baik. Salah satu yang harus diperhatikan adalah kebersihan kolam. Kolam lele memang sebaiknya keruh, tetapi keruhnya berasal dari lumut bukan karena kotoran atau sisa pakan yang berpotensi menciptakan bakteri.

Ganti air setidaknya seminggu sekali atau jika perlu buat sistem air yang mengalir. Anda dapat mengoptimalkan kegunaan CCTV untuk melihat kondisi air kolam dan mengecek apakah ada ikan yang sakit. Jika ada, segera pisahkan ikan yang sakit dan isolasi di kolam khusus hingga kondisinya sehat. Penyebaran penyakit bisa menyebabkan kematian massal pada ikan.

5. Mengawasi Aktivitas Pekerja

Mengelola kolam-kolam budidaya perikanan di tempat yang luas, tentunya akan merepotkan jika Anda kerjakan sendiri. Anda membutuhkan orang lain untuk bekerja dan mengurus semua keperluan budidaya ikan lele.

Keberadaan CCTV penting untuk mengawasi kegiatan yang mereka lakukan apakah sudah sesuai atau belum untuk meningkatkan produktivitas ikan lele. Percepatan pertumbuhan ikan sangat dipengaruhi dengan pemilihan pakan dan kapan waktu terbaik pemberiannya. Melalui CCTV, Anda dapat memantau kinerja pekerja, sehingga panen lele berkualitas bisa tercapai.

Tips Pemasangan CCTV di Area Budidaya Ikan Lele

Kegunaan CCTV
pexels

Agar kegunaan CCTV optimal, pemasangan kamera keamanan di area pembudidayaan ikan lele harus tepat. Berikut ini beberapa panduan pemasangan CCTV yang dapat Anda terapkan :

1. Pilih CCTV dengan AI Camera

Pilihlah CCTV yang sudah dilengkapi dengan teknologi AI Kamera untuk menghasilkan rekaman terbaik. Selain itu pastikan camera CCTV yang Anda pilih bisa digunakan secara efektif di area outdoor.

2. Tentukan Titik Pemasangan dengan Tepat

Lokasi pemasangan CCTV akan mempengaruhi keakuratan hasil rekaman. Tempatkan CCTV di area budidaya lele yang strategis dan mampu menjangkau area pandang yang luas. Dengan demikian Anda tidak perlu membeli terlalu banyak unit kamera keamanan.

3. Atur Setting yang Tepat

Untuk mengoptimalkan kegunaan CCTV, baca panduan pemakaian dan cara mengaturnya. Atur sesuai dengan kebutuhan agar mendapatkan hasil rekaman yang akurat dan bagus.

Nah, jika Anda mencari camera CCTV terbaik untuk area budidaya ikan lele Hikvision AcuSense adalah jawabannya. Hikvision AcuSense mengusung teknologi AI kamera yang mampu menghasilkan rekaman yang jernih dan akurat.

Dengan kecerdasan VCA, CCTV ini juga mampu mendeteksi dan membedakan pergerakan manusia, hewan, kendaraan atau objek bergerak lainnya hewan, sehingga Anda tidak akan terkecoh dengan alarm palsu. Jadi jangan tunda lagi, segera lakukan pemasangan camera CCTV di area budidaya ikan lele untuk keamanan yang maksimal. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai keunggulan dari produk Hikvision AcuSense, silahkan klik di sini.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar