--> Skip to main content

Mengenal Pipa Akustik yang Kedap Suara

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - April 09, 2024

Untuk mengatasi masalah kebisingan suara dalam perpipaan, maka pipa akustik kedap suara dapat menjadi solusi yang tepat. Lalu seperti apa itu pipa akustik? Nah, dalam artikel kali ini akan saya jelaskan mulai apa itu pipa akustik, cara kerjanya, keuntungan menggunakannya hingga rekomendasi pipa akustik terbaik.

Mengenal Pipa Akustik yang Kedap Suara

Apa Itu Pipa Akustik Kedap Suara?

Pipa akustik kedap suara atau yang dikenal dengan pipa peredam suara atau pipa isolasi merupakan jenis pipa yang secara khusus dirancang untuk menghambat atau mengurangi transmisi suara dari satu area ke area yang lain. Umumnya pipa ini terbuat dari bahan yang memiliki kepadatan tinggi seperti logam atau plastik yang mempunyai kemamapuan yang baik dalam meremdam suara. Pengaplikasian pipa akustik banyak digunakan untuk sistem sanitasi, HVAC (Heating, Ventilation, and Air Conditioning), dan berbagai industri.

Cara Kerja Pipa Akustik Kedap Suara

Cara kerja pipa akustik kedap suara adalah dengan menggunakan prinsip dasar isolasi suara. Dimana dalma hal ini pipa dirancang untuk menghambat atau mengurangi perambatan gelombang suara dari satu sisi pipa ke sisi yang lain. Adapun beberapa teknik yang dipakai untuk dapat mencapai tujuan tersebut diantaranya meliputi:

1. Lapisan isolasi

Pipa akustik kedap suara mempunyai lapisan isolasi internal yang fungsinya dapat menyerap suara yang masuk ke dalam pipa. Inilah yang dapat mengurangi terjadinya perambatan suara dalam pipa.

2. Peredam Getaran

Pipa akustik kedap suara mempunyai lapisan peredam getaran yang dapat mengurangi getaran yang menimbulkan rambatan suara. Keberadaan lapisan peredam getaran ini sangat penting terutama pada saat pipa tersebut berhubungan dengan mesin ataupun peralatan yang bising.

3. Desain Struktural

Pipa akustik kedap suara memiliki bentuk dan desain fisik yang dapat mempengaruhi kemampuannya dalam meredam suara. Pipa yang memiliki bentuk rumit bercabang-cabang akan cenderung memiliki kemampuan yang lebih baik dalam hal mengurangi transmisi suara jika dibanding pipa lurus sederhana.

Keuntungan Menggunakan Pipa Akustik Kedap Suara

Menggunakan pipa akustik kedap suara mempunyai berbagai keuntungan. Adapun beberapa keuntungan keuntungan menggunakan pipa akustik kedap suara yaitu:

1. Kenyamanan

Pipa akustik kedap suara dapat membantu dalam menciptakan lingukangn yang lebih tenang dan nyaman. Hal itu karena kemampuannya dalam mengurangi suara yang berasal dari sanitasi, HVAC maupun peralatan lain. Dengan demikian penghuni ruangan bisa merasa lebih nyaman dalam bekerja maupun beristirahat.

2. Meningkatkan Produktivitas

Ruangan yang nyaman dan tenang akan lebih cenderung meningkatkan produktivitas. Dengan menggunakan pipa akustik yang bisa mengurangi gangguan suara, maka akan dapat membantu dalam meningkatkan fokus dan konsentrasi.

3. Kepatuhan Regulasi

Terkadang aturan atau regulasi di beberapa tempat mengharuskan bangunan menggunakan pipa akustik kedap suara untuk mematuhi standar kebisingan yang telah ditetapkan. Dengan menggunakan pipa akustik kedap suara maka bisa memenuhi persyaratan hukum yang ditetapkan.

4. Perlindungan Kesehatan dan Keselamatan

Dengan mengurangi tingkat kebisingan di rumah sakit atau di lingkungan kerja maka ini bisa membantu melindungi kesehatan maupun kesejahteraan orang-orang yang berada di tempat tersebut.

5. Kinerja HVAC yang Lebih Baik

Dengan menggunakan pipa akustik kedap suara maka dapat membantu dalam meningkatkan kinerja sistem HVAC dengan mengurangi tingkat kebisingan yang dihasilkan sistem tersebut. Tentunya ini bisa mengurangi tekanan dan stres pengguna ruangan.

Rekomendasi Pipa Akustik Terbaik

Nah, bagi anda yang tertarik untuk menggunakan pipa akustik untuk berbagai kebutuhan perpipaan anda, maka pipa akustik Indopipe dari PT Berkat Jaya Indopipe bisa menjadi pilihan yang tepat. Kenapa memilih menggunakan pipa akustik Indopipe? Karena dibuat oleh PT Berkat Jaya Indopipe yang sudah berpengalaman dalam memproduksi berbagai pipa terbaik. Selain itu, pipa akustik Indopipe juga memilki jaminan kualitas premium terbaik di kelasnya, harga murah dengan kualitas terbaik, dan mampu memberikan solusi yang tepat dan praktis untuk anda. Oh ya selain menyediakan berbagai jenis pipa, PT Berkat Jaya Indopipe (indopipe.id) juga menyediakan lantai interlock lapnagan futsal.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar