--> Skip to main content

Tips Membeli Motor Beat Bekas

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - March 16, 2024

Mungkin kita sering melihat iklan motor Beat bekas harga 3jt sampai belasan juta di Internet. Ya, motor beat memang termasuk motor yang laris dipasaran sehingga banyak yang jual atupun beli motor ini. Motor beat banyak diminati mungkin karena memiliki desain yang bagus dan harganya pun terjangkau.

Tips Membeli Motor Beat Bekas

Tidak sedikit orang yang menginginkan Honda beat meskipun dalam keadaan bekas atau second. Nah, bagi kamu yang berencana untuk membeli motor beat bekas, maka penting untuk mempertimbangkan beberapa tips yang kami sampaikan di sini sebelum memutuskan untuk membeli.

Tips Membeli Motor Beat Bekas

Adapun beberapa tips yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli motor beat bekas diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Mencari informasi harga pasar

Sebelum kamu membeli motor beat bekas, ada baiknya kamu melakukan penelitian terlebih dahulu. Kamu bisa mencari informasi mengenai harga pasaran motor beat, spesifikasi maupun masalah umum yang sering terjadi pada motor beat bekas. Dengan melakukan beberapa penelitian tersebut, kamu akan bisa mengetahui harga motor beat secara wajar dan kamu pun bisa mempersiapkan diri untuk melakukan pemeriksaan terhadap kondisi motornya.

Periksa kelengkapan dokumen motor

Sebelum memutuskan untuk membeli motor beat bekas, ada baiknya kamu memeriksa kelengkapan dokumennya terlebih dahulu. Pastikan kalau dokumennya lengkap dan sesuai dengan nama pemilik sebelumnya. Periksa juga apakah motor beat tersebut mempunyai STNK dan BPKB yang masih berlaku. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari penipuan atau permasalahan hukum yang bisa saja terjadi di kemudian hari.

Periksa kondisi fisik motor

Lakukan pemeriksaan kondisi fisik motor beat secara seksama. Periksa apakah motor beat tersebut ada kerusakan di bagian mesin, kelistrikan maupun bodinya. Perhatikan juga cat motornya apakah masih dalam keadaan baik dan apakah ada bagian motor yang diganti dengan suku cadang yang tidak ori. Dalam hal ini mungkin kamu perlu meminta bantuan mekanik terpercaya untuk melakukan pemeriksaan kondisi motor secara lebih teliti.

Melakukan test ride

Sebelum memutuskan membeli motor beat bekas, ada baiknya kamu lakukan test ride terlebih dahulu. Dengan melakukan test ride, kamu akan bisa mengetahui bagaimana kondisi mesin dan kenyamanaan saat dikendarai. Pastikan kamu mengendarai motor tersebut dengan kecepatan yang berbeda-beda dan di berbagai medan jalan.

Periksa ketersediaan suku cadang

Pastikan kalau suku cadang motor beat yang hendak kamu beli masih mudah ditemui di pasaran. Ini merupakan hal penting karena jika ada suatu masalah pada motor, maka suku cadang yang dibutuhkan masih banyak tersedia di pasaran.

Periksa Riwayat Service

Pastikan kamu memeriksa riwayat service motor beat bekas yang hendak kamu beli. Kamu periksa apakah pemilik motor sebelumnya rajin melakukan service atau perawatan secara berkala. Dengan memeriksa riwayat service, kamu akan bisa tahu apakah terdapat masalah yang sering terjadi pada motor tersebut dan kamu pun bisa memprediksi biaya yang diperlukan untuk perawatan motor tersebut.

Hindarilah transaksi secara tunai

Saat membeli motor beat bekas sebaiknya kamu hindari melakukan transaksi tunai. Untuk bertransaksi kamu bisa menggunakan metode pembayaran yang aman seperti transfer bank maupun menggunakan e-wallet seperti DANA, GoPay, atau OVO. Jangan sampai lupa untuk meminta bukti pembayaran dan kwitansi pembelian supaya bisa menjadi bukti transaksi pembelian motor yang sah.

Itulah beberapa tips membeli motor beat bekas yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar