--> Skip to main content

5 Tempat Wisata Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - March 15, 2024

Yogyakarta Tours – Siapa sih yang tidak ingin liburan ke Jogja? Jogja memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan menyenangkan untuk dikunjungi. Baik itu tempat wisata kuliner wisata budaya, hingga wisata alam.

5 Tempat Wisata Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Nah, bagi kamu yang baru pertama kali liburan ke jogja dan butuh ide tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi, kamu bisa menyimak daftar rekomendasi ini.

1. Jalan Malioboro

Bagi kamu yang baru pertma kali ke jogja, kamu wajib untuk mengunjungi tempat yang satu ini. Hal itu karena Jalan Malioboro menjadi tempat belanja yang ikonik di jogja. Terdapat berbagai toko yang menjual oleh-oleh menarik khas Jogja di sini. Selain itu, tempat ini juga selalu ramai dikunjungi dan sangat berkesan karena banyak hal unik di sini, misalnya ada sarana transportasi andong, batik khas jogja dan kuliner.

2. Kraton Yogyakarta

Jogja merupakan Daerah Istimewa yang dipimpin oleh raja Sultan Hamengkubuwono X. Dimana seorang raja ini memiliki istana yang dikenal dengan Kraton Yogyakarta. Di kraton ini, sejarah panjang tentang Kesultanan Yogyakarta bisa kamu lihat.

Kamu dapat berkunjung ke kompleks utama Kraton Yogyakarta saat dibuka untuk umum yaitu pada jam 08.30 WIB sampai 13.00 WIB, untuk hari Jum’at hanya sampai jam 11.00 WIB. Dalam menjelajahi area kraton ada pemandu yang dapat menemanimu, tetapi apabila kamu ingin berjalan-jalan sendiri juga tidak masalah.

3. Tugu Yogyakarta

Tugu Yogyakarta menjadi salah satu tempat ikonik yang lainnya yang ada di jogja yang tidak boleh kamu lewatkan. Apalagi kalau kamu baru pertama kali pergi liburan ke Jogja. Banyak orang yang kalau pergi ke Jogja suka berfoto di Tugu Yogyakarta, sekedar untuk membuktikan kalau beneran sudah ke Jogja.

Jika kamu ingin mendapatkan hasil foto yang bagus, kamu bisa berfoto dari pinggir jalan sebrangngya. Selain itu, kamu juga bisa mampir ke kafe atau restoran yang berada di seberang Tugu. Sambil menikmati makanan atau minuman kamu juga bisa berfoto dari tempat ini.

4. Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar yang ada di Indonesia. Candi ini menjadi salah satu tempat wisata yang populer di Jogja, bahkan candi ini sering dijadikan sebagai tempat untuk syuting.

Candi Prambanan dibangun merupakan candi yang dibangun oleh Raja Rakai Pikatan pada masa Kerjaan Mataram Kuno sekitar tahun 850 Masehi. Sebagian dari area candi telah berhasil dilakukan pemugaran setelah mengalami keruntuhan. Akan tetapi sebagian lainnya tidak dapat dibangun kembali dan akhirnya dikumpulkan berserakan di sekitar kompleks candi. Di area Candi Prambanan, dulu diperkirakan terdapat hingga 240 candi, meski kini yang tersisa hanya 18 candi saja.

5. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis yang lokasinya hanya berjarak 27 km dari pusat Kota Yogyakarta menjadi tempat yang wajib untuk kamu kunjungi saat berlibur ke Jogja. Pantai ini terkenal akan pemandangan sunsetnya yang romantis. Bukan hanya itu saja, Pantai Parangtritis juga merupakan pantai yang paling terkenal di antara pantai-pantai yang lain yang ada di wilayah Jogja.

Pantai paranggritis memiliki pemandangan yang unik yang tidak dapat kamu temui di objek wisata lain. Pantai ini mempunyai ombak yang besar dan di sekitar pantai terdapat gunung-gunung pasir atau yang dikenal dengan gumuk. Dengan memiliki garis pantai yang sangat panjang dengan area pasir pantai yang sangat luas, tentunya ada berbagai hal yang dapat kamu nikmati di Pantai Parangtritis.

Itulah penjelasan tentang 5 tempat wisata di jogja yang wajib dikunjungi, semoga dapat bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar