--> Skip to main content

Apa itu Website Berita dan Contohnya

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - February 15, 2024

Website merupakan sebuah media yang dapat menampilkan beragam informasi yang bisa diakses menggunakan perangkat komputer maupun ponsel yang terkoneksi dengan jaringan internet. Bisa juga dikatakan website merupakan sebuah halaman atau kumpulan dari beberapa halaman yang berisi informasi baik itu teks, gambar, audio maupun video. Nah, saat ini jenis website itu ada bermacam-macam yang salah satu jenisnya adalah website berita seperti website Coretan Rakyat. Lantas yang menjadi pertanyaan adalah apa itu website berita? Nah, bagi kamu yang ingin tahu definisinya, berikut penjelasan tentang apa itu website berita dan beberapa contoh dari website berita yang cukup populer.

Apa itu Website Berita dan Contohnya

Apa itu Website Berita

Website berita merupakan jenis website yang tujuan pembuatannya adalah untuk menyebarkan informasi berita di internet secara luas. Website berita dapat menarik perhatian orang banyak terutama bagi orang yang menjadikan sebuah website berita sebagai sumber media informasi untuk mendapatkan berita.

Website berita bisa juga didefinisikan sebagai sebuah website yang isinya memuat konten-konten berita dan informasi terbaru atau terkini. Di dalam website berita biasanya terdapat berbagai jenis kategori. Beberapa kategori yang umum di temukan dalam website berita diantaranya adalah pendidikan, bisnis, olahraga, kesehatan, politik, keuangan, fashion, kecantikan, teknologi, wisata, otomotif dan masih banyak yang lainnya. Terkadang, website berita disabut juga sebagai web portal karena beragam informasi terbaru dan terkini bisa ditemukan di website berita.

Seiring dengan kemudahan dalam mengakses internet seperti saat ini, banyak diantara pengguna internet yang telah memanfaatkannya untuk mengakses website berita sebagai sumber bacaan mereka. Umumnya informasi yang diterbitkan di website berita adallah informasi berita yang benar-benar baru, terupdate dan akurat. Sehingga, tidak heran jika banyak pera pengguna internet yang menjadikan website berita sebagai website yang setiap harinya sering dikunjungi. Hal itulah yang membuat website berita menjadi website yang populer jika dibandingkan dengan jenis website yang lain. Ditambah lagi, banyak para pembaca berita yang dulunya telah berlangganan Koran maupun majalah, kini mereka telah beralih berlangganan internet agar bisa membaca berita di dari berbagai website berita yang ada di internet.

Contoh Website Berita

Di Indonesia, saat ini telah banyak website berita yang bisa dijadikan sebagai sumber bacaan untuk mendapatkan berita-berita teerbaru. Adapun beberapa diantaranya yaitu:

  • Kompas.com, yang sebelumnya sudah sukses secara offline dengan koran kompasnya. Semenjak segala sesuatu banyak yang dilakukan secara online, maka kompas membuat website berita yang juga sangat sukses.
  • Detik.com, merupakan situs berita yang sangat populer, sesuai namanya “Detik”, website berita ini menyajikan informasi yang terupdate secara cepat. Karena itulah website berita ini menjadi website berita yang populer di Indonesia.
  • Okezone.com, situs web berita ini pada awal kemunculannya langsung melejit menjadi website berita yang populer. Hal itu dikarenakan website berita ini gencar melakukan promosi, dimana hampir setiap harinya website ini sering diiklankan oleh salah satu stasiun televise ternama.
  • coretanrakyat.com merupakan website berita sebagai media online yang hadir dengan tujuan menyediakan beragam informasi yang menginspirasi kepada masyarakat Indonesia. Dengan harapan setiap coretan kecil dan inspirasi akan membawa perubahan yang positif untuk kehidupan sehari-hari.

Sebetulnya selain beberapa contoh website berita yang telah saya sebutkan di atas masih banyak sekali yang lainnya. Yang jika saya sebutkan satu per satu maka tidak akan ada habisnya. Maka dari itulah saya sebutkan beberapa saja sebagai contoh. Demikian penjelasan tentang apa itu website berita dan contohnya, semoga bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar