--> Skip to main content

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - January 25, 2024

Blog Berita Seputar Gadged kesehatan dan Makanan kali ini akan berbagi tentang cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami. Kolesterol yang tinggi bisa menjadi akar dari berbagai macam penyakit yang serius, terutama kaitannya dengan penyakit kardiovaskuler. Untuk itulah, jika kamu sudah tahu kalau kadar kolesterolmu tinggi, maka sebaiknya kamu perlu mewaspadainya dan segera melakukan tindakan untuk menurunkannya.

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, selain dengan mengkonsumsi obat yang telah diresepkan oleh dokter juga bisa diturunkan secara alami. Caranya adalah dengan mengubah gaya hidup dan mengatur pola makan.

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Adapun cara almi yang bisa dilakukan untuk membantu menurunkan kolesterol yang tinggi adalah sebagai berikut ini:

Memperbanyak konsumsi buah dan sayur

Cara terbaik agar kadar kolesterol yang tinggi bisa cepat menurun adalah dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Kandungan serat pada buah dan sayur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Adapun jumlah konsumsi buah dan sayur yang disarankan untuk menurunkan kolesterol yaitu berkisar 500 gram per hari.

Hindarilah makanan yang berlemak

Makanan berlemak adalah musuh bagi orang yang mengidap kolesterol tinggi. Maka dari itulah, bagi kamu yang memiliki kolesterol tinggi sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan yang berlemak seperti gorengan. Sebagai penggantinya, kamu bisa memilih makanan yang rendah lemak seperti tahu, tempe, putih telur, ikan, ayam, daging sapi, dan kacang-kacangan. Namun, pastikan makanan tersebut tidak digoreng.

Mengkonsumsi makanan mengandung serat larut

Makanan yang memiliki kandungan serat larut dapat menjadi pilihan yang tepat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Adapun beberapa makanan yang kaya akan kandungan serat larut yaitu ubi jalar, alpukat, lobak, brokoli, wortel, pir, apel, biji rami, gandum, dan kacang merah.

Mengkonsumsi makanan yang kaya Omega-3

Bagi pengidap kolesterol tinggi disarankan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan omega-3 tinggi. Hal tersebut karena makanan yang kaya omega-3 bisa membantu menurunkan kolesterol dan juga trigliserida dalam darah. Adapun pilihan makanan yang kaya akan kandungan omega-3 yaitu ikan salmon, tuna, mackerel, sarden, biji chia, dan kacang kenari.

Mengontrol berat badan

Mengontrol berat badan agar bisa tetap ideal dapat menjadi kunci untuk menurunkan kolesterol yang tinggi. Hal itu karena, orang yang memiliki berat badan berlebih akan lebih rentan mengalami peningkatan kadar kolesterol. Maka dari itulah, kamu perlu menerapkan diet yang sehat agar berat badanmu tetap ideal.

Berolahraga secara teratur

Selain menjalani diet untuk mengontrol berat badan, penting juga untuk melakukan olahraga secara teratur setiap hari. Hal tersebut bukan hanya dapat membuat tubuh segar bugar, akan teatpi dapat juga membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik yang ada dalam tubuh.

Hindarilah Rokok

Kebiasaan merokok bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh, salah satunya yaitu dapat mengganggu keseimbangan kadar kolesterol yang ada pada tubuh. Apabila kamu mempunyai kebiasaan merokok, ada baiknya kamu segera menghentikan kebiasaan tersebut. Bukan hanya itu saja, kamu juga perlu menghindari asap rokok. Kebiasaan merokok, selain bisa menurunkan kolesterol baik, juga bisa membuat pembuluh darah berubah menjadi kaku. Hal ini tentu dapat meningkatkan risiko terkena stroke dan penyakit jantung.

Itulah penjelasan tentang cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami, semoga artikel tersebut dapat bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar