--> Skip to main content

Cara Menanam Pohon Tabebuya

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - December 08, 2023

Saat ini tabebuya menjadi salah satu jenis pohon yang mampu menarik perhatian banyak orang karena memiliki bunga yang cantik. Hal itu terbukti, banyaknya pohon tabebuya yang ditanam pemerintah Surabaya mampu menarik perhatian banyak orang karena keindahannya. Karena keindahan pohon tabebuya, maka tidak heran jika saat ini telah banyak yang Jual pohon tabebuya. Lalu sebenarnya seperti apkah pohon tabebuya itu? Bagaimana cara menanamnya? Simak penjelasan dalma artikel ini sampai selesai.

Cara Menanam Pohon Tabebuya

Mengenal Pohon Tabebuya

Pohon Tabebuya yang memiliki nama latin Handroanthus chrysotrichus merupakan jenis tanaman yang berasal dari Brazil. Banyak orang yang sepintas melihat pohon tabebuya seperti pohon sakura yang berasal dari jepang. Hal itu karena kecantikan bunga tabebuya yang mirip dengan bunga sakura. Akan tetapi sebenarnya antara tanaman tabebuya dan bunga sakura itu berasal dari spesies yang tidak sama dan tidak ada kekerabatan yang terkait.

Tak hanya mempunyai bunga yang indah dan cantik, pohon tabebuya juga memiliki daun yang tidak mudah rontong meskipun saat musim kemarau telah tiba. Pada saat tiba waktunya musim bunga, bunga tabebuya yang indah dan cantik akan tumbuh dengan lebat. Selain itu, hal menarik dari pohon tabebuya yaitu akarnya tidak merusak bangunan yang ada disekelilingnya. Dengan demikian, jika pohon tabebuya ditanam di sekitar rumah, di pinggir jalan, di taman kota tentu aman dan bisa menjadi peneduh yang menyejukkan sekaligus memberikan nuansa indah yang mengagumkan.

Dari segi ketahanan, pohon tabebuya ini mampu bertahan hidup meskipun dalam cuaca yang kering. Selain itu, pohon tabebuya juga bisa tumbuh ditempat yang mempunyai curah hujan sekitar 1500 hingga 2500 mm. Tidak hanya itu saja, pohon tabebuya juga dapat beradaptasi pada berbagai jenis tanah, baik itu di tanah liat, berkapur, berlumpur hingga tanah yang memiliki kandungan air yang cukup.

Cara Penanaman Pohon Tabebuya

Cara Menanam Pohon Tabebuya

Menyemaikan Benih

  • Benih tabebuya dapat diperoleh dari bijo pohon yang sudah tua, bisa juga dengan membbelinya di tempat yang jual tanaman.
  • Ambil biji tabebuya yang telah kering, biji tersebut biasanya terbungkus oleh kulit biji.
  • Biji dikeringkan dalam waktu minimal satu minggu pada tempat terbuka. Hal ini bertujuan agar biji lebih mudah berubah jadi kecamabah saat disemai.
  • Siapkan campuran pasir dan kompos untuk media penyemaiannya dengan perbandingan 1 banding 1. Supaya media untuk menyemaikan benih tetap dalam keadaan lembab siram lah dengna air secara merata setiap harinya.
  • Selanjutnya, semaikan biji dengan kedalaman 3 meter dari biji.
  • Letakkan ditempat yang cukup mendapatkan cahaya sinar matahari.
  • Jika telah tumbuh daun antara 3 sampai 4 lembar daun, maka pindah biji tersebut ke tempat polybag. Biarkan tanaman berada di polybag hingga ketinggiananya 50 sampai 70 cm, sebelum kamu pindahkan ke tempat tanah terbuka.

Menanam Bibit

  • Siapkan lubang yang ukurannya 50 cm x 50 cm x 50 cm, setelah itu kompos dimasukkan ke lobang yang telah disiapkan.
  • Siram kompos dengan air sampai terlihat basah merata, kemudian tanaman tabebuya dipindah ke lubang tersebut.
  • Lubang tersebut kamu timbun dengan campuran antara tanah dengan kompos dan siramlah setiap hari.
  • Agar dapat mengurangi penguapan yang bisa terjadi pada tanaman, pangkas saja cabang yang tak diinginkan.

Memberikan Pupuk

  • Selama setahun, biarkan tanaman tabebuya tumbuh secara alami, setelah itu baru memberinya pupuk.
  • Pemberian pupuk disebar secara melingkar pada sekitar tanaman.
  • Untuk memberi pupuk kamu perlu membuat lubang di sekitar tanaman dengan kedalaman sekitar 20 cm, kamudian isilah menggunaakn pupuk organic.

Melakukan Pemangkasan

  • Pemangkasan baiknya itu dilakukan setiap tahun pada akhir kemarau dan menjelang musing hujan secara rutin.
  • Apabila pemangkasan dilakukan secara tuin, maka daun tabebuya akan memiliki bentuk yang teratur. Untuk pemangkasan, sebaiknya panggkas cabang atau daun yang tidakk diinginkan supaya bisa tumbuh sesuai apa yang diinginkan.

Demikian penjelasan mengenai pohon tabebuya dan cara menenam pohon tabebuya. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk menanam pohon tabebuya dengan kualitas unggul, kamu bisa cari tahu informasi Harga pohon tabebuya melalui situs yang jual aneka tanaman https://www.sentrapohon.com. Semoga penjelasan yang telah saya sampaikan di atas bisa memberikan manfaat khususnya bagi kamu yang ingin menanam pohon tabebuya.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar