--> Skip to main content

Penyebab Ponsel Android Terkena Virus, Cara Mencegah dan Melindunginya

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - September 03, 2023

Ponsel sebagai salah satu perangkat elektronik yang banyak digunakan untuk menunjang komunikasi jarak jauh. Selain itu, ponsel juga dapat digunakan untuk berbagai akivitas seperti mengakses layanan perbankan, membayar tagihan, melacak pengeluaran, maupun berbagai aktivitas yang lain. Dapat dikatakan bahwa ponsel memiliki fungsi yang serba guna.

Antivirus Android

Lalu, bagaimana jika ponsel yang kita gunakan untuk berbagai aktivitas tersebut terkena virus? Bisa jadi ponsel kita akan rusak dan tidak dapat digunakan. Bahkan, virus juga bisa mengancam keamanan data pribadi yang terdapat pada ponsel. Maka dari itulah penting bagi kita untuk mengetahui apa penyebab ponsel android bisa terkena virus dan bagaimana cara mencegah dan melindunginya.

Penyebab Ponsel Android Terkena Virus

Umumnya ponsel android bisa terkena virus itu karena kurangnya perlindungan seperti tidak memasang Antivirus Android. Namun, selain itu ada beberapa penyebab lain kenapa ponsel bisa terkena virus. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Download aplikasi sembarangan yang berasal dari sumber yang tidak terpercaya kemudian diinstal di ponsel.
  • Menginstall dan menggunakan aplikasi android yang versi bajakan.
  • Tertular virus dari ponsel lain karena berbagi file, baik itu file gambar, musik, video maupun jenis file lainnya.
  • Wifi diatur secara otomatis selalu aktif.
  • Memberi izin informasi pribadi pada aplikasi android yang digunakan.
  • Jarang melakukan update aplikasi android yang terinstall di ponsel.
  • Sistem keamanan yang terdapat pada ponsel android kurang berfungsi secara baik.

Cara Mencegah dan Melindungi Ponsel Dari Serangan Virus

Untuk mencegah agar ponsel android tidak terkena virus yaitu pastikan aplikasi yang diinstal itu aplikasi dari tempat terpercaya seperti dari Google Play Store. Jika sering memasang aplikasi yang berasal dari tempat lain, maka sebaiknya terlebih dahulu ponsel android dipasang antivirus. Dengan memasang antivirus, maka ponsel android bisa lebih terlindungi dari berbagai serangan virus yang mengancam. Namun, penting untuk diingat bahwa dalam memasang antivirus pastikan itu berasal dari vendor terpercaya. Antivirus Terbaik dari vendor terpercaya salah satunya adalah Protekzi - Super Antivirus yang dibuat PT Gig Kita Bersama. Protekzi - Super Antivirus merupakan aplikasi antivirus android yang memiliki teknologi canggih sehingga dapat memberikan perlindungan keamanan ponsel android yang kamu pakai untuk aktivitas sehari-hari dari berbagai virus, malware, ransomware, adware dan lain-lain.

Itulah penjelasan tentang beberapa penyebab ponsel android bisa terkena virus, beserta dengan cara mencegah dan melindunginya. Dengan memasang antivirus yang tepat, maka perlindungan keamanan ponsel bisa lebih maksimal sehingga ponselmu tetap aman dari virus yang menyebabkan kerusakan atau meretas data pribadi pada ponselmu. Semoga informasi yang telah saya tulis di atas bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan perlindungan untuk ponsel dari virus yang berbahaya.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar