--> Skip to main content

Jenis-jenis Kanopi Minimalis dan Manfaatnya

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - August 19, 2023

Kanopi seringkali dipasang pada area oudoor. Selain dapat membuat tampilan rumah lebih estetik, tujuan pemasangan kanopi ialah untuk melindungi area outdoor supaya tidak kepanasan atau kehujanan. Sehingga tidak heran, jika saat ini jenis kanopi minimalis cukup beragam.

Jenis-jenis Kanopi Minimalis dan Manfaatnya

Maka dari itulah, dalam memilih kanopi minimalis, harus bisa menyesuaikan kebutuhan, seperti bahan yang digunakan maupun ukurannya.

Jenis-jenis Kanopi Minimalis

Bagi kamu yang memiliki rencana memasang kanompi minimalis untuk rumahmu, kamu bisa menyimak beberapa penjelasan dari jenis kanopi berikut ini.

1. Kanopi Minimalis Spandek Mudah Dipasang

Bahan spandek untuk kanopi minimalis ini merupakan bahan dari campuran antara aluminium (55%), seng (43%), dan silicon (2%) agar fleksibel. Kanopi jenis ini biasanya mempunyai bentuk yang tipis sehingga lebih mudah dipasang, bahkan pemasangannya bisa dilakukan oleh satu orang. Meskipun bahan kanopi ini tipis, tetapi kanopi dari bahan spandek ini memiliki daya tahan yang cukup lama yaitu hingga 15 tahun.

Menariknya kanopi dari bahan spandek ini tersedia dalam berbagai pilihan warna yang dapat kamu sesuaikan dengan suasana atau tema rumah. Akan tetapi, saat hujan kanopi jenis ini cukup berisik dan saat hari sedang cerah suhu ruangan bisa naik karena kanopi jenis ini tidak dapat menyerap panas.

2. Kanopi Minimalis Estetik Terbuat Dari Kaca

Kanopi yang terbuat dari kaca dapat membuat rumah minimalis terlihat lebih elegan dan mewah. Bahan kaca yang transparan dapat memunkinkan untuk melihat pemandangan langit yang indah, dan merasakan sinar matahari. Selain bisa dipasang di depan rumah, kanopi berbahan kaca juga bisa dipaang di belakang rumah, teras, balkon, maupun di ruang terbuka yang lain.

Meskipun kanopi yang terbuat dari kaca dapat menambah estetika rumah, tetapi perlu diketahui jika saat sedang panas-panasnya matahari, maka dapat membuat suhu ruangan menjadi ikut naik. Oleh karena itu, kamu juga perlu memasang kipas angin atau AC supaya tidak kepanasan.

3. Kanopi Dari Polycarbonate Kuat

Kanopi Polycarbonate terbuat dari bahan plastik transparan yang mirip seperti kaca. Kanopi jenis ini terbuat dari bahan polimer yang terlihat jernih sehingga dapat memberikan kesan pada ruangan yang terlihat lebih tinggi. Jenis kanopi polycarbonate ini terkenal memiliki daya tahan yang kuat, awet dan ringan serta pemasangannya mudah . Selain itu, hal menarik dari jenis kanopi ini yaitu mampu meredam panas sinar matahari hingga 90%.

4. Kanopi Dari Alderon Anti Bocor

Kelebihan dari kanopi alderon salah satunya yang utama adalah tahan lama meskipun terkena hujan yang deras. Kanopi alderon terbuat dari Unplasticizide Polyvinyl Chloride (uPVC) berbentuk gelombang dan mempunyai rongga. Rongga tersebut biasanya mampu menahan panas sehingga membuat rumah tetap terasa sejuk. Selain itu, kanopi alderon juga dapat meredam suara hujan, sehingga saat hujan tidak begitu berisik.

Terdapat 2 jenis kanopi alderon yakni single layer dan double layer. Kanopi aldeon double layer lebih baik dibanding kanopi alderon single layer karena dapat meredam suara maupun hawa panas yang lebih baik. Akan tetapi, kanopi jenis alderon ini lebih mahal dan hanya tersedia 2 pilihan warna yaitu abu-abu dan putih.

5. Kanopi Dari Membran yang Tahan Lama

Jenis kanopi dari membran ini dapat bertahan lama sampai 30 tahun. Kanopi membran ini bisa kita temukan dalam berbagai ukuran dari ukuran yang kecil untuk tempat parkir kendaraan hingga yang ukuran besar untuk tempat wisata.

Walaupun kanopi membran harganya cukup mahal, namun tetap banyak yang menggunakan karena memiliki desain yang modern, futuristik dan mewah. Biasanya kanopi membran dapat kita temukan pada perumahan-perumahan elit, lapangan olahraga, perusahaan, taman, kolam renang, dan tenda kafe.

Manfaat Kanopi Minimalis

Pemasangan kanopi minimalis tentu memiliki beberapa manfaat, adapun manfaatnya yaitu sebagai berikut:

  • Sebagai pelindung rumah dari berbagai cuaca.
  • Sebagai dekorasi yang memperkuat desain rumah.
  • Menambah nilai keindahan sebuah rumah.
  • Menangkal bias cahaya.
  • Fungsi tambahan pada bagian luar rumah.
  • Dapat menghemat biaya perawatan rumah.

Itulah penjelasan dari jenis-jenis kanopi minimalis dan manfaatnya, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar