--> Skip to main content

Apa itu Geolistrik dan Bagaimana Cara Kerja Geolistrik

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - August 10, 2023

Keberadaan jasa geolistrik menjadi hal yang sangat penting dan berguna bagi kehidupan manusia. Hal tersebut karena manfaatnya yang luas dan sangat membantu baik untuk pekerjaan maupun kebutuhan kita. Dimana dalam hal ini jasa geolistrik sangat membantu sekali dalam pengambilan keputusan dengan perencanaan yang sangat tepat. Lalu apa sih geolistrik itu dan bagaimana cara kerja geolistrik? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu Geolistrik

Geolistrik adalah salah satu metode geofisika yang tujuannya untuk mengetahui sifat-sifat kelistrikan lapisan batuan dibawah bagian permukaan tanah. Caranya dengan memasukkan atau menginjeksikan arus listrik yang memiliki tegangan tinggi ke dalam tanah. Dengan aliran arus listrik tersebut maka dapat menimbulkan suatu tegangan arus listrik dalam tanah.

Geolistrik merupakan salah satu metode geofisika yang bersifat aktif atas arus listrik yang bersumber dari tanah luar sistem. Biasanya, jasa geolistrik bertujuan untuk mencari tahanan jenis dari bebatuan. Metode geolistrik sangat bisa digunakan untuk menentukan sifar potensial kelistrikan yang lain dari medan induksi.

Hasil dari pengukuran geolistrik sounding maupun mapping dapat disesuaikan dengan akuisis data dan jenis konfigurasi yang dipakai. Data hasil pengukuran geolistrik dapat berupa tahanan jenis dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan. Metode geolistrik sering kali dimanfaatkan untuk mengetahui bagaimana struktur pada bawah permukaan tanah, mencari lapisan akuifer air tanah, sebaran endapan mineral dan batubara, kajian geologi teknik, yang akan dipergunakan untuk mitigasi bencana.

Cara Kerja Geolistrik

Cara kerja geolistrik adalah engan cara menginjeksikan arus listrik DC dari elektroda arus lalu mulai mengamati hasil pengukuran lewat elektroda potensial. Metode geolistrik merupakan metode yang relatif murah dan ramah terhadap lingkungan karena tidak memakai bahan peledak. Metode geolistrik sendiri terbagai menjadi 3 metode yaitu:

  1. Metode geolistrik resistivitas.
  2. Metode geolistrik polarisasi yang terinduksi.
  3. Metode geolistrik potensial diri.

Setiap metode geolistrik mempunyai keunggulan dan kekurangan masing-masing dan mempunyai parameter dan sifat fisika yang saling berkaitan. Pada metode geolistrik resistivitas dan potensial diri menggunakan konduktivitas listrik. Sementara untuk metode polarisasi terinduksi menggunakan kapasitansi listrik. Dalam proses pengambilan data yang terdapat di lapangan, metode geolistrik menggunakan konfigurasi seperti konfigurasi wenner, schlumberger, dipole-pole dan yang lainnya.

Dalam setiap konfigurasi mempunyai faktor koreksi geometri berdasarkan dari susunan elektrodanya serta berfungsi supaya nilai resistivitas semu yang terukur di lapangan lebih mendekati kebenaran. Pengaplikasian metode geolistrik adalah sebagai suatu cara untuk mempelajari potensi struktur air tanah, batu bara, mineral logam, dan lain-lain.

Bagi kamu yang sedang mencari jasa survey geolistrik, maupun peralatan geolistrik yang lain, kamu dapat menghubungi CV. Oasis Teknik yang merupakan salah satu spesialis geolistrik terbaik di Indonesia. CV. Oasis Teknik menawarkan jasa ini dengan harga yang terjangkau dan dengan hasil yang baik.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar