--> Skip to main content

Bagaimana Email Membantu Memperluas Jaringan dan Koneksi Anda?

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - Juli 11, 2023

Melihat begitu banyaknya pengguna email sekarang ini tentu ini dapat menjadi kesempatan emas bagi anda dalam memperluas jaringan dan koneksi anda dengan email marketing. Pasalnya di era teknologi seperti sekarang ini hampir setiap orang telah mempunyai emal baik itu email gratis maupun email berbayar yang bisa dibuat melalui jasa email perusahaan.

Bagaimana Email Membantu Memperluas Jaringan dan Koneksi Anda?

Email marketing merupakan salah satu strategi pemasaran dengan memanfaatkan media email yang dapat memperluas jaringan dan koneksi anda. Cara kerjanya yaitu dengan mengirimkan email kepada banyak orang baik itu pelanggan lama maupun calon pelanggan. Meskipun terlihat sederhana, ada baiknya jika anda mengenal dulu jenis-jenis email marketing untuk memperluas jaringan dan koneksi.

Memang tidak dapat dipungkiri kalau sekarang ini media sosial menjadi salah satu channel yang sangat penting untuk sebuah bisnis. Alasan mengapa email marketing tetap esensial yaitu karena tidak semua orang menggunakan media sosial dan setiap pengguna media sosial pasti mempunyai email. Selain itu orang-orang juga banyak menggunakan email untuk kepentingna pribadi maupun untuk urusan pekerjaan.

Jenis Email Marketing Yang Dapat Memperluas Jaringan dan Koneksi Anda

Adapun beberapa jenis email marketing yang bisa memperluas jaringan dan koneksi anda selaku anda sebagai seorang pebisnis online diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Direct Email

Direct email merupakan pesan yang anda kirimkan ke daftar email pelanggan, baik ituu pelanggan lama maupun baru. Konten email ini dapat berupa ajakan atau promosi untuk menjadi pelanggan baru. Keuntungan yang anda dapatkan yaitu jika mereka bisa menjadi pelanggan baru di toko online anda.

Akan tetapi, sayangnya masih banyak para pemilik bisnis online yang masih salah kaprah dalam menggunakan media promosi yang satu ini. Mereka masih banyak yang mengirimkan email secara bertubi-tubi sehingga banyak diantara penerimanya yang menandai pesan tersebut sebagai spam, bahkan ada pula yang yang unsubscribe.

2. Retention Email

Lain halnya dengan direct email, retention email ini hanya dikirim untuk pelanggan lama. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa pelanggan akan selalu ingat bisnis online anda. Selain itu juga bertujuan untuk menjaga hubungan baik dengan para pelanggan.

Pesan email retention email ini isinya tidak melulu dalam bentuk promosi atau penawaran, namun dapat juga berupa tips, informasi penting yang perlu diketahui pelanggan hingga undangan untuk datang ke acara bisnis anda.

3. Beriklan di Email Pihak Ketiga

Jenis email marketing yang satu ini cukup efektif dilakukan dalam memasarkan produk atau jasa secara online. Pasalnya, jika anda kekurangan data email pelanggan maupun subscribers, maka anda bisa memanfaatkan daftar email dari publisher lain sebagai pihak ketiga yang umumnya adalah perusahaan media masa atau telekomunikasi.

Tidak hanya itu saja, anda juga dapat bekerja sama dengan pemilik bisnis lainnyayang telah mempunyai pelanggan. Untuk melakukan ini tentunya anda perlu mempersiapkan sejumlah biaya atas jasa tersebut.

Adanya email marketing dapat membuat bisnis yang anda jalankan bisa lebih berkembang. Selain itu, email marketing juga bisa membuat pengusaha mempunyai jaringan yang luas dan selalu terkoneksi dengan para pelanggan. Nah, agar lebih profesional sebagai pebisnis dalam menggunakan email, ada baiknya menggunakan email custom dengan nama bisnis atau nama perusahaan. Untuk membuatnya bisa dengan mempercayakannya pada jasa buat email perusahaan.

Demikian penjelasan tentang bagaimana email membantu memperluas jaringan dan koneksi anda. Semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar