--> Skip to main content

Aplikasi Kalender Indonesia Lengkap: Tanggal Merah, Hijriyah, dan Hari Pasaran

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - July 18, 2023

Meskipun kalender nasional menggunakan kalender masehi sebagai kalender utama, namun kalender nasional atau kalender Indonesia ini mempunyai perbedaan yang mencolok dengan kalender di Negara lain. Perbedaannya di kalender Indonesia ini selain penanggalan masehi terdapat juga penanggalan hijriah, penanggalan jawa dengan hari pasaran.

Aplikasi Kalender Indonesia Lengkap

Dalam satu kalender terapat tanggalan hijriah dan jawa dengan hari pasaran yang ditulis di sebelah tanggal Masehi, tentu ini akan memberikan informasi yang lebih lengkap. Jadi, kalender Indonesia ini tetap mempertahankan warisan dari berbagai sistem penanggalan yang ada di Indonesia. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kalender Indonesia itu menampilkan kakayaan budaya dan tradisi yang beragam.

Pada kebanyakan ponsel, aplikasi kalender bawaannya hanya menampilkan tanggalan Masehi saja, tanpa ada tanggalan Hijriah dan Jawa dengan hari pasaran di dalamnya. Tentunya keadaan ini kurang lengkap bagi sebagian penggunanya. Terlebih lagi bagi mereka yang memang membutuhkan penanggalan hijriah dan jawa untuk melakukan kegiatannya sehari-hari, baik itu untuk keperluan kegiatan keagamaan maupun kegiatan adat budaya. Sehingga, bagi mereka mempunyai akses langsung terhadap kalender lengkap menjadi hal yang penting dan berguna untuk menjalankan aktivitasnya sesuai dengan tuntutan agama dan budaya yang dianutnya.

Meskipun saat ini sudah ada kalender dinding yang lengkap, namun rasanya kurang praktis jika dibawa kemana-mana. Maka dari itulah, keberadaan kalender di ponsel dengan fitur yang lengkap dengan penanggalan Hijriah, Jawa, dan hari pasaran sangat dibutuhkan.

Dengan adanya aplikasi kalender lengkap, maka pengguna akan merasa mempunyai kalender 2024 seperti yang terpasang didinding namun bisa dalam genggaman mereka. Dengan begitu akan lebih mudah untuk mengakses kalender sesuai kebutuhan, bisa digunakan kapan saja dan bisa dibawa kemana-mana.

Jika tertarik untuk menggunakan Kalender Indonesia Lengkap, silahkan download di google PlayStore:

Aplikasi Kalender Indonesia Lengkap

Menariknya aplikasi tersebut tidak hanya cocok digunakan untuk ponsel Samsung, Sony, Oppo, Redmi, Realme, Asus, Huawei, atau Infinix, akan tetapi juga dapat diakses menggunakan ponsel android merek apapun. Jadi merek apapun ponsel androidmu akan bisa menikmati praktisnya menggunakan aplikasi kalender Indonesia lengkap ini.

Dengan menggunakan aplikasi kalender Indonesia lengkap, semua informasi penanggalan tersedia dalam genggamanmu. Mau lihat kalender masehi bulan Januari - Februari - Maret - April - Mei - Juni - Juli - Agustus - September - Oktober - November - Desember, sangat mudah. Kemudian jika ingin melihat kalender Islam (hijriah) bulan Muharram - Safar - Rabiul Awal - Rabiul Akhir - Jumadil Awal - Jumadil Akhir - Rajab - Sya'ban - Ramadhan - Syawal - Zulkaidah - Zulhijjah, juga mudah. Lalu, jika ingin melihat tangggalan jawa bulan Sura - Sapar - Mulud - Bakda Mulud - Jumadilawal - Jumadilakir - Rejeb - Ruwah, juga mudah.

Itulah penjelasan tentang Aplikasi Kalender Indonesia Lengkap: Tanggal Merah, Hijriyah, dan Hari Pasaran

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar