--> Skip to main content

5 Manfaat Artificial Intelligence (AI) dalam Kehidupan Manusia

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - June 17, 2023

Pro dan kontra terkait kecerdasan buatan sudah ada sejak munculnya teknologi ini. Hal ini semakin kuat karena kampanye-kampanye ancaman Artificial Intelligence (AI) yang direalisasikan melalui film-film yang banyak beredar tentang AI. Jika dilihat dari informasi yang tersebar di media terkait ancaman AI, maka kita akan digiring pada opini-opini tentang lapangan pekerjaan yang tergantikan oleh robot atau mesin, robot-robot yang menguasai kehidupan manusia, hingga berujung pada kiamat manusia atau punahnya manusia dari permukaan bumi ini. Namun, disisi lain AI ternyata juga banyak memberikan manfaat bagi kehidupan manusia itu sendiri. Apa saja manfaat-manfaat dari AI dalam kehidupan manusia?

5 Manfaat Artificial Intelligence (AI) dalam Kehidupan Manusia

1. Aktifitas Menjadi Lebih Efektif dan Efisien

Efisiensi dari kecerdasan buatan sudah tidak diragukan lagi. Efisiensi berarti kepraktisan dan kecepatan dalam menyelesaikan suatu aktifitas atau kegiatan. Dalam hal ini, AI yang sudah memiliki database informasi atau pengetahuan layaknya manusia dengan kemampuan mengingat yang begitu tinggi. AI tidak seperti manusia yang seringnya mengalami permasalahan ingatan atau lupa. AI hanya memerlukan sedikit waktu untuk memproses informasi yang sudah dimilikinya, meskipun informasi tersebut diinput bertahun-tahun yang lalu. Hal ini yang mendorong efisiensi pada AI.

Selain efisien, pekerjaan yang dilakukan oleh AI merupakan pekerjaan yang tepat guna atau efektif. Tentu saja hal ini didorong oleh kebenaran informasi yang diinput ke teknologi itu sendiri.

2. Meningkatnya Produktivitas

Efektifitas dan efisiensi dari kecerdasan buatan mendorong peningkatan pada produktivitas. Hal ini karena proses-proses manual yang tadinya memakan banyak waktu, dipersingkat dengan adanya kecerdasan buatan ini. Tentu saja, produksi akan jauh meningkat baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

3. Otomatisasi Berulang

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence juga mendorong pada otomatisasi yang berulang. Selama informasi atau data yang ada pada AI tidak berubah atau terpengaruh oleh informasi baru, maka otomatisasi yang dilakukan secara berulang-ulang bukanlah hal yang mustahil bagi AI.

4. Meminimalisir Terjadinya Kesalahan

Hal ini terkait pada efektifitas atau daya tepat guna yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dengan didukung oleh kebenaran data sebagai informasi atau pengetahuan, AI memiliki kecerdasan yang tidak diragukan lagi. Hal ini akan berdampak pada kecilnya kesalahan yang terjadi pada suatu aktifitas atau pekerjaan.

5. Meningkatkan Kualitas Kehidupan Manusia

Manfaat yang terakhir dari Artificial Intelligence yaitu meningkatnya taraf kehidupan manusia. Denga efisiensi dan efektifitas yang mampu dilakukan secara berulang-ulang, AI mampu menjadi problem solver dari berbagai permasalahan manusia. AI dapat bermanfaat di berbagai bidang kehidupan, menyelesaikan tugas-tugas yang sulit diselesaikan, dan tentunya mempermudah manusia dalam banyak hal. Hingga hari ini, Artificial Intelligence sudah diterapkan dalam berbagai aspek dan program dengan harapan kemajuan kualitas kehidupan.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar