--> Skip to main content

Apa itu WordPress dan Fungsinya

Saat ini ada banyak sekali platform yang dapat digunakan untuk membuat blog atau website. Tentunya bagi seorang pemula akan bingung mau menggunakan yang mana. Maka dari itulah di sini saya akan membahas tentang salah satu platform untuk membuat blog atau website yang terkenal akan kemudahannya. Platform tersebut dikenal dengan nama WordPress. Apa itu WordPres? Silahkan simak penjelasan tentang apa itu Wordpress dan fungsinya berikut ini.

Apa itu WordPress dan Fungsinya

Apa itu WordPress

WordPress pada dasarnya adalah CMS (Content Management System) yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan dengan databasenya MySQL. Dengan menggunakan WordPress, pembuatan dan pengelolaan website menjadi mudah tanpa harus tentang coding atau bahasa pemrograman. Hal itulah yang membuat para pemula bisa membuat website dengan mudah. Sehingga, tidak heran jika platform WordPress ini menjadi platform yang popular digunakan untuk membangun sebuah website atau blog.

Poin penting yang menjadi salah satu penyebab banyaknya orang memilih menggunakan WordPress untuk pembuatan website adalah karena WordPress mempunyai interface yang user friendly dan intuitif. Meskipun pada umumnya WordPress digunakan untuk membuat website jenis blog, akan tetapi banyak juga yang menggunakannya untuk membuat website profil perusahaan, e-commerce, membership site, portofolio dan masih banyak yang lainnya.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Sebelum membuat website menggunakan WordPress, ada baiknya kamu harus tahu terlebih dahulu perbedaan antara wordpress.com dan wordpress.org. Bagi para pengguna baru, hal ini sering kali membingungkan karena kedua platform tersebut mempunyai fungsi yang berbeda. Lalu apa perbedaannya? Berikut ini adalah penjelasannya.

WordPress.org

WordPress.org merupakan platform yang bersifat open-source dan gratis yang bisa diinstall di host web kamu sendiri, sehingga menjadikan website 100% milikmu. Untuk dapat menggunakan WordPress.org, kamu harus berlangganan hosting secara terpisah atau sering kali disebut sebagai self-hosted.

WordPress.com

WordPress.com merupakan platform yang memberikan layanan dari yang gratis hingga berbayar (premium). Untuk yang gratis fiturnya sangat terbatas, jika ingin melakukan pengaturan tertentu atau menambah fitur tertentu maka harus berlangganan paket tertentu. Untuk menggunakan WordPress.com tidak perlu berlangganan hosting karena WordPress.com telah terintegrasi dengan layanan hosting. Platform ini memang mudah digunakan, namun kurang fleksibilitas jika dibandingkan dengan WordPress.org, mulai dari fiturnya hingga resource WordPress yang terdapat pada hostingnya.

Fungsi WordPress

WordPress mempunyai fungsi yang sangat banyak terutama bagi para pengguna yang ingin memiliki sebuah website. Umumnya WordPress difungsikan sebagai CMS untuk membuat berbagai macam website, beberapa diantaranya adalah:

Untuk Membuat Blog

Fungsi WordPress umumnya digunakan untuk membuat blog. Ada berbagai macam fitur yang dapat memudahkan penggunanya untuk membuat sistem konten di WordPress, beberapa diantaranya yaitu fitur posting, tag, kategori dan lain-lain. Tentunya, ini akan mudah digunakan bagi pengguna baru yang belum paham tentang bahasa pemrograman sekali pun.

Untuk Membuat Website Toko Online

WordPress dapat dijadikan sebagai pilihan yang tepat untuk membuat website toko online. Dengan adanya plugin e-commerce pada WordPress seperti WooCommerce, maka akan memudahkan dalam membuat toko online yang lengkap dengan berbagai fitur, seperti fitur pengelolaan produk, pembayaran, pengiriman, pengembalian dana dan masih banyak yang lainnya.

Untuk Membuat Website Portofolio Profesional

Di WordPress terdapat berbagai macam tema yang bisa cocok digunakan untuk membuat website portofolio yang profesional. Sehingga, tidak heran jika WordPres ini dijadikan sebagai pilihan oleh para illustrator, penulis, fotografer, dan pekerja seni yang lainnya untuk menampilkan merek pribadinya pada platform WordPress. Dengan menggunakan WordPress, maka bisa memilih tema yang ada galeri bawaannya, atau bisa juga menginstall pluggin tertentu untuk slider portofolio dan carousel.

Untuk Membuat Website Bisnis

Bagi yang mempunyai usaha kecil menengah dan berkeinginan untuk membuat website bisnis yang perofesional, maka WordPress bisa menjadi pilihan yang tepat. Di platform Wordpres terdapat berbagai pilihan template bisnis yang dapat disesuaikan dengan bisnismu. Dengan menggunakan WordPress, kamu bisa mengintegrasikan dan mengembangkan bisnismu dengan memanfaatkan plugin SEO, analitik, pengambilan prospek, dan masih banyak yang lainnya.

Untuk Membuat Situs Membership

Pada WordPress terdapat fitur plugin yang mendukung untuk membuat situs membership. Tentunya dengan fitur ini akan sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin memonetisasi situs dengan membatasi konten premium yang hanya untuk anggota situs saja. Dalam hal ini, kamu bisa mengelola pendaftaran, pembayaran hingga menyiapkan level anggota.

Setelah membaca penjelasan di atas, bagaimana sekarang kamu sudah tahu kan Apa itu WordPress dan fungsinya. Semoga, penjelasan yang telah saya tulis di atas dapat bermanfaat bagi kamu yang ingin tahu tentang WordPress.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar