--> Skip to main content

Tempat Untuk Memperpanjang SIM

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - October 24, 2022

Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah dokumen yang wajib untuk dimiliki bagi setiap pengendara kendaraan bermotor. SIM mempunyai masa berlaku yang harus diperpanjang jika sudah sampai pada masanya. Untuk masa berlaku SIM yaitu 5 tahun. Jika masa berlaku SIM sudah hampir habis, maka pemilik SIM harus melakukan perpanjangan.

Tempat Untuk Memperpanjang SIM

Saat ini untuk melakukan perpanjangan SIM, masyarakat semakin di permudah karena ada sejumlah program terobosan salah satunya yaitu dengan hadirnya program SIM keliling. Melalui SIM keliling, maka masyarakat tidak harus datang ke kantor SATPAS (Satuan Penyelenggara Administrasi SIM) Polres untuk perpanjang SIM. Namun, jadwal SIM keliling untuk setiap daerah berbeda-beda, misalnya anda berada di daerah bekasi maka anda harus tahu info jadwal sim keliling bekasi. Untuk pembahasan lebih lanjut tentang dimana saja untuk melakukan perpanjangan SIM simak penjelasan artikel ini sampai selesai.

Dimana saja tempat Perpanjang SIM

Saat ini, untuk melakukan perpanjangan SIM ada berbagai pilihan. Adapun beberapa tempat yang dapat dijadikan sebagai pilihan untuk melakukan perpanjangan SIM diantaranya adalah tempat pelayanan SATPAS (Satuan Penyelenggara Administrasi SIM) dan tempat layanan SIM keliling sesuai Jadwal yang telah ditentukan. Selain itu masyarakat juga dipermudah untuk melakukan perpanjangan SIM secara online menggunakan aplikasi. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Kantor SATPAS

Kantor SATPAS (Satuan Penyelenggara Administrasi SIM) adalah kantor yang merupakan unsur pelaksana Polri dalam bidang lalu lintas yang berlokasi di lingkungan kantor kepolisian setempat atau dapat juga berlokasi di luar lingkungan kepolisian setempat.

2. Tempat Pelayanan SIM Keliling

Tempat pelayanan SIM keliling merupakan tempat yang secara khusus digunakan untuk memberikan pelayanan perpanjangan masa berlaku SIM secara bergerak di berbagai tempat. Tujuan dari pelayanan SIM keliling yaitu untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan perpanjangan masa berlaku SIM. Namun, untuk melakukan perpanjangan SIM melalui layanan SIM keliling masyarakat harus tahu jadwal SIM keliling di tempatnya. Sebagai contoh jika tinggal di Surabaya, maka harus tahu jadwal sim keliling surabaya. Biasanya antrian masyarakat yang melakukan perpanjangan di SIM kelliling lebih sedikit daripada di kantor SATPAS. Jadi, dengan adanya SIM keliling ini bisa dijadikan sebagai pilihan bagi anda yang tidak mau lama menunggu antrian yang panjang.

3. Aplikasi Digital Korlantas POLRI

Aplikasi Digital Korlantas POLRI adalah sebuah aplikasi resmi dari Korlantas POLRI yang bisa digunakan untuk melakukan perpanjangan SIM secara online. Tujuan dibuatnya aplikasi ini adalah untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan layanan dari korlantas. Untuk bisa menggunakan Aplikasi Digital Korlantas POLRI, masyarakat bisa mendownloadnya melalui Google Play Store jika menggunakan Android atau melalui App Store jika menggunakan iOS.

Dengan berbagai pilihan tempat perpanjangan SIM, maka mulai saat ini jangan sampai telat untuk melakukan perpanjangna SIM. Karena, anda bisa memilih tempat perpanjangan SIM seperti yang telah dijelaskan di atas yaitu melalui Kantor SATPAS, SIM keliling sesuai jadwal masing-masing tempat, misal di semarang harus sesuai jadwal sim keliling semarang. Kemudian juga, dipermudah lagi dengan adanya sistem perpanjangan SIM Online menggunakan aplikasi Digital Korlantas POLRI. Jadi, sangat mudah kan untuk memperpanjang SIM.

Demikian penjelasan yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini yaitu tentang tempat untuk memperpanjang SIM. Semoga penjelasan yang telah saya tulis di atas dapat bermanfaat bagi kamu, khususnya bagi kamu yang saat ini akan melakukan perpanjangan SIM, namun bingung dimana tempatnya.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar