--> Skip to main content

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - October 16, 2022

Flek hitam di wajah merupakan kondisi terdapat bercak hitam atau bintik-bintik gelap pada kulit. Secara medis flek hitam disebut sebagai hiperpigentasi yaitu kondisi dimana produksi melanin berlebih sehingga menimbulkan bintik-bintik atau bercak gelap pada kulit. Melanin merupakan zat pigmen yang berperan dalam memberikan warna kulit tubuh.

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

Munculnya flek hitam di wajah tentunya dapat mengganggu penampilan dan dapat mengurangi rasa percaya diri. Bukan tanpa alasan, noda hitam dapat membuat wajah menjadi terlihat kurang menarik karena tampak lebih kusam. Lalu bagaimanakah cara menghilangkan flek hitam di wajah? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Cara Menghilangkan Flek Hitam Membandel Di Wajah Secara Alami

Agar noda hitam tidak mengganggu penampilan, kamu bisa menghilangkannya dengan menggunakan bahan alami berikut ini.

Lemon

Lemon memang mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk kesehatan kulit dan wajah. Lemon memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu mencerahkan kulit dan membuat warna kulit lebih rata secara alami. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan membasahi kapas menggunakan air perasan lemon. Setelah itu, usapkan ke permukaan wajah secara perlahan dan secara merata. Biarkan terlebih dahulu selama beberapa saat sebelum kamu membilas wajah menggunakan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara tersebut secara rutin.

Lidah Buaya

Untuk mengurangi munculnya flek hitam yang dapat menganggu penampilan, kamu bisa memanfaatkan gel lidah buaya. Kandungan senyawa asam salisilat dan aloin yang terdapat pada lidah buaya dapat membantu menghilangkan flek hitam pada area wajah secara alami. Cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan flek hitam yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya ke area wajah yang ada flek hitamnya setiap kali sebelum tidur malam. Keesokan harinya, bilas dengan air bersih.

Kentang dan Madu

Kentang juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami yang dapat membantu menghilangkan flek hitam pada wajah. Hal tersebut karena kentang mengandung banyak zat alami yang dapat membantu membuat kulit menjadi lebih cerah. Dalam pembuatan masker wajah dari kentang bisa dengan menambahkan madu, air perasan lemon, teh dan susu bubuk. Madu mempunyai kandungan antioksidan yang sangat baik untuk menunjang kesehatan kulit, sehingga dapat membantu membuat kulit menjadi lebih cerah.

Bawang Putih

Ternyata bawang putih tidak hanya berkhasiat untuk mengobati penyakit, tetapi bawang putih juga dapat bermanfaat untuk bidang kecantikan. Bawang putih dapat digunakan untuk membantu menghilangkan bercak hitam karena bawang putih memiliki kandungan anti-inflmasi dan anti-bakteri. Cara penggunaannya yaitu dengan mengoleskan irisan bawang putih atau tumbukan bawang putih pada flek hitam yang ada di wajah. Diamkan slema 30 menit, setelah itu bilas sampai bersih.

Cuka Apel

Kamu dapat mengurangi flek hitam dengan menggunakan cuka apel. Kandungan asam asetat yang terdapat pada cuka apel dapat membantu membuat warna kulit lebih cerah dan merata. Cara penggunaannya yaitu campurkan beberapa tetes cuka apel ke dalam air pada mangkuk. Setelah itu, oleskan ke area kulit yang ada flek hitamnya secara merata. Diamkan selama kurang lebih 2 sampai 3 menit kemudian bilas menggunakan air bersih. Agar hasilnya bisa maksimal lakukan cara tersebut secara rutin. Jangan mengoleskan cuka apel secara langsung tanpa melarutkannya dengan air karena dapat memicu terjadinya iritasi. Jika tetap terjadi iritasi meskipun sudah melarutkan cuka apel, maka sebaiknya hentikan penggunaannya.

Demikian penjelasan yang dapat saya tulis tentang cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar