--> Skip to main content

ROG Zephyrus G14 (2022) Laptop Gaming 14-inci Paling Powerful

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - June 24, 2022

Pertama kalinya ROG Zephyrus G14 diperkenalkan di tahun 2020, pada waktu itu laptop ini langsung dinobatkan sebagai salah satu laptop gaming yang paling diminati oleh para gamer. Laptop ini mengusung bodi yang ringkas dengan layar yang berukuran 14-inci, dilengkapi dengan spesifikasi yang powerful, dan mempunyai desain yang unik dengan fitur menarik AniMe Matrix Display yang bisa dilakukan kustomasi.

ROG Zephyrus G14 (2022) Laptop Gaming 14-inci Paling Powerful

Walaupun begitu, beberapa hal tersebut bukanlah menjadi alasan utama kenapa orang banyak yang suka dengan ROG Zephyrus G14. Selain disukai oleh para gamer, laptop ini juga sangat digemari oleh para pengguna non gamer. Hal itu karena profil desain pada laptop ini yang minimalis bahkan hampir tidak tampak seperti laptop gaming. Padahal komponen-komponen yang diusung laptop ROG Zephyrus G14 GA402 semuanya adalah hardware kelas gaming yang memang sangat powerful.

Sekarang ini di tahun 2022, ROG Zephyrus G14 hadir kembali dengan beragam peningkatan yang tidak hanya dari segi spesifikasi hardware saja namun juga dari segi fitur yang diusungnya. Lain halnya dengan pendahulunya, ROG Zephyrus G14 (2022) untuk kali ini dibekali dengan kombinasi antara CPU dan GPU dari AMD, yaitu AMD Radeon RX 5000 Series dan AMD Ryzen 6000 Mobile Series. Kombinasi dari keduanya mampu menghadirkan keunggulan tersendiri yaitu dalam hal optimalisasi karena keduanya dapat bekerja sangat baik pada sistem operasi Windows 11.

Tidak hanya itu saja, di ROG Zephyrus G14 (2022) ini terdapat berbagai fitur yang ditingkatkan dibandingkan dengan yang pendahulunya, mulai dari trackpad, hadirnya sistem pendingin, hingga webcam. Nah, apa sajakah peningkatan pada ASUS ROG yang dihadirkan kali ini? Simak penjelasannya di sini.

Tetap Ringkas dan Lebih Nyaman Digunakan

Salah satu yang menjadikan laptop seri ROG Zephyrus G14 ini sangat popular yaitu bentuknya yang ringkas dan sangat nyaman saat digunakan. Ukuran layarnya yang 14-inci membuat laptop gaming ini terasa lebih ringkas dibandingkan dengan laptop gaming pada umumnya yang ukuran layarnya rata-rata adalah 15-inci. Selain itu ukuran layar 14-inci juga lebih diminati oleh para pengguna yang memiliki mobilitas yang tinggi. Itulah kenapa banyak pengguna non-gamer yang juga sangat suka dengan laptop ROG Zephyrus G14, karena laptop seri ini menjadi salah satu laptop 14-inci yang sangat powerful sampai sekarang ini.

ROG Zephyrus G14 (2022) Laptop Gaming 14-inci Paling Powerful

Untuk bodi ROG Zephyrus G14 (2022) sendiri ketebalannya tidak lebih dari 2 cm dengan bobot yang ringan yaitu 1,72 Kg. Karena ketebalan yang ramping dan bobot yang ringan tersebut, ROG Zephyrus G14 (2022) termasuk dalam laptop yang sangat portable dan mudah untuk dibawa kemana-mana. Bahkan, anda tidak perlu membawa tas khusus yang ukurannya besar untuk membawa laptop gaming ini. Jadi ROG Zephyrus G14 (2022) ini menunjukkan bahwa ketebalan dan bobotnya tidak jauh berbeda dengan laptop 14-inci pada umumnya.

Beberapa aspek desain laptop ROG Zephyrus G14 (2022) ini juga terdapat peningkatan, salah satunya yaitu pada keyboardnya yang telah menggunakan keyboard traveling distance 1,4mm. Keyboard ini didesain secara khusus supaya penggunanya nyaman dalam melakukan berbagai aktivitas (tidak hanya untuk gaming). Menariknya keyboardnya dilengkapi dengan 4 tombol programmable macro yang bisa digunakan untuk meningkatkan produktiitas atau menjadi tombol pintas tambahan ketika sedang bermain game.

Membahas tentang keyboard, ROG Zephyrus G14 (2022) ini juga masih mengusung fitur ErgoLift dengan engsel yang bisa dibuka sampai 180 derajat yang dapat memudahkan Anda untuk berkolaborasi. Selain itu ErgoLift juga bisa membantu posisi mengetik menjadi terasa lebih nyaman dan bisa membantu sistem pendingin bekerja secara optimal karena rongga udara tambahan yang dihadirkan ketika laptop ini digunakan.

Jika dibanding pendahulunya, ASUS memang mendesain ROG Zephyrus G14 (2022) supaya terasa lebih nyaman saat digunakan. Hal itu terlihat langsung pada touchpad yang ukurannya lebih besar. Bahkan, 50% lebih besar dibandingkan dengan ROG Zephyrus G14 pada generasi yang sebelumnya. Touchpad tersebut juga didesain agar saat menggunakannya bisa sangat akurat, sehingga pengguna ROG Zephyrus G14 (2022) tidak perlu memakai sebuah mouse kecuali pada saat bermain game.

Laptop Gaming Paling Stylish

Salah satu hal yang membedakan ROG Zephyrus G14 (2022) dengan laptop gaming lain yaitu desainnya yang sangat stylish. Jadi laptop ini tidak hanya ringkas saja, tetapi ROG Zephyrus G14 (2022) mempunyai bodi yang didesaian low-profile untuk sebuah laptop gaming sehingga memungkinkan sekali jika ingin membawanya ke kantor atau ke dalam pertemuan resmi.

Tetapi ketika menyalakan fitur AniMe Matrix Display, seketika ROG Zephyrus G14 (2022) berubah total menjadi laptop gaming. AniMe Matrix Display adalah sebuah fitur yang berupa sederet lapmpu LED yang terletak pada bagian belakang layar ROG Zephyrus G14 (2022) yang bisa dikustomasi. AniMe Matrix Display bisa digunakan untuk menampilkan teks bahkan animasi. Selain itu gamer juga bisa memilih animasi yang akan ditampilkan bahkan juga bisa memasang animasi yang dibuatnya sendiri. Jadi pada laptop gaming ini, fitur AniMe Matrix Display bisa kustomasi tanpa batas.

ROG Zephyrus G14 (2022) Laptop Gaming 14-inci Paling Powerful

AniMe Matrix Display juga bisa menampilkan sesosok Omni, yakni mascot resmi dari ROG. Selain itu, gamer juga bisa bermain dengan Omni di berbagai mini game yang sudah tersedia. Tentunya tampilan AniMe Matrix Display dapat menyesuaikan dengan mini game yang dimainkan.

Selain AniMe Matrix Display, di ROG Zephyrus G14 (2022) juga terdapat keyboard yang mendukung fitur ROG Aura RGB. Jadi selain dapat melakukan kustomisasi pada AniMe Matrix Display, seorang gamer juga bisa membuat laptopnya tampil beda dengan RGB LED keyboard yang bisa dipersonalisasikan. Untuk tambahan, ROG Zephyrus G14 (2022) juga telah mendukung penggunaan ROG Aura Wallpaper yang bisa disinkronisasikan dengan ROG Aura RGB.

Layar Lebih Luas dan Dibekali Webcam

Apabila diperhatikan secara teliti, ROG Zephyrus G14 (2022) mempunyai dimensi bodi yang agak berbeda dengan yang pendahulunya. Hal itu karena ROG Zephyrus G14 (2022) memiliki rasio layar 16:10, berbeda dengan generasi sebelumnya yang rasio layarnya 16:9.

Rasio layar 16:10 ini dapat membuat pengguna ROG Zephyrus G14 (2022) merasa lebih nyaman ketika menggunakan laptop gaming untuk menjalankan berbagai aktivitas. Hal itu karena rasio tersebut bisa menghadirkan working space yang lebih luas. Sebagai tambahan, ukuran bezel pada laptop gaming tergolong sangat tipis sehingga bisa terlihat sebagai laptop yang modern stylish dan minimalis.

ROG Zephyrus G14 (2022) kini juga dilengkapi dengan hadirnya webcam yang terintegrasi. Jadi, bukan webcam biasa, melainkan webcam yang dilengkapi degnan sensor infrared yang telah mendukung fitur facial recognition. Di ROG Zephyrus G14 (2022) memang telah mendukung fitur facial recognition login melalui Windows Hello. Itu artinya untuk login anda tidak perlu mengetikkan password atau menggunakan sidik jari, jadi cukup mengarahkan wajah ke kamera maka secara otomatis system akan mengizinkan anda untuk login.

ROG Zephyrus G14 (2022) Laptop Gaming 14-inci Paling Powerful

Konektivitas Lengkap

Lain halnya dengan pengguna yang mainstreamyang masih tetap nyaman ketika menggunakan laptop dengan dongle, gamer tidak bisa mentoleransikan hal tersebut. Selain karena repot, dongle juga bisa berpotensi menjadi pengganggu ketika bermain game. Karena itulah laptop gaming wajib memiliki konektivitas yang mumpuni supaya berbagai aksesoris gaming bisa terhubung dengan mudah.

Tidak terkecuali dengan ROG Zephyrus G14 (2022). Pada laptop gaming ini telah dilengkapi dengan port yang sangat lengkap mulai dari USB 3.2 Gen2 Type-A yang dapat menghubungkan mouse dan keyboard gaming, 3.5mm combo audio jack untuk menghubungkan headset gaming, HDMI 2.0b untuk menghubungkan laptop gaming dengan monitor tambahan, hingga USB 3.2 Type-C untuk menghubungkan berbagai perangkat maupun aksesori modern.

Bagusnya, ROG Zephyrus G14 (2022) telah dilengkapi dengan port generasi yang terbaru yaitu USB 4.0 Type-C. Meskipun secara fisik tampak seperti port USB Type-C pada umumnya,namun port tersebut bisa memberikan kecepatan transfer data yang jauh lebih cepat daripada USB lain yang terdapat pada ROG Zephyrus G14 (2022) yaitu mencapai 40Gbps. Port ini juga sudah mendukung fitur USB Power Delivery hingga 100W, dan DisplayPort sehingga gamer dapat menghubungkan ROG Zephyrus G14 (2022) ke monitor modern lewat USB Type-C.

Selain itu ROG Zephyrus G14 (2022) juga dilengkapi konektivitas nirkabel dengan berteknologi terkini yaitu WiFi 6E. WiFi 6E ini berbeda dengan teknologi WiFi lainnya karena memiliki frekuensi ekstra yang dapat digunakan selain 2,4GHz dan 5GHz yaitu 6GHz. Frekuensi 6GHz memiliki kecepatan transfer data serta latency yang lebih rendah, sehingga cocok bagi seorang gamer. Pada WiFi 6E ini Frekuensi 6GHz dapat memungkinkan pengalaman online gaming yang lebih baik dan minim terjadi lag karena latency yang sangat rendah.

ROG Zephyrus G14 (2022) Laptop Gaming 14-inci Paling Powerful

Bagi seorang gamer yang suka menggunakan controller, mouse, maupun menggunakan headset Bluetooth, ROG Zephyrus G14 (2022) sudah dilengkapi dengan Bluetooth 5.2. Sebagai tambahannya, ROG Zephyrus G14 (2022) dilengkapi dengan pembaca kartu MicroSD.

Performa Lebih Kencang

ROG Zephyrus G14 (2022) adalah salah satu laptop yang tergabung pada program AMD Advantage yang mengkombinasikan peran antara CPU AMD Ryzen 6000 Mobile Series dengan GPU AMD Radeon RX 6000S Series. Dari kombinasi antara CPU dan GPU dari AMD ini dapat memungkinkan optimalisasi yang berfokus pada 3 hal, yakni performa gaming terbaik, kualitas layar terbaik, dan mobilitas tinggi. Selain itu, laptop gaming dengan AMD Advantage juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang eksklusif.

Fitur yang pertama yaitu SmartAccess Memory yang dapat memungkinkan CPU AMD Ryzen 6000 Mobile Series untuk bisa mengakses semua memori pada GPU AMD Radeon RX 6000S Series. CPU sebelumnya hanya bisa mengakses sebagian kecil memori milik GPU. SmartAccess Memory bisa mengeliminasi bottleneck sehingga GPU dan CPU bisa memanfaatkan jalur data PCI Express dengan optimal. Smart Access Memory bisa meningkatkan performa gaming sampai 15%.

ROG Zephyrus G14 (2022) juga terdapat fitur SmartShift sebagai pelengkap yaitu fitur yang dapat memungkinkan pembagian daya antara GPU dan CPU yang lebih optimal. SmartShift dapat membuat ROG Zephyrus G14 (2022) mampu bekerja secara optimal sesuai kebutuhan. Misalnya ketika bermian game yang memerlukan performa GPU, SmartShift bisa mengalokasikan kelebihan daya yang terdapat pada CPU ke GPU sehingga performa gaming akan tampil secara baik. Begitu pula sebaliknya ketika laptop sedang memerlukan performa ekstra untuk CPU, maka system dapat mengalokasikan daya yang berlebih dari GPU ke CPU.

Seain fitur AMD, ROG Zephyrus G14 (2022) juga terdapat MUX Switch sebagai pelengkap seperti halnya semua jaringan laptop gaming ASUS yang hadir pada tahun 2022 ini. MUX Switch adalah chip khusus yang bisa melakukan bypass jalur visual dari discrete GPU secara langsung ke layar. Jalur visual dari discrete GPU sebelumnya harus melalui integrated GPU terlebih dahulu sehingga dapat memperpanjang alur yang mengakibatkan terjadinya penurunan framerate ketika bermain sebuah game.

ROG Zephyrus G14 (2022) Laptop Gaming 14-inci Paling Powerful

Karena adanya MUX Switch, jalur visual dapat dialihkan secara langsung dari discrete GPU ke layar atau dialihkan ke integrated GPU. MUX Switch dapat memberikan peningkatan framerate sampai 30% di game Rainbow Six Siege dan sebesar 9% di beberapa game ternama yang lain. Selain itu, MUX Switch juga dapat memberikan pilihan kepada gamer untuk memilih maupun untuk mengaktifkan integrated GPU dan menghemat daya, atau memaksimalkan performa dengan bergantung pada discrete GPU secara penuh.

Jika dibandingkan dengan seri yang terdahulu, terdapat beberapa aspek di ROG Zephyrus G14 (2022) yang sudah diupgrade dari sisi spesifikasinya. Yang pertama, slot penyimpanan ROG Zephyrus G14 (2022) telah mendukung PCIe 4.0 SSD. Sistem penyimpanan data terbaru ini memiliki kecepatan baca maupun tulis yang sangat cepat dan dapat berpengaruh secara langsung ketika menjalankan berbagai aplikasi maupun ketika loading di dalam game.

Di bawah ini adalah hasil dari benchmark ROG Zephyrus G14 (2022) yang memakai GPU AMD Radeon RX 6800S dan CPU AMD Ryzen 9 6900HS:

ROG Zephyrus G14 (2022) Laptop Gaming 14-inci Paling Powerful
ROG Zephyrus G14 (2022) Laptop Gaming 14-inci Paling Powerful
ROG Zephyrus G14 (2022) Laptop Gaming 14-inci Paling Powerful

Sistem Pendingin Baru

ROG Zephyrus G14 (2022), menggunakan hardware yang lebih powerful sehingga harus dilengkapi dengan sistem pendinginan yang lebih canggih. Oleh karena itu ASUS melengkapi laptop gaming ini dengan sistem pendinginan terbaru yang menggunakan vapor chamber. Vapor chamber ini tidak sama dengan heatpipe karena memiliki kemampuan untuk melepaskan panas secara langsung sehingga cocok sekali untuk laptop yang memiliki bodi ringkas seperti ROG Zephyrus G14 (2022).

Supaya transfer panas antara komponen dengan vapor chamber dapat berjalan optimal, maka Zephyrus G14 (2022) memakai liquid metal untuk thermal compound di GPU dan CPU yang merupakan 2 komponen yang menghasilkan panas tinggi. Pemakaian liquid metal dapat membuat suhu GPU dan CPU bisa diturunkan sampai 15°C dan dapat membuat kedua komponen utama tersebut selalu bekerja dengan optimal.

Tidak hanya sampai di sini, ROG Zephyrus G14 (2022) bahkan dilengkapi dengan kipas khusus yang disebut Arc Flow Fan. Kipas ini didesain sedemikian rupa sehingga bisa mengalirkan udara yang optimal juga minim turbulensi sehingga mempunyai tingkat kebisingan yang lebih rendah dibandingkan dengan kipsa yang digunakan pada ROG Zephyrus G14 generasi yang sebelumnya.

Terlebih ASUS telah menyediakan 4 mode penggunaan di ROG Zephyrus G14 (2022). Dengan aplikasi Armoury Crate, ROG Zephyrus G14 (2022)bisa di atur untuk berjalan pada mode Silent yang super senyap dan lebih hemat daya, mode Turbo untuk mengatasi pekerjaan yang berat, serta mode Performance untuk performa ekstra, dan mode manual untuk menghadirkan potensi performa 100% yang dimiliki ROG Zephyrus G14 (2022).

Spesifikasi
Main Spec. ROG Zephyrus G14 (GA402)
Operating System Windows 11 Home
CPU AMD Ryzen™ 9 6900HS Mobile Processor (8-core/16-thread, 16MB cache, up to 4.9 GHz max boost)
AMD Ryzen™ 7 6800HS Mobile Processor (8-core/16-thread, 20MB cache, up to 4.7 GHz max boost)
Graphics AMD Radeon™ RX 6800S
AMD Radeon™ RX 6700S
Display 14”, FHD (1920 x 1200) 16:10, IPS, 144Hz, 3ms, Adaptive Sync, Mux Switch, PANTONE Validated, 100% sRGB, 400 nits
Storage 1TB M.2 NVMe™ PCIe®4.0 SSD
512GB M.2 NVMe™ PCIe®4.0 SSD
Memory 1x16GB DDR5 4800MHz
2x8GB DDR5 4800MHz
Input/Output 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ + power delivery, 2x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x card reader (microSD) (UHS-II), 1x 3.5mm Combo Audio Jack
Audio 4-speaker system with Smart Amplifier Technology, AI noise-canceling technology, Dolby Atmos, Hi-Res certification
Camera 720P HD IR camera with Windows Hello facial recognition
Battery 76WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Connectivity Wi-Fi 6E(802.11ax)+Bluetooth 5.2 (Dual band) 2*2
Weight 1.72 Kg
Dimension 31.2 x 22.7 x 1.95 ~ 1.95 cm
Colors Eclipse Gray, Moonlight White
Warranty 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty
Price Rp28.999.000 (Ryzen™ 7/RX 6700S/144Hz/2x8GB RAM/512GB SSD)
Rp30.999.000 (Ryzen™ 9/RX 6700S/144Hz/2x8GB RAM/512GB SSD)
Rp32.499.000 (Ryzen™ 9/RX 6800S/144Hz/1x16GB RAM/1TB SSD)

Foto ROG Zephyrus G14 beresolusi tinggi dan bisa didownload lewat URL dibawah ini:

http://channel.asus.com/ExternalFile.aspx?path=56f979b5a9a6466595159020a483c0ed

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar