--> Skip to main content

Trik untuk Mengoptimalkan Kinerja Website Jadi Lebih Baik

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - May 30, 2022

Di era yang serba digital seperti sekarang ini memiliki website merupakan hal yang sangat penting bagi para pelaku bisnis. Ada banyak manfaat website bagi para pelaku bisnis diantaranya yaitu agar bisnis yang dikelola bisa terus berkembang, untuk branding, bisa dikenal banyak orang, dan membantu mempermudah dalam proses transaksi pembelian. Lalu, apa itu website? Bagaimana cara mengoptimalkan website agar bisa lebih baik? Simak pembahasannya di sini.

Trik untuk Mengoptimalkan Kinerja Website Jadi Lebih Baik

Apa itu Website

Website adalah kumpulan dari halaman-halaman yang berisi informasi tertentu yang dapat diakses dengan mudah oleh siapa saja, kapan saja,dan di mana saja melalui jaringan internet. Alasan seseorang mengakses website adalah karena content yang tersedia pada website tersebut.

Untuk dapat mengakses sebuah website bisa dilakukan dengan mengetikkan URL atau alamat website pada browser. Sebagai contoh, jika anda mengetikkan URL https://www.johancendono.com/, pada browser maka Anda akan masuk ke website Johan Cendono.

Seperti yang terlihat, bahwa di website yang saya contohkan tersebut terdapat kumpulan halaman yang berisi berbagai informasi tertentu. Nah, supaya pengunjung bisa lebih mudah dalam mengakses informasi yang mereka butuhkan di website, maka halaman-halaman tersebut dikelompokkan ke dalam menu yang dapat diakses melalui halaman utama. Selain itu untuk lebih meningkatkan pengalaman pengunjung saat mengaksesnya maka anda perlu mengoptimalkan kinerja website.

Cara Mengopitmalkan Kinerja Website

Untuk mengoptimalkan kinerja website ada beberapa hal yang perlu anda lakukan diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Melakukan update secara berkala

Memiliki website yang bagus memanglah penting. Akan tetapi, bagus saja itu tidak cukup, karena anda juga harus melakukan update secara berkala supaya dapat memberikan kenyamanan bagi para visitor. Untuk melakukan update terdapat beberapa hal yang bisa anda lakukan, diantaranya yaitu memposting artikel baru yang bisa menarik para pengunjung untuk meninggalkan komentar di website anda. Selain itu, anda juga bisa memperbarui halaman About Us jika ada perubahan yang harus dilakukan, dan memeriksa halaman TOS (Term of Service) supaya bisa sesuai dengan hukum yang berlaku.

2. Melakukan Backups

Sewaktu-waktu website bisa saja terjadi error atau website tidak dapat diakses. Penyebabnya ada bermacam-macam diantaranya yaitu DNS bermasalah, IP akses terblokir, kendala pada keamanan perangkat, kebanjiran trafik yang sangat banyak sehingga dapat mempengaruhi kinerja hosting. Oleh karena itu, anda sebaiknya rutin melakukan backup. Sehingga, ketika terjadi kerusakan pada website anda, maka anda bisa mengembalikannya seperti sediakala. Untuk melakukan backup anda bisa memanfaatkan layanan backup yang biasanya diberikan oleh penyedia hosting.

3. Meningkatkan kecepatan Website

Kecepatan loading website merupakan hal yang penting, untuk itu anda perlu melakukan pengecekan kecepatan website dan meningkatkan kecepatan website anda. Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan loading pada website adalah meminimalkan grafis pada setiap halaman dan memperkecil ukuran file yang ditampilkan pada website. Selain itu, saat website anda memiliki jumlah pengunjung yang melebihi kapasitas anda juga perlu mengupgrade layanan hosting agar kinerja hosting bisa baik sehingga loading tetap cepat.

4. Search Engine Friendly

Kebanyakan pengunjung dapat menemukan website anda melalui mesin pencari atau search engine seperti Google, Yahoo, dan Bing. Oleh karena itu jadikanlah website anda lebih friendly terhadap mesin pencari agar bisa lebih banyak mendatangkan trafik. Untuk mengawalinya, anda bisa menambahkan meta deskripsi dan menyisipkan kata kunci tertentu pada artikel yang diposting di website anda.

5. Gunakanlah Statistik

Pantaulah website anda secara rutin menggunakan statistik. Anda bisa menggunakan tools yang terdapat pada cPanel untuk mendapatkan sejumlah data seperti data jumlah visitor, data keyword yang banyak dicari oleh orang dan lain-lain. Dengan cara memantau statistiik, maka anda bisa menyusun strategi marketing bisnis anda selanjutnya.

6. Browser Friendly

Pastikan website anda dapat diakses di berbagai browser dengan lancar. Untuk mengeceknya anda bisa membuka website anda dengan berbagai browser seperti Google Chrome, Firefox, Opera, dan Internet Explorer. Apabila ada kejanggalan, maka elemen tertentu harus di atur supaya website bisa bekerja dengan maksimal di berbagai browser.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa website itu sangat penting untuk dimiliki oleh para pelaku bisnis. Namun, memiliki website saja tidak cukup, karena website juga harus dioptimalkan kinerjanya agar bisnis yang di jalani bisa semakin berkembang.

Nah, bagi anda para pelaku bisnis yang saat ini belum memiliki website anda tidak perlu pusing-pusing gimana cara membuat website dan anda tidak perlu waktu lama untuk membangun website sendiri. Karena, untuk membangun website bisa lebih cepat dengan menggunakan jasa bikin website dari Niagaweb. Niagaweb merupakan jasa pembuatan website terpercaya di Indonesia yang juga merupakan partner untuk memaksimalkan potensi online yang ada dalam bisnis Anda.

Adapun beberapa hal yang ditawarkan dari jasa pembuatan website Niagaweb diantaranya adalah:

  • Harga Website terjangkau mulai dari sejutaan.
  • Desain Website Profesional dengan informasi dan tata letak yang dipotimalkan, sehingga dapat mencerminkan Bisnis yang anda jalani.
  • Fasilitas Editor yang Mudah Digunakan tanpa harus memahami coding ataupun sistem di dalam websitenya.
  • Layanan konsultasi dan bantuan jarak jauh yang mudah dilakukan.
  • Niagaweb memberikan solusi dengan memanfaatkan website untuk membuat perencanaan pemasaran dan mengajarkan kepada Anda cara mendapatkan calon pelanggan potensial.

Demikianlah penjelasan yang dapat saya tuliskan tentang trik untuk mengoptimalkan kinerja website jadi lebih baik. Semoga penjelasan yang di atas dapat bermanfaat bagi anda.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar