--> Skip to main content

Daftar Universitas Terbaik untuk Kuliah di Jerman

Banyak orang ingin kuliah di Jerman karena biayanya murah, apalagi dengan adanya pilihan Kuliah tanpa agen hanya di Eduversity.co.id.

Selain harganya yang terjangkau untuk ukuran sekolah di Eropa, Jerman juga merupakan tempat berdirinya universitas-universitas kelas dunia yang memiliki kualitas pendidikan dan fasilitas penunjang terbaik.

Berikut ini 6 universitas top yang ada di Jerman yang bisa menjadi pilihanmu saat kuliah di sana.

1. Technical University of Munich (TUM)

Technical University of Munich atau dikenal juga dengan nama TUM adalah universitas Jerman yang konsisten masuk ke dalam top 100 QS World University Ranking selama bertahun-tahun.

Daftar Universitas Terbaik untuk Kuliah di Jerman

Universitas ini juga merupakan bagian dari TU9, asosiasi universitas teknik paling bergengsi di Jerman.

Dengan 200 program gelar yang tersebar ke 15 departemen/fakultas besar, TUM memiliki 40.000 mahasiswa yang sedang menjalankan studinya di mana 30% dari keseluruhan adalah mahasiswa internasional.

TUM menyebut dirinya sebagai sekolah untuk entrepreneur muda karena memiliki lingkungan yang mendukung terciptanya ide dan inovasi baru dan berguna bagi kemajuan manusia.

2. Ludwig-Maximilians-Universität München (LMU)

Berdiri sejak tahun 1472, LMU merupakan tempat berkumpul para tokoh-tokoh terpelajar dan menjadi pusat ide yang berpotensi mengubah dunia menjadi lebih kompleks.

Daftar Universitas Terbaik untuk Kuliah di Jerman

Berpegang pada tradisi menjadikan LMU sebagai salah satu universitas riset terkemuka di Eropa yang mencakup banyak bidang keragaman humaniora dan budaya, mulai dari bidang hukum, ekonomi, ilmu sosial hingga ilmu alam dan kedokteran.

LMU adalah tempat bagi mereka yang punya kemampuan berpikir kreatif dan memecahkan masalah dalam lingkup global melalui penelitian dan tindakan yang nyata.

3. Heidelberg University

Heidelberg University adalah universitas riset komprehensif dengan spektrum subjek yang luas meliputi humaniora, hukum, ilmu sosial, saintek dan kedokteran yang dikelompokkan menjadi 12 fakultas.

Daftar Universitas Terbaik untuk Kuliah di Jerman

Dikenal juga dengan nama Ruperto Carola, universitas ini aktif berpartisipasi dalam jaringan kolaborasi pendidikan dan penelitian bersama dengan 27 mitra institusi lainnya.

Pertukaran pelajar dari berbagai belahan dunia juga sangat didukung di mana lebih dari 450 universitas di dunia bekerja sama dengan Heidelberg University untuk memberikan pelajar-pelajar terbaik kesempatan menempuh pendidikan di Jerman.

4. Humboldt University

Universitas Humboldt didirikan pada tahun 1810 dan menjadi universitas bergengsi di Eropa semenjak pertama kalinya dibuka.

Daftar Universitas Terbaik untuk Kuliah di Jerman

Dikenal juga dengan nama HU Berlin, Universitas ini terkenal dengan fakultas seni dan humanioranya yang memiliki reputasi kelas dunia.

universitas ini memiliki sembilan fakultas yaitu hukum, matematika, ilmu alam, humaniora, ilmu sosial, ekonomi, kedokteran, filsafat dan teologi dengan total 190 program studi mulai dari tingkat Bachelor's hingga Doctoral.

Humboldt University adalah salah satu institusi yang pelajar internasional di mana terdapat 17% mahasiswa asing dari 30.000 mahasiswa keseluruhan yang sedang menjalankan kuliah di sana.

Beberapa program studi juga diajarkan dengan bahasa pengantar Bahasa Inggris untuk memudahkan pelajar non Jerman mengikuti kegiatan kelas.

HU Berlin adalah kiblat dari universitas modern dimana banyak model universitas global yang dipengaruhi oleh model orisinal milik Humboldt University.

5. Freie Universität Berlin

Freie Universität Berlin adalah institusi yang berulang kali dipilih menjadi salah satu universitas yang unggul di Jerman.

Daftar Universitas Terbaik untuk Kuliah di Jerman

Universitas ini menawarkan rangkaian studi yang komprehensif dan program yang dengan peluang karir kompetitif di semua tingkat gelar.

Meskipun unggul dalam ilmu sosial dan ilmu humaniora, Universitas ini juga tempat berlangsungnya berbagai penelitian yang menjadi terobosan dunia ilmu di bidang STEM (Science, Technology Engineering and Mathematics).

Sesuai namanya, Freie Universität Berlin memegang kebebasan akademik sebagai prinsip utama mereka di mana setiap orang berhak mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya.

Ditambah dengan keunggulan akademik dan penelitian yang diakui secara internasional, banyak pelajar internasional yang berminat untuk menempuh pendidikan disini.

6. Karlsruhe Institute of Technology (KIT)

Institut Teknologi Karlsruhe (KIT) terletak di negara bagian Baden-Württemberg dan menjadi salah satu lembaga penelitian, perguruan tinggi, dan inovasi terbesar di bidang ilmu alam dan teknik di Eropa.

Daftar Universitas Terbaik untuk Kuliah di Jerman

Area penelitian utamanya didasarkan pada tantangan sosial jangka panjang dan berusaha mengembangkan solusinya seperti mencari sumber daya energi alternatif yang bisa di daur ulang, cara memberdayakan alam tanpa merusak ekosistemnya, dan masih banyak lagi.

Jika kamu punya passion di bidang saintek ataupun ilmu alam, maka KIT adalah pilihan universitas yang cocok untuk mengembangkan ketertarikan terhadap subjek-subjek tersebut.

Terbaru
Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar