--> Skip to main content

Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Diri Sendiri

Hampir setiap orang tentunya pernah merasakan yang namanya rasa kurang percaya diri saat berada pada momen-momen tertentu. Hal ini merupakan hal yang wajar, namun jika terus-terusan terbawa arus perasaan seperti ini maka bisa jadi akan kehilangan kesempatan untuk menyalurkan berbagai potensi yang ada pada diri anda. Jika dibiarkan terus-menerus, hal ini bisa membuat anda merasa kecewa pada diri anda sendiri. Tentunya ini bukanlah hal yang baik untuk kesehatan mental anda.

Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Diri Sendiri

Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Terdapat banyak cara yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri pada diri sendiri. Cara-cara ini dapat anda terapkan dalam kehidupan anda sehari-hari untuk menghilangkan rasa takut, rasa ragu, dan rasa tidak mampu yang mungkin pernah menghalang-halangi anda dari suatu tujuan.

1. Membangun pola pikir positif

Jika sebelumnya anda sering merasa tidak bisa menjalani sesuatu, maka mulai sekarang cobalah untuk membangun pola piker positif dalam diri anda. Jadi, setiap kali anda merasa ragu melakukan sesuatu, maka katakanlah “Saya bisa belajar dan melakukan semua ini”.

2. Kenali kelebihan dan kekurangan dalam diri anda

Mulai saat ini tanamkanlah pada diri anda, bahwa setiap orang itu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apabila anda telah melakukan suatu kesalahan atau mempunyai kekurangan, jangan anggap itu adalah suatu kebodohan. Ingatlah bahwa setiap orang itu pernah melakukan suatu kesalahan dan tidak ada orang yang sepenuhnya sempurna. Oleh karena itu jika anda melakukan suatu kesalahan anda hanya perlu berusaha memperbaikinya dan belajar untuk tidak mengulanginya lagi.

Sementara itu berusahalah untuk fokus dengan kelebihan yang anda miliki dan kembangkanlah kemampuan tersebut agar anda merasa mempunyai ruang untuk berkembang. Setelah anda berhasil mendapatkan sesuatu, hargailah dan pujilah diri anda sendiri atas usaha dan keberhasilan yang telah anda capai. Selain itu bersyukurlah, karena dengan bersyukur dapat meningkatkan kepercayaan diri.

3. Lakukanlah hal-hal yang anda disukai

Jika ada waktu luang, lakukanlah kegiatan-kegiatan yang anda sukai. Selain itu, jika memungkinkan cobalah untuk belajar keterampilan baru atau mencoba hobi baru yang ingin anda coba sebelumnya. Dengan melakukan kegiatan baru, selain menimbulakan rasa bahagia juga membuat anda menguasai keterampilan baru. Ketika orang lain melihat betapa anda menikmati hal yang anda lakukan, maka secara otomatis anda akan merasa lebih percaya diri.

4. Hargailah setiap proses atau perubahan kecil

Hargailah setiap proses atau perubahan kecil yang berhasil anda raih dan jangan berkecil hati jika keadaan tidak membaik secepat yang anda bayangkan. Saat ini mungkin anda masih merasa kurang percaya diri, akan tetapi perubahan kecil yang anda lakukan saat ini pada akhirnya akan membuat anda terus maju dan berkembang menjadi perubahan besar dalam diri anda.

5. Jangan sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Jangan terlalu sering membandingkan diri anda dengan orang lain baik itu dari segi penampilan, prestasi maupun pencapaian yang berhasil diraih. Karena, jika anda sering membandikan diri anda dengan orang lain yang memiliki kemampuan lebih maka hal itu tidak baik untuk kepercayaan diri anda. Ingatlah bahwa setiap orang mempunyai jalan yang berbeda-beda.

6. Bergaul dengan orang-orang yang bisa menghargai anda

Apabila anda mempunyai teman yang suka menjatuhkan anda, tidak menghargai anda, berbicara hal-hal yang negatif tentang anda, atau hanya sekedar pamer yang membuat anda menjadi merasa kecil, maka mulai saat ini batasilah pergaulan anda dengan teman anda tersebut.

Sebaiknya jalinlah hubungan dengan orang-orang yang bisa menghargai anda, yang bisa membuat anda termotivasi menjadi orang yang lebih baik. Dengan begitu anda akan berkembang menjadi pribadi yang lebih percaya diri.

7. Terapkanlah pola hidup sehat

Dengan menerapkan pola hidup sehat maka secara tidak langsung akan membentuk pola pikir yang sehat. Dengan pola pikir yang sehat maka akan menumbuhkan rasa percaya diri. Untuk itu, jagalah kesehatan tubuh anda dengan cara menerapkan pola hidup sehat seperti mengatur pola makan sehat dan rutin berolahraga.

8. Konsultasikan Kepada Psikolog

Jika anda masih merasa sering jadi pemalu, selalu panik jika diberikan sebuah kepercayaan, bahkan merasa minder jika ketemu orang lain. Itu artinya anda belum dapat menumbuhkan rasa percaya diri. Apabila hal itu terasa berat bagi anda, maka sebaiknya anda berkonsultasi kepada Psikolog terpercaya. Jika anda sulit mengatur jadwalnya, maka jangan khawatir karena saat kini anda bisa berkonsultasi secara online dengan Riliv. Konsultasi ini bertujuan agar mendapatkan solusi terbaik untuk meningkatkan rasa percaya diri anda. Oke, Langsung saja silahkan download Aplikasi Riliv.

Demikianlah penjelasan yang dapat saya tulis tentang cara menumbuhkan rasa percaya diri pada diri sendiri, semoga bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar