Skip to main content

Serunya Hidup di Era Digital

Seperti apa rasanya hidup di era digital? Hidup di era digital itu memang seru, yang tentunya semua terasa lebih mudah, cepat dan praktis. Bagi sebagian besar orang di era digital, internet menjadi sebuah kebutuhan primer. Mereka lebih banyak menghabiskan waktunya untuk menggunakan gadgetnya dibanding dengan melakukan aktivitas yang lain. Mereka bisa dengan mudah mencari informasi yang dibutuhkan tanpa perlu membaca buku. Untuk menjadi terkenal layaknya artis bisa dilakukan dengan mudah yaitu dengan menjadi seorang youtubers lalu menyebarkan videonya ke media sosial. Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan era digital? Seperti apa serunya hidup di era digital?

Serunya Hidup di Era Digital

Pengertian Era Digital

Era digital adalah masa di mana manusia telah melek teknologi dan hampir semua aktivitas kehidupan manusia di bantu dengan adanya teknologi digital. Era digital merupakan masa di mana manusia bisa mengetahui informasi tertentu dengan cepat bahkan real time. Masa di mana manusia dapat berkomunikasi meskipun jarak berjauhan namun terasa dekat. Intinya masa di mana manusia sudah banyak yang memanfaatkan teknologi digital untuk menunjang kehidupannya.

Serunya Hidup di Era Digital

Berikut ini adalah beberapa hal yang menunjukan betapa serunya hidup di era digital:

1. Mudah Mencari Informasi

Dengan bermodalkan gadget dan koneksi internet, maka kamu bisa dengan mudah menemukan informasi yang kamu cari. Misalnya mau mencari informasi, kamu bisa menggunakan search engine seperti google, yahoo, bing, dan lain-lian. Kamu tinggal mengetik kata kunci yang akan kamu cari kemudian klik cari maka apa yang kamu cari bisa kamu temukan.

Serunya Hidup di Era Digital

2. Mudahnya Berkomunikasi

Jika dulu berkomunikasi dilakukan dengan bertatap muka secara langsung dan saling kirim surat jika saling berjauhan. Maka di era digital ini untuk berkomunikasi dengan keluarga, kerabat, teman atau yang lainnya, kita bisa melakukannya dengan mudah meskipun jarak berjauhan. Untuk melakukan komunikasi kita bisa memanfaatkan beragam aplikasi, seperti Email, BBM, WhatsApp, Facebook, Instagram, Twitter dan lain-lain. Dengan adanya email kita bisa mengirim dan menerima surat secara cepat, kita bisa menyebarkan informasi kepada orang banyak melalui Twitter, Facebook, Instagram. Bisa menemukan teman lama dan saling berkomunikasi dengan Facebook. Kita juga bisa mengirimkan kabar kepada keluarga melalui video call dengan aplikasi WhatsApp, BBM, Line dan yang lainnya. Sehingga di era digital ini kita seakan-akan terhubung tanpa ada batasan waktu dan wilayah.

Serunya Hidup di Era Digital

3. Mudahnya melakukan Jual Beli

Bagi kamu yang suka berjualan, kamu tidak perlu repot-repot mengeluarkan modal yang besar untuk membangun sebuah toko. Di era digital ini kamu bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi marketplace untuk berjualan. Aplikasi-aplikasi tersebut diantaranya yaitu tokopedia, bukalapak, lazada dan masih banyak yang lainnya. Dengan aplikasi tersebut kamu seakan-akan mempunyai sebuah toko. Kamu tinggal buat akun kemudian upload foto-foto barang yang akan kamu jual, beri keterangan dan harga. Maka barang yang kamu jual akan dilihat oleh banyak orang, dan jika orang tersebut tertarik maka bisa membelinya dengan mudah. Sedangkan bagi kamu yang suka berbelanja atau membeli suatu barang, maka kamu bisa membeli barang tanpa repot-repot pergi ke toko ataupun mall. Karena hanya dengan memanfaatkan smartphone atau komputer kamu bisa memilih barang sesuai dengan kebutuhanmu. Kemudian pembayarannya juga mudah tidak harus mempunyai uang dalam bentuk cash. Cukup dengan transfer saja sesuai nominal, maka barang yang kamu beli akan di antar ke tempat kamu.

Serunya Hidup di Era Digital

4. Bepergian Tanpa Takut Tersesat

Kamu hidup di era digital, tapi masih takut tersesat? Mungkin kamu belum mengenal apa yang namanya teknologi GPS. Dengan teknologi tersebut kini kamu bisa bepergian kemanapun tanpa takut tersesat. Salah satu aplikasi GPS yang saat ini terkenal yaitu Google Maps. Jika kamu mau bepergian kamu tinggal ketik saja tempat tujuan kamu, maka akan ditunjukan rute pada aplikasi tersebut. Kamu tinggal mengikuti rute tersebut, kamu juga bisa menentukan rute terdekat, mengetahui perkiraan waktu tempuh dan memilih jalan mana yang tidak macet. Selain itu juga bisa degan mudah menemukan fasilitas-fasilitas publik terdekat seperti ATM, pom bensin, masjid, restaurant dan lain-lain.

Untuk alat transportasi, saat ini telah hadir berbagai transportasi online seperti taksi online dan ojek online. Dengan hadirnya transportasi online tersebut maka dengan berbekal smartphone bisa memanggil ojek maupun taksi. Sehingga hidup di era digital ini tidak perlu repot-repot jika mau bepergian.

Serunya Hidup di Era Digital

5. Kegiatan Belajar Mengajar Menjadi Lebih Fleksibel

Di era digital ini kamu dapat mengerjakan apapun secara online, bahkan kegiatan belajar mengajar bisa dilakukan secara online. Saat ini di beberapa universitas sudah banyak yang menyediakan fasilitas kuliah online. Jadi dengan adanya kegiatan kuliah online mahasiswa tidak perlu berkumpul dalam satu kelas untuk mendengarkan penjelasan dari dosen. Namun mereka hanya perlu mengakses internet dan sebuah sistem informasi yang disediakan kampus agar mereka bisa bercengkrama layaknya suatu kelas dalam perkuliahan. Dengan begitu kegiatan belajar mengajar bisa dilakukan dengan fleksibel.

Serunya Hidup di Era Digital

6. Bisa Jadi Terkenal Layaknya Artis

Jika dulu kalau kamu mau jadi artis harus melalui beberapa tahap untuk mendapatkan peran dalam sebuah sinetron atau film. Mulai dari mengikuti audisi, kompetisi model, menjadi model sampul, hingga casting untuk dapat mengalahkan ribuan orang. Kini di era digital, kamu bisa terkenal hanya dengan mempunyai channel Youtube dengan video kamu yang menarik.

Serunya Hidup di Era Digital

7. Mendapatkan penghasilan dari Blog, Youtube dan Google Play

Dengan Cara membuat blog, dan channel youtube, dengan konten yang berkualitas, maka kamu bisa mendaftarkannya ke dalam program Google Adsense. Di mana apabila blog atau channel youtube kamu diterima dalam program Google Adsene, maka blog atau video kamu akan bisa menayangkan iklan Google Adsense. Dari tiap penayangan iklan Google Adsense di blog atau video tersebut, kamu akan mendapatkan penghasilan. Untuk membuat blog bisa dilakukan secara gratis melalui blogger, namun jika ingin blog kamu yang semula alamatnya alamatblog.blogspot.com menjadi alamatblog.com kamu bisa membeli sebuah domain, salah satu penyedia domain yang murah dan terpercaya yaitu DomaiNesia. Sedangkan untuk membuat akun youtube itu gratis.

Serunya Hidup di Era Digital

Selanjutnya jika kamu suka membuat sebuah aplikasi atau game berbasis android kamu bisa berpartisipasi dengan program Google Admob. Kamu bisa daftar akun admob, kemudian mengupload file apk yang sudah kamu pasang kode admob ke akun Godev (Google Play Console Developer). Untuk memiliki akun Godev tidaklah gratis, namun kita harus bayar kepada pihak Google. Setelah berhasil upload file apk, dan mempubliskasikannya. Maka jika ada orang yang download aplikasi atau game yang kamu buat, kemudian menjalankannya dan ada iklan yang ditayangkan, maka kamu mendapatkan penghasilan atas penayangan iklan tersebut.

Itulah serunya hidup di era digital, mungkin sebenarnya masih banyak hal-hal seru lainnya yang belum saya tuliskan dalam blog ini. Semoga tulisan di atas bermanfaat. Tonton juga videonya berikut ini.

Bagi yang suka dengan konten video, simak videonya berikut ini:

#cara membuat blog, #cara membuat website, #domain indonesia, #domain murah, #domainesia, #hosting indonesia, #hosting murah, #lomba blog domainesia
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar